HOME » BERITA » CEGAH MOBIL ANTI KARAT, UJI SEMPROT GARAM AKAN DITERAPKAN

Cegah Mobil Anti Karat, Uji Semprot Garam Akan Diterapkan

Tak jarang pabrikan mobil harus menarik kembali atau recall produknya akibat komponen mobil berkarat. Hal ini tentu berpengaruh dengan keselamatan berkendara.

Rabu, 14 November 2018 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi produksi mobil (MotorBeam)

OTOSIA.COM - Tak jarang pabrikan mobil harus menarik kembali atau recall produknya akibat komponen mobil berkarat. Hal ini tentu berpengaruh dengan keselamatan berkendara.

Melansir MotorBeam, Road Transport and Highway Ministry (MoRTH) India berencana untuk menerapkan uji semprot garam (salt spray) untuk menghindari hal ini. Uji salt spray itu akan diterapkan untuk kendaraan yang diprouksi untuk pasar domestik.

Sebab, mobil untuk pasar India terbuat dari 30 persen baja galvanis, sedangkan model untuk ekspor 70 persen. Hal ini dilakukan untuk menjaga harga kendaraan tetap murah.

Memang, demi keselamatan, fitur keselamatan seperti airbag, sabuk pengaman, dan zona crumple juga dievaluasi. Tapi selama ini, soal korosi ini belum termasuk.

Maka uji semprot garam ini diusulkan oleh lembaga pengujian kendaraan India, International Centre of Automotive Technology (ICAT) untuk menentukan ketahanan korosi kendaraan. Praktik ini sudah dilakukan di negara maju lainnya.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR