HOME » BERITA » CEGAH CORONA COVID-19, INI CARA BAYAR PAJAK LEWAT APLIKASI SAMSAT ONLINE

Cegah Corona Covid-19, Ini Cara Bayar Pajak Lewat Aplikasi Samsat Online

Simak cara membayar STNK dan pajak kendaraan melalui aplikasi SAMOLNAS.

Kamis, 02 April 2020 17:15 Editor : Cornelius Candra
Cegah Corona Covid-19, Ini Cara Bayar Pajak Lewat Aplikasi Samsat Online

OTOSIA.COM - Pihak kepolisian telah mengumumkan adanya penundaan pembayaran untuk STNK dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) hingga 29 Mei 2020 mendatang. Ini merupakan salah satu cara untuk memutus penyebaran corona Covid-19 di Indonesia.

Karena itu, mereka pun memberikan alternatif berupa pembayaran STNK dan Pajak melalui Samsat Online (SAMOLNAS). Aplikasi tersebut dapat diunduh oleh pengguna smartphone berbasis Android dan iOS.

1 dari 5 Halaman

Setelah mengunduh aplikasi SAMOLNAS, Otolovers akan dihadapkan dengan beberapa menu. Untuk pembayaran STNK dan PKB, pilih "PENDAFTARAN". Kemudian tekan "Setuju" di halaman "TERMS AND CONDITIONS".

2 dari 5 Halaman

Isi semua kolom yang tersedia, mulai nomor Polisi, NIK, 5 digit terakhir nomor rangka, nomor yang bisa dihubungi, dan alamat email. Setelah itu, tekan lanjutkan. 

3 dari 5 Halaman

Halaman berikutnya menampilkan semua keterangan kendaraan bermotor Otolovers sesuai STNK. Bahkan, tersaji juga PKB yang harus dibayarkan beserta rinciannya. Nantinya, PKB bar akan dikirim ke alamat yang didaftarkan. 

4 dari 5 Halaman

Sampai berbagai dokumen tersebut datang, pemilik kendaraan bermotor akan mendapatkan E-STNK atau STNK elektornik yang berlaku selama 30 hari sejak pembayaran. Berkas ini juga berfungsi sebagai STNK asli.

5 dari 5 Halaman

Bersama dengan E-STNK, kepolisian pun turut menerbitkan E-TBPKP (Tanda Bukti Pelunasa Kewajiban Pembayaran). Dokumen ini juga berlaku selama 30 hari sejak pembayaran dan berfungsi sebagai SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).

BERI KOMENTAR