HOME » BERITA » CATATAN KESUKSESAN 4 TAHUN WULING, BERINOVASI MENJADI PEMAIN PENTING INDUSTRI OTOMOTIF INDONESIA

Catatan Kesuksesan 4 Tahun Wuling, Berinovasi Menjadi Pemain Penting Industri Otomotif Indonesia

Raksasa otomotif ini menjadi perusahaan pertama asal China yang mendirikan pabrik di Indonesia dan sukses menjadi 10 besar Tanah Air.

Minggu, 18 Juli 2021 07:15 Editor : Nurrohman Sidiq
Catatan Kesuksesan 4 Tahun Wuling, Berinovasi Menjadi Pemain Penting Industri Otomotif Indonesia
Wuling Almaz dengan WIND (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - PT SGMW Motor Indonesia (juga dikenal dengan SAIC General Motors Wuling Motor Indonesia atau Wuling Motors) merupakan sebuah perusahaan gabungan dari SAIC Motor (Shanghai Automotive Industry Corporation), General Motors dan Liuzhou Wuling Motors Co Ltd.

Raksasa otomotif ini menjadi perusahaan pertama asal China yang mendirikan pabrik di Indonesia.

Bukan main, sejak pertama Wuling meluncurkan produk, jagat otomotif dibikin geger dengan beragam fitur yang ditawarkan. Bahkan nama Wuling makin menggema setelah lahirnya Cortez dan Almaz.

Meski demikian, perjalanan Wuling di Indonesia dalam memujudkan visi mereka untuk menjadi pemain penting di sektor industri otomotif nusantara, tidaklah tercapai dalam sekejap mata.

Empat tahun perjalanan Wuling sejak produksi pertama berikut ini menjadi bukti komitmen besar mereka.

1 dari 10 Halaman

2015 - Awal Berdirinya sang Raksasa Baru di Indonesia

Seremonial peletakan batu pertama pabrik Wuling di Cikarang (Wuling)


Perjalanan panjang Wuling meniti pasar Indonesia dimulai dari peletakan batu pertama pembangunan pabrik mereka yang berlokasi di Greenland International Industrial Center, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (20/8/2015).

Lewat investasi sebesar US$ 700 juta, Wuling membangun pabrik di atas lahan seluas 600.000 meter persegi. Di sinilah pusat produksi berlangsung, dari pembuatan kendaraan hingga menjadi basis ekspor untuk wilayah Asia Tenggara.

Kapasitas produksinya mencapai 150.000 unit per tahun dan mampu menyerap sekitar 3.000 lapangan pekerjaan.

Di sini juga Wuling mengumumkan komitmen besar mereka untuk memproduksi kendaraan dengan kualitas tinggi, didukung purna jual yang dapat diandalkan dan menjadi perusahaan terkemuka di Indonesia.

Selain itu, lahirnya pabrik di Indonesia merupakan bukti bahwa Wuling tidak akan jauh dari konsumen Tanah Air untuk jangka waktu cukup panjang.

"Kami berkomitmen untuk membangun bisnis jangka panjang di Indonesia," ungkap Presiden Wuling Motors Xu Feiyun, kepada media, (28/01/2015) dalam sebuah acara yang dilaksanakan di Hotel Shangri-La, Jakarta.

2 dari 10 Halaman

2016 - Wuling Memperkenalkan Diri ke Publik

1. Mampir ke GIIAS 2016 

Wuling di GIIAS 2016 (Wuling)

Untuk pertama kalinya setelah resmi masuk Indonesia, Wuling menampakkan diri di depan publik melalui perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, Kamis (11/08/2016).

Saat itu, Wuling belum memamerkan produk satu pun. Mereka hanya ingin memperkenalkan diri sebagai pemain baru sembari menyiapkan produk terbaik dengan mengedepankan nilai-nilai Listening (mendengarkan), Understanding (memahami) and Creating (menciptakan) for Indonesia.

2. Resmi Jadi Anggota Gaikindo

Sekitar satu bulan berikutnya, Wuling menyampaikan bahwa mereka telah menjadi anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Mereka memastikan siap untuk membangun industri otomotif Indonesia dengan menyediakan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

3. Instalasi Pertama Bagian Perakitan Mobil

Bulan Oktober 2016, para teknisi (engineers) terbaik Wuling melakukan instalasi pertama untuk bagian perakitan mobil. Pihak kontraktor bekerja sama dengan tim BodyShop Wuling mengembangkan Bodyline Mainline dan Sub Assemble Line Structure di Pabrik Cikarang.

Instalasi pabrik ini merupakan tanda awal kelahiran produk pertama mereka di tahun 2017.

3 dari 10 Halaman

2017 - Kelahiran Produk Pertama Wuling Motors Indonesia

1. Awal Perkenalan Wuling Confero S

Wuling Confero S 2017 (otosia.com)

Sejak 2016 resmi melangkahkan kaki di Indonesia, Wuling akhirnya memperkenalkan produk pertama mereka kepada awak media dalam acara Media First Impression di Jetski Café, Jakarta Utara, Rabu (24/5/2017).

Mobil produksi perdana ini diberi nama Confero S, yang artinya untuk kebersamaan (to bring together).

Vice President of Vehicle, Sales, Service and Marketing (VSSM) Wuling Motors, Cindy Cai mengatakan, "Nama Confero terinspirasi oleh pemahaman kami akan nilai budaya masyarakat Indonesia yang sangat mengedepankan kekeluargaan dan kebersamaan."

Bukan hanya itu saja, huruf 'S' dalam nama tersebut rupanya punya arti tersendiri.

"Sedangkan 'S' pada nama Confero merupakan singkatan dari 'Sport'. Nama tersebut mencerminkan komitmen kami untuk menciptakan tidak hanya mobil fungsional yang nyaman untuk perjalanan keluarga, namun juga bergaya elegan dan sporty," imbuhnya.

2. Wuling Confero S Mulai Diproduksi Massal

Tanggal 11 Juli 2017, Wuling meresmikan produksi massal pertama untuk model Confero S. Dalam proses ini, mereka mencatat keterlibatan sekitar 3.000 pekerja lokal di keseluruhan rantai industri hulu dan hilir.

Saat itu, Wuling mengaku telah membawa 15 pemasok komponen internasional ternama yang akan menempati Supplier Park dan juga telah bekerja sama dengan lebih dari 20 pemasok komponen lokal. Beberapa mitra pemasok Wuling Motors antara lain Bosch, Continental, dan PT Gajah Tunggal Tbk. Para pemasok juga telah memulai kegiatan operasionalnya bersamaan dengan dimulainya proses produksi di pabrik Wuling Motors.

"Sebagai bagian dari strategi lokalisasi, 56% dari komponen MPV pertama Wuling Motors akan berasal dari supplier lokal. Kami juga berencana untuk terus meningkatkan jumlah komponen lokal produk kami di masa depan. Selain itu, kami juga akan terus meningkatkan jumlah pemasok komponen lokal untuk bergabung bersama kami di Supplier Park," tutur Xu Feiyun.

3. Peluncuran Wuling Confero dan Confero S

Peresmian pabrik dan produk pertama Wuling Confero S (Wuling)

Wuling Motors secara resmi meluncurkan dua produk MPV, Confero dan Confero S pada 2 Agustus 2017 di Mall Senayan City, Jakarta.

Keunggulan dua tipe mobil ini terletak pada kabinnya yang lega ditemani dengan fitur-fitur modern di zamannya. Sebagai mobil LMPV, kehadirannya berhadapan langsung dengan Toyota Avanza, Honda Mobilio, Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga.

Wuling menawarkan tiga tipe Confero, yakni Confero 1.5, Confero S 1.5C dan varian tertinggi Confero S 1.5L.

Confero S 1.5L memiliki pilihan pengaturan 8-bangku atau 7-bangku (Captain Seat) yang hanya dimiliki oleh Wuling di kelas LMPV.

4. Confero S Sabet Predikat Indonesian Car of The Year 2017

Sebagai pemain baru, Wuling langsung membuat gebrakan di tengah pasar MPV yang sangat padat. Tingginya kualitas produk mereka dibuktikan oleh raihan penghargaan sebagai Indonesian Car of The Year 2017 (ICOTY 2017) dalam kategori Small MPV. Awarding tersebut digelar oleh mobilmotor pada 29 November 2017 di Restoran Jimbaran, Ancol.

Confero S dinobatkan sebagai juara karena kualitas bahan, pembuatan, hingga handling yang mendapatkan nilai paling baik.

5. Tutup Tahun Pertama Wuling Sejak Kelahiran Confero

Merujuk data wholesales Gaikindo hingga November 2017, Wuling mencatatkan penjualan 3.918 unit. Kontribusi tertinggi atau 70% disumbang oleh tipe tertinggi Confero S 1.5 L yang mencapai 2.735 unit. Sedangkan untuk warna yang menjadi favorit konsumen yakni Pristine White (putih) sebanyak 28% dan diikuti Carnelian Red (merah) sebesar 25%.

 

4 dari 10 Halaman

2018 - Kelahiran MPV Kedua Wuling Cortez

1. Wuling Cortez Meluncur

Wuling Cortez 2018 (otosia.com)

Awal tahun 2018 silam, tepatnya tanggal 8 Februari bertempat di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Wuling Motors meluncurkan MPV kedua mereka bernama Wuling Cortez. Pemilihan nama Cortez sendiri sudah diumumkan sejak akhir tahun 2017 dan keran pemesanan dibuka mulai 8 Juni 2018.

Nama Cortez memiliki beberapa sinonim dalam Bahasa Inggris antara lain respectful, graceful dan courteous.

Lagi-lagi, Wuling membuat gebrakan dengan menyematkan berbagai peranti yang tidak dimiliki mobil sekelasnya.

Mobil ini mengusung dapur pacu 1.800cc dengan transmisi i-AMT atau manual 6-percepatan.

Ada dua tipe yang ditawarkan, yakni C dan L. Tipe C mengusung teknologi DRL dengan LED, lampu proyektor, tambahan roofrail dan spoiler. Bisa dibilang aksesorinya cukup komplet dalam sebuah paket pembelian.

Sedangkan tipe L bahkan dilengkapi Classy Electric Sunroof.

Soal peranti keselamatan, Cortez bisa dibilang paling premium ketimbang LMPV lain.

Wuling Cortez tipe C sudah dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Automatic Vehicle Holding (AVH), Hill Hold Control (HHC), dan Traction Control System (TCS).

Selain itu, masih ada fitur lainnya seperti Electronic Stability Control (ESC), Airbag, ISOFIX, Advanced 8 inch entertainment system, 4 speaker, tombol pengendali fungsi audio dan panggilan telepon via Bluetooth di kemudi, sensor parkir, kamera belakang, remote open window and trunk serta USB charging port di setiap baris bangku.

Sedangkan Wuling Cortez tipe L telah dilengkapi seluruh fitur tipe C namun dibubuhkan Luxury meter cluster  dengan layar MID 7", exquisite atmosphere lamp, navigation system, Auto AC, dan Convenient Electric Front Seat Adjuster.

Tambahan fitur lainnya meliputi front side airbag, sensor parkir depan, safety belt indicator, fatigue driving warning, 6 speaker, auto headlamp dan front wiper, MID steering switch serta remote open sunroof.

2. Confero Kembali Rebut Gelar Bergengsi

Wuling Confero kembali merebut penghargaan bergengsi dalam pertarungan kendaraan roda empat Tanah Air. Kali ini, Confero dinobatkan sebagai Rookie of The Year dalam OTOMOTIF Award 2018 di Shangri-La Hotel, Jakarta Pusat, Jumat (23/3/2018).

3. Catatan Satu Tahun Mengaspal di Indonesia

11 Juli 2018, Wuling memeringati satu tahun pertama produksi mereka sejak mengaspal di Indonesia. Selama setahun itu, Wuling berhasil menorehkan penjualan wholesales sebanyak 13.170 unit dalam periode Agustus 2017 sampai Juni 2018.

Catatan memuaskan tersebut mengantarkan Wuling sebagai salah satu Top 10 Brands untuk jumlah penjualan kendaraan di Indonesia.

Selama setahun juga, Wuling sudah memiliki 71 diler resmi dan 80 outlet di seluruh penjuru nusantara.

4. Ulang Tahun Pertama Confero

Bertepatan dengan lahirnya Confero, Wuling Motors memboyong satu unit Confero S edisi istimewa di GIIAS 2018 yang digelar pada 2-12 Agustus 2018.

Keistimewaan Confero S seri khusus ini terletak pada Velg OZ Ultraleggera yang dibalut ban Toyo DRB berukuran 215/55/16. Kemudian diaplikasikan peranti body kit di sisi depan, samping dan belakang, termasuk diffuser serta tailpipe yang dibuat secara kustom. Detail lainnya terlihat dari pemakaian nuansa Black Chrome Sticker serta Rear Garnish Carbon Sticker.

Menariknya, Confero S ini hanya terdapat satu unit dengan warna Carnelian Red dan tersedia sebagai Grand Prize.

5. Cortez Raih Best Five Choice FORWOT Car of the Year 2018

Pencapaian Wuling Motors di tahun 2018 masih belum berhenti. Tanggal 28 September 2018, bertempat di Bands Cafe & Resto, Kemayoran, Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) memberikan anugerah kepada Wuling Cortez sebagai salah satu penyandang gelar The Best Five Choice FORWOT Car of the Year 2018.

FORWOT menghimpun 23 mobil baru dan bukan sekadar minor change, major change, atau pun penambahan varian dari berbagai pabrikan. Kemudian dilakukan penilaian dengan proses peninjauan dan penimbangan dari berbagai aspek oleh tim FORWOT dan Wuling Cortez keluar sebagai 5 mobil terbaik pilihan FORWOT dengan perolehan 160 poin.

6. Wuling Formo Masuk Pasar

Peluncuran Wuling Formo (otosia.com)

Rabu, 7 November 2018, Wuling Formo resmi diluncurkan di Jakarta. Kehadiran Formo menandakan Wuling bisa jadi pilihan baru di segmen Light Commercial Vehicle (LCV) Tanah Air, yang tersedia dalam dua varian, yaitu minibus dan blind van

7. Cortez dan Confero Terima Penghargaan ICOTY 2018

Setelah menerima penghargaan dari FORWOT, Wuling kembali dianugerahi dua predikat sekaligus dalam ajang Indonesian Car of the Year 2018 (ICOTY 2018) yang digelar di Ancol Jimbaran Resto, Jakarta, (19/12/2018).

Kali ini Wuling Cortez berhasil meraih gelar sebagai Best Category Medium MPV dan Wuling Confero S mendapat predikat Best Value for Money.

5 dari 10 Halaman

2019 - SUV Pertama Wuling Meluncur

1. Catatan Manis Penjualan Wuling

Dalam kurun waktu satu tahun (Januari-Desember 2018), Wuling mencatatkan angka penjualan sebanyak 17.020 unit. Angka tersebut naik drastis 3 kali lipat dibandingkan capaian tahun 2017 yang hanya 5.050 unit. Artinya, rata-rata penjualan per bulan Wuling selama tahun 2018 tembus 1.416 unit.

Wuling Confero masih menjadi penyumbang terbesar mereka dengan total penjualan 11.062 unit. Cortez menyusul dengan angka 5.857 unit. Sedangkan varian yang terbilang masih sangat baru meluncur di akhir tahun 2018 laku sebanyak 83 unit.

2. Wuling Almaz Resmi Mengaspal

Wuling Almaz (otosia.com)

Setelah mengumumkan teaser soal nama dan tampang Almaz pada 23 Januari 2019 dalam ajang Media First Impression di kawasan Sentul, Jawa Barat, Wuling Motors merilis SUV baru ini pada 27 Februari 2019 di Opus Grand Ballroom The Tribrata, Jakarta.

Wuling Almaz menjadi pembeda di tengah hiruk pikuk SUV kompak Tanah Air yang didominasi oleh produk Jepang. Almaz punya konfigurasi dan fitur paling komplet dan punya range harga paling terjangkau.

Saat pertama kali diumumkan, mobil ini dibanderol Rp 318,8 juta on the road Jakarta.

Salah satu fitur andalan SUV ini ialah Smart Multimedia 10,4 inch touch screen pertama dan terbesar di kelasnya yang dilengkapi dengan Wuling Link, pengaturan kendaraan dan pendingin udara, tampilan Tire Pressure Monitoring System (TPMS) serta beragam fasilitas hiburan.

Beragam fitur terdepan juga disematkan dalam kendaraan ini, seperti panoramic sunroof terluas di segmen medium SUV, one push engine, dan keyless entry.

Selain itu, fitur keselamatan modern pun hadir untuk melindungi pengguna ketika berkendara meliputi kamera 360 derajat, 6 sensor parkir, Traction Control System (TCS), Electronic Stability Control (ESC), Hill Hold Control (HHC), Auto Vehicle Holding (AVH), Electric Parking Brake (EPB), Emergency Stop Signal (ESS), sistem pengereman ABS, EBD, BA, hingga front and side airbag.

3. Cortez Menang OTOMOTIF Award 2019

Sejak diluncurkan tahun 2018, Cortez sudah berulang kali menerima anugerah dari media otomotif Tanah Air. Di tahun 2019, mobil dengan fitur komplet ini sekali lagi memenangi Best of Medium MPV Gasoline dalam ajang OTOMOTIF Award 2019. Acara ini diselenggarakan di Sultan Hotel, Jakarta (28/3/2019).

Wuling Cortez dianggap memiliki nilai tinggi dalam hal desain, fitur, performa, handling, konsumsi bahan bakar, serta inovasi.

4. Tampilan Baru, Wuling Cortez CT dan Confero S ACT

Peluncuran Cortez CT (Wuling)

Wuling kemudian menambah lini produksi mereka dengan memperkenalkan Cortez CT dan Confero S ACT di Sentul (22/4/2019). Peluncuran resminya berlangsung di IIMS 2019 yang berlokasi di JIExpo Kemayoran, Jakarta (25/4/2021).

Seri Cortez CT yang dijuluki 'The New Advanced MPV' merupakan varian terbaru yang menggunakan 1.500cc Turbocharger Honeywell dan Continuously Variable Transmission (CVT) dari Bosch.

Selanjutnya, Confero S ACT dilengkapi dengan sistem transmisi e-Clutch yang merupakan teknologi dari Schaeffler. Inovasi dari transmisi ini mempermudah pergantian gigi, tanpa kehilangan sensasi mengganti gigi secara manual pada tuas persneling dan efisien dalam perawatan.

Untuk seri Cortez CT diniagakan mulai dari Rp 232.000.000 hingga Rp 282.000.000, sementara untuk Confero S ACT ditawarkan seharga Rp 191.800.000.

5. Perkenalan MyWuling+

Bertepatan dengan Wuling Media Briefing yang digelar di Holiday Inn Express JIEXPO Kemayoran, Jakarta (26/4/2021), Wuling turut memperkenalkan MyWuling+.

MyWuling+ merupakan aplikasi mobile multifungsi yang menghubungkan Wuling dengan pengguna, serta dealer dalam satu platform. Aplikasi ini memudahkan para pelanggan untuk mengakses Customer Service secara online, bertanya langsung kepada teknisi profesional, melakukan Booking Service dan test drive serta panggilan Emergency Service 24 jam.

Selain itu melalui MyWuling+, pelanggan dapat memperoleh berbagai informasi mengenai produk Wuling, tips, simulasi pembiayaan, cuaca, harga bensin dan lokasi dealer terdekat.

Selanjutnya, MyWuling+ juga membantu untuk menghubungkan pengguna dengan pengguna lainnya serta komunitas pemilik Wuling melalui laman User Community dan Fans Club.

Tak hanya itu, aplikasi ini pun menyajikan beragam kabar terkini mengenai Wuling baik dari sisi produk, layanan, dealer, sampai dengan program promosi.

6. Dua Tahun Wuling, Almaz Berbenah

Wuling Almaz sudah dilengkapi WIND (otosia.com)

11 Juli 2019 merupakan penanda dua tahun eksistensi Wuling di Indonesia. Wuling menghadirkan teknologi Wuling Indonesian Command (WIND) yang ditempatkan pada generasi Almaz. Menariknya, WIND adalah fitur voice command pertama dengan Bahasa Indonesia yang ditanamkan pada sebuah mobil.

Fitur WIND disematkan pada head unit Almaz yang mempunyai spek 10,4 inci layar sentuh. Fitur ini memungkinkan pengguna menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan berbagai fitur kendaraan, seperti pendingin udara, jendela, dan panoramic sunroof.

Selain itu, WIND juga memungkinkan Anda untuk mengakses ragam hiburan seperti musik atau radio, dan bisa melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi misalnya Wuling Link ataupun TPMS, memperbesar atau mengecilkan volume, serta menanyakan tanggal dan waktu terkini.

7. Catatan Manis di GIIAS 2019

Selesainya GIIAS 2019, tepatnya di tanggal 28 Juli 2019, membawa catatan menggemberikan bagi Wuling. Dengan memboyong amunisi komplet, mereka berhasil menyabet predikat Favorite Car Visitor Choice Most Driven Car atau mobil yang paling banyak dicoba oleh pengunjung.

Total, semua produk Wuling sudah dijajal oleh 1.818 pengunjung. Almaz menjadi unit yang paling banyak dicoba, sebanyak 1.336 orang,

Selain itu, selama pameran Wuling juga membukukan 1.608 SPK.

Almaz mendominasi jumlah pemesanan yakni 827 unit, dengan tipe yang paling diminati adalah Almaz Exclusive 7-seater. Kemudian ada seri Confero yang mencatatkan SPK sebanyak 425 unit dengan Confero sebagai favorit. Lalu diikuti oleh seri Cortez sebesar 339 unit, dimana Cortez CT sebagai varian yang paling dicari. Terakhir, pemesanan Formo tercatat di angka 17 unit.

8. Wuling Indonesian Command Rebut Penghargaan Apresiasi Inovasi 2019

Wuling giliran mendapatkan penghargaan dalam acara Apresiasi Inovasi 'Become Innovative in The Disruptive Era' yang digelar di Grand Ballroom Hotel Westin, Rabu (31/7/2019). Wuling Indonesian Command (WIND), voice command canggih berbahasa Indonesia yang terdapat di Almaz meraih apresiasi untuk kategori teknologi dalam kegiatan ini.

9. Wuling E200 dan E100 Mejeng di Indonesia Electric Motors Show 2019

Wuling E100 (Wuling)

Kesiapan Wuling menyambut elektrifikasi dibuktikan lewat penampilan E200 dan E100 ketika bertandang ke Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019. Dengan mengusung tema 'Electric Vehicle for Smart Transportation', Wuling saat itu mempersilakan para pengunjung pameran yang berlokasi di Balai Kartini, Jakarta Selatan itu untuk melakukan test drive (4/10/2019).

Wuling E200 merupakan kendaraan bermotor listrik kedua dari Baojun. Electric Vehicle ini didukung motor listrik dengan baterai lithium yang menghasilkan daya maksimal sebesar 29 kW dengan torsi sebesar 110 Nm. Saat kondisi baterai penuh, Wuling E200 sanggup menempuh jarak jelajah hingga 250 km.

Wuling E100 ikut serta di area test drive IEMS 2019. Mobil listrik ini diperkuat dengan motor listrik yang memproduksi tenaga maksimal 29 kW dan torsi 110 NM. Dengan kondisi baterai penuh, lithium pada Wuling E100 dapat menempuh jarak sampai dengan 250 km dan sanggup dipacu hingga 100 km/jam.

10. Wuling Almaz Menerima Penghargaan

Meski masih sangat baru, Wuling Almaz lagi-lagi mendapatkan penghargaan pada 10 September 2019. Kali ini dari Carvaganza yang menempatkan SUV canggih ini sebagai salah satu mobil terbaik dari 10 mobil yang masuk dalam kategori Carvaganza Editors' Choice 2019.

11. Ekspor Pertama Wuling ke Pasar Global

25 September 2019 menandai ekspor pertama Wuling ke pasar global. Mereka mengirim unit Wuling Almaz ke pasar Asia Tenggara dan Oseania. Acara bertajuk Bersama Indonesia untuk Dunia' yang digelar di Pabrik Wuling, Cikarang Pusat menjadi tanda dimulainya pengiriman unit ke Thailand, Brunei Darussalam, dan Fiji.

12. Wuling Almaz Terima Penghargaan FORWOT Car of the Year 2019

Wuling Almaz dinobatkan sebagai FORWOT Car of the Year 2019 dalam ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) pada Selasa (15/10/2019) di Dhonika Café, Jakarta Selatan.

Dalam acara bergengsi ini, FORWOT memilih Almaz sebagai mobil terbaik karena dianggap memiliki nilai terbaik dalam hal desain, kenyamanan, keamanan, nilai ekonomis, handling, performa, keramahan lingkungan, fungsional, pengalaman berkendara, hingga harga.

13. Wuling Almaz dan Cortez Menangi Gridoto Award 2019

Belum juga berakhir tahun 2019, Wuling Almaz kembali menerima penghargaan yang kali ini dihimpun dari Gridoto Award 2019.

Ajang yang digelar di Merbabu Ballroom Kompas Gramedia Majalah, Jakarta (19/11/2019) itu memberikan penghargaan sebagai Car of the Year 2019 dan Best Medium SUV kepada Almaz serta Best Medium MPV pada Cortez CT.

Selain itu, kategori Best Total Cost Ownership di tahun itu diberikan untuk segmen Medium MPV Wuling Cortez 1.8.

6 dari 10 Halaman

2020 - Prestasi Baru Wuling Motors

1. Catatan Penjualan 2019

Meski terbilang masih cukup baru menyelam di industri otomotif Tanah Air, Wuling terus mencatatkan penjualan positif dari tahun ke tahun. Perjalanan mereka selama 2019 membukukan raihan manis dengan penjualan wholesales mencapai 22.343 unit.

Dari angka itu, kontributor terbesarnya ialah Wuling Almaz (9.743 unit), disusul Confero (9.137 unit), Cortez (3.160 unit), dan Formo (303 unit).

Perolehan memuaskan itu tidak lekang dari suksesnya mereka menjual mobil pada bulan Desember 2019 lalu yang mencapai 4.612 unit. Angka tersebut melonjak dua kali lipat dibanding November 2019 yang hanya 1.948 unit.

2. Cortez Raih Penghargaan Lagi

Wuling Motors (Wuling) kembali menorehkan prestasi di ajang OTOMOTIF AWARD 2020 yang digelar secara virtual melalui channel YouTube OTOMOTIF TV dan GridOto (16/4/2020).

Salah satu lini MPV andalannya, Cortez CT berhasil meraih penghargaan dari Tabloid OTOMOTIF sebagai Best of Medium MPV Gasoline.

3. Perkenalan Wuling Cortez CT Type S

Wuling Cortez CT Type S (Wuling)

Demi memberikan layanan spesial untuk pelanggannya, Wuling melengkapi varian Cortez dengan menghadirkan seri CT Type S (15/7/2020).

Varian ini merupakan yang termurah dan harga di atas malah bersaing di zona LMPV. Saat pertama diluncurkan Cortez CT Type S dengan transmisi manual 8-seater dibanderol Rp 209 juta dan Rp 233 juta untuk transmisi CVT captain seat.

4. Wuling Indonesian Command Raih Penghargaan Berkelas

Wuling Motors (Wuling) mendapatkan sebuah penghargaan dalam acara penganugerahan 'Pertama Di Indonesia & Top Innovation Choice Award 2020' yang diselenggarakan oleh TRAS N CO Indonesia dan INFOBRAND (6/8/2020).

Dalam acara yang digelar secara daring tersebut, Inovasi Wuling Indonesian Command (WIND) yang disematkan pada Smart Technology SUV Almaz dinobatkan sebagai 'Voice Command Berbahasa Indonesia Untuk Kendaraan Roda Empat Pertama Di Indonesia'.

5. Wuling Almaz Limited Edition Meluncur

Menuju penghujung tahun 2020, Wuling Motors meluncurkan Almaz Limited Edition (24/11/2020). Varian ini hanya tersedia 100 saja di Indonesia.

Pembeda dari model sebelumnya terletak pada aksen two-tone pada eksterior serta fitur power tailgate. Selain itu, terdapat air purifier untuk menangkal virus dan bakteri yang mungkin tersisa di dalam mobil.

Varian ini hanya tersedia dalam dua warna, yaitu Pristine White with Starry Black dan Aurora Silver with Starry Black.

6. Wuling Indonesian Command Lagi-lagi Menang Penghargaan

Wuling Motors (Wuling) meraih 'Marketing Award 2020' kategori 'The Best Innovation in Marketing' melalui Wuling Indonesian Command (WIND) yang disematkan pada SUV Almaz (25/11/2020).

7. Wuling Cortez CT Terima Penghargaan Best Medium MPV

Akhir tahun 2020 ditutup manis dengan keluarnya Wuling Cortez CT sebagai the Best Medium MPV dan Best Total Cost of Ownership di kategori Medium MPV (16/12/2020). Ajang ini dipersembahkan oleh GridOto Award 2020 yang mengambil tema Road to Electric Mobility

7 dari 10 Halaman

2021 - Generasi Tercanggih Wuling Keluar Kandang

1. Capaian Penjualan 2020

Hantaman pandemi Corona (COVID-19) membuat turbelensi ekonomi yang sangat kuat secara global, termasuk Indonesia. Selama 2020, industri otomotif jeblok dan menghantam hampir semua agen pemegang merek (APM).

Wuling pun tidak bisa menghindari badai itu. Berdasarkan data Gaikindo, Wuling hanya bisa melepas 6.581 unit atau turun 70,5 persen sepanjang 2020.

LMPV Confero menyumbang penjualan terbesar (46,5 persen). Kemudian Cortez, Formo, dan Almaz, masing-masing menyumbang 19,0 persen, 4,9 persen, dan 29,6 persen.

2. Peluncuran Inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE)

Mengawali tahun baru 2021 yang masih berat oleh serangan pandemi COVID-19, Wuling Motors justru meluncurkan Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) pada 29 Januari 2021.

Teknologi ini mewujudkan ekosistem pintar dimana pengguna dan kendaraannya bisa saling terhubung via koneksi internet, sehingga pengguna dapat melakukan berbagai kendali dari aplikasi pada gawai pintar ataupun head unit.

Selain itu, WISE juga mencakup Advanced Driver Assistance System atau ADAS yang membantu pengemudi saat berkendara dalam berbagai kondisi dan tentunya meningkatkan keamanan serta kenyamanan.

3. Kehadiran Seri Baru New Wuling Confero S

Peluncuran Wuling Confero S 2021 (otosia.com)

Persaingan ketat di dunia LMPV memicu Wuling untuk terus berinovasi dan meluncurkan New Wuling Confero S (10/3/2021). Mobil baru ini memiliki sentuhan ubahan pada desain eksterior yang terlihat lebih atraktif berupa desain bumper depan yang memberikan nuansa bold, bentuk grille yang dinamis, lampu utama yang mengusung aksen baru serta Daytime Running Light (DRL) yang unik.

Dari sisi interior, produk ini tetap memiliki kabin yang lapang hingga baris ketiga dengan pilihan konfigurasi bangku 8-seater dan 7-seater dengan captain seat. Kesan modern dan berkelas pun terlihat berkat pengaplikasian desain interior yang bernuansa gelap dengan aksen jahitan merah.

Di awal peluncurannya, mobil dibanderol dengan harga Rp169,8 juta on the road Jakarta.

4. Sosok Wuling Almaz RS Goda Pasar

Wuling Almaz RS mulai dipasarkan (otosia.com)

Sang SUV dengan segudang fitur dan kenikmatan berkendara, Wuling Almaz RS akhirnya resmi diluncurkan di Hall 5 International Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan (29/3/2021).

Mobil cerdas ini sudah didukung oleh teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) dan dipasarkan dalam dua varian, yakni EX dan Pro dengan pilihan konfigurasi bangku 5-seater dan 7-seater.

5. Wuling Almaz RS dan Kombinasi MyWuling+

Dalam peluncuran SUV Flagship Almaz RS yang digelar Wuling Motors (Wuling) secara hybrid (offline dan online) pada 29 Maret 2021, Wuling juga mengumumkan pembaharuan untuk aplikasi MyWuling+.

Adapun langkah ini dilakukan untuk mendukung fasiltas Internet of Vehicle (IoV) yang terdapat dalam inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) di Almaz RS.

6. Logo Baru Wuling Indonesia

Pergantian logo Wuling Indonesia (otosia.com)

Bersamaan dengan peluncuran model SUV flagship Almaz RS, Wuling Motors (Wuling) mengumumkan identitas logo barunya kepada masyarakat.

Dua tampilan logo baru berwarna merah dan silver dengan desain baru resmi diperkenalkan menggantikan identitas brand yang sebelumnya telah digunakan sejak awal masuk ke pasar otomotif Indonesia.

Hal ini merepresentasikan kehadiran Wuling semakin dekat dengan konsumen Tanah Air serta menguatkan posisi Wuling sebagai Global Brand yang terus berinovasi.

7. Wuling Ikut dalam IIMS 2021 Hybrid Pertama di Indonesia

Ancaman pandemi masih terus menghantui hingga awal tahun 2021. Pameran otomotif dan industri pun harus tetap berjalan hingga muncullah Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 di Jakarta International Expo Kemayoran (15/4/2021).

Dalam IIMS Hybrid 2021 ini, Wuling menyajikan 10 pilihan produk bagi pengunjung pameran baik di JIEXPO maupun secara online.

Kontribusi mereka berbuah manis. Selama pameran yang berlansung dari 15-25 April 2021, Wuling berhasil mencatatkan total 646 SPK dan 643 pengunjung melakukan test drive.

8. WISE Raih TOP Innovation Choice Award 2021

Selain ramai fitur, produk-produk Wuling juga banjir penghargaan. Sejak pertama kali meluncur, Wuling telah berulang kali menerima award dari berbagai institusi. Kali ini inovasi WISE memperoleh apresiasi TOP Innovation Choice Award 2021 (31/5/2021).

Penghargaan tersebut diberikan dengan landasan survei Top Innovation Choice Index 2021 terhadap beragam brand inovatif di Indonesia yang dilakukan oleh TRAS N CO dan INFOBRAND.

9. New Wuling Confero Meluncur, Harga Ikutan Baru

3 Juni 2021 lalu, New Wuling Confero meluncur tanpa banyak seremoni. Kehadiran LMPV baru ini sudah mendapatkan penyesuaian harga setelah pemerintah meresmikan kebijakan relaksasi PPnBM. Di awal peluncuran, New Confero diniagakan seharga Rp150.800.000 (OTR DKI Jakarta). 

Wuling memberikan ubahan di bagian eksterior yang terlihat dari grill depan bernuansa hitam serta lampu utama dengan aksen smoky. Selain itu, juga sudah ada pendingin udara double blower yang menjadikan perjalanan senantiasa nyaman dan seatbelt reminder untuk menjaga keamanan dalam berkendara.

Produk ini juga didukung oleh transmisi manual 5-percepatan serta electric power steering.

10. Wuling Almaz Sabet Penghargaan sebagai Merek Terpopuler

Wuling Motors (Wuling) kembali mendapatkan apresiasi untuk produk SUV-nya, Almaz, melalui Indonesia Digital Popular Brand Award 2021 (30/6/2021).

Dalam acara penghargaan yang digelar secara daring hari ini, Wuling Almaz terpilih menjadi salah satu merek terpopuler bagi konsumen pengguna internet berdasarkan survei digital yang dilakukan oleh INFOBRAND.ID, TRAS N CO Indonesia, dan IMFocus

8 dari 10 Halaman

4 Tahun Inovasi Bersama Indonesia

Ulang tahun Wuling ke-4 (Instagram/@wulingmotorsid)

Tanggal 11 Juli kemarin menjadi penanda genap empat tahun Wuling Motors beroperasi di Indonesia. Pencapaian di atas tentunya tidak akan mudah diraih tanpa kerja keras dan inovasi yang menjadi pemicu sekaligus pelecut modernisasi tren mobil Tanah Air.

Impian mereka untuk menjadi pemain penting dalam industri otomotif pun sudah membuahkan hasil. Contohnya saja menurut data Gaikindo, penjualan wholesales bulan Juni 2021, Wuling mampu menjual 2.267 unit sehingga menempatkan Wuling dalam deretan delapan merek terlaris.

Dirunut selama semester pertama 2021 (Januari-Juni), angka wholesales Wuling menyentuh 10.973 atau 2,8 persen pangsa pasar (market share).

Kinerjanya sangat memuaskan hingga melampaui periode yang sama tahun sebelumnya. Saat itu Wuling hanya mencatatkan 1.848 unit.

Artinya, tahun ini penjualan Wuling naik tajam 493,8 persen.

Pembukuan ritel Wuling berada di posisi ke-8 dengan 1.873 unit. Selama Januari-Juni 2021, Gaikindo mencatat penjualan 10.187 unit atau 2,6 pangsa pasar.

Sektor ini pun naik dibandingkan periode yang sama tahun 2020 lalu yang hanya 4.749 unit dengan pangsa pasar 1,6.

Secara total Wuling mencatatkan sudah menjual 60.000 unit selama empat tahun terakhir.

"Kami berterima kasih atas dukungan dari berbagai pihak termasuk karyawan, konsumen, mitra, dan rekan media yang telah berkontribusi dalam perkembangan Wuling di Indonesia selama ini. Kami yakin bahwa untuk terus melangkah maju dibutuhkan inovasi untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat yang terus berkembang," ungkap Han Dehong, Assistant of President Wuling Motors.

"Oleh karena itu, kami mengusung tema 'Inovasi Bersama Indonesia' dalam perayaan hari jadi kali ini sebagai perwujudan semangat Wuling untuk terus menyajikan beragam inovasi bersama Indonesia, baik dari segi produk maupun layanan," imbuhnya.

9 dari 10 Halaman

4th Anniversary Shopping Festival

4th Anniversary Wuling Shopping Festival (Wuling)

Memperingati catatan penting dalam sejarah Wuling selama berkiprah di Indonesia, Wuling menggelar promo Shopping Festival dengan beragam kemudahan.

Pertama, tentu soal harga mobil Wuling. Seri Confero masih masuk dalam program diskon PPnBM 100 persen dari pemerintah yang berlaku hingga Agustus 2021. Sementara untuk seri Cortez, Almaz dan Almaz RS menerima subsidi dari pabrikan.

Berkat program 4th Anniversary Shopping Festival, Confero, Confero S dan Formo jadi lebih ringan lagi dengan uang muka rendah (low DP) 15 persen serta free maintenance (syarat dan ketentuan berlaku).

Varian Cortez pun masuk daftar program penjualan ini. Promo ekstranya berupa bunga 0% dan free maintenance yang berlaku untuk Cortez CT dan CT Type S.

Pun Wuling Almaz RS tidak akan ketinggalan. SUV paling menggoda ini punya harga lebih terjangkau berkat subsisi 10 persen dari Wuling sendiri.

Berikut daftar harga terbaru dengan program PPnBM dari pemerintah dan Wuling:

Wuling Confero:

Varian/Tipe Harga
New Confero Rp 146.300.000
New Confero S Type C Lux:  Rp 169.800.000
New Confero S Type C Lux+:  Rp 171.800.000
New Confero S Type L Lux:  Rp 180.800.000
New Confero S Type L Lux+:  Rp 182,800,000
New Confero S Type L ACT Lux:  Rp 189.300.000
New Confero S Type L ACT Lux+:  Rp 191.300.000
*Termasuk dalam program kebijakan relaksasi PPnBM dari Pemerintah

 

Wuling Almaz:

Varian/Tipe Harga
Almaz RS EX 5-seater:  Rp 365,800,000 menjadi Rp 350,800,000
Almaz RS EX 7-seater:  Rp 375,800,000 menjadi Rp 360,300,000
Almaz RS Pro 7-seater:  Rp 395,800,000 menjadi Rp 379,800,000
*Mendapatkan subsidi PPnBM dari Wuling

 

Wuling Cortez:

Varian/Tipe Wuling Cortez Harga
Cortez CT S 6MT:  Rp 213.800.000 menjadi Rp 203.800.000
Cortez CT S CVT:  Rp 233.800.000 menjadi Rp 222.800.000
Cortez CT C 6MT:  Rp 242.800.000 menjadi Rp 230.800.000
Cortez CT C CVT: Rp 259.800.000 menjadi Rp 247.300.000
Cortez CT L CVT:  Rp 294.800.000 menjadi Rp 281.800.000
*Mendapatkan subsidi PPnBM dari Wuling

10 dari 10 Halaman

Selain promo di atas, Wuling menawarkan beragam layanan untuk semakin meningkatkan kepercayaan pelanggannya.

1. Wuling Pay Later

Program Baru Wuling Pay Later (Instagram/@wulingmotorsid)

Layanan baru ini resmi diluncurkan pada Jumat (16/7/2021) lalu untuk memfasilitasi pembeli Almaz series. Program ini berjalan hingga 31 juli 2021 dan berlaku untuk seluruh jaringan diler resmi Wuling di Indonesia.

Konsumen kini memiliki pilihan untuk menunda pembayaran cicilan selama dua bulan pertama setelah unit dikirim kepada konsumen tanpa ada bunga tambahan.


2. Wuling Finance

Pembelian unit melalui Wuling Finance juga memiliki keuntungan lebih, contohnya free insurance atau bunga 0 persen selama 1 tahun. Wuling juga menawarkan promo khusus bebas biaya servis selama 4 tahun atau 50.000 kilometer. Seluruh program ini tentunya dijalankan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.


3. Wuling4tune Lucky Treasure

Wuling4tune Lucky Treasure (Instagram/@wulingmotorsid)

Program ini memungkinkan pembeli mendapatkan unit dengan membayar setengah harga saja dan terbuka untuk semua konsumen yang telah melakukan pemesanan (SPK) untuk semua model kendaraan Wuling dan berniat melakukan pembelian dalam waktu dekat. Tapi ada syarat dan ketentuannya lho. Cek di sini.


4. Wuling Smart Showroom

Wuling Smart Showroom (Wuling)

Wuling punya cara unik dan tanpa ribet bagi yang ingin tahu lebih dalam tentang produk-produknya.

Konsumen dapat mengakses Wuling Smart Showroom yang tersedia di laman resmi Wuling Indonesia.

Di sini, konsumen bisa melihat detail dan rincian mobil yang dicari. Semua informasi tersaji secara gamblang mulai varian, warna, tampilan eksterior, interior, spesifikasi sampai fitur-fitur pintarnya. Ada juga informasi soal promo serta kalkulator cicilan.

Nah, kalau sudah penasaran sampai di ubun-ubun, Kamu bisa langsung klik tombol test drive untuk segera booking tempat.

BERI KOMENTAR