HOME » BERITA » CEGAH MOTOR MASUK KOLONG TRUK, HINO TAMBAH FITUR INI

Cegah Motor Masuk Kolong Truk, Hino Tambah Fitur Ini

Menyusul banyaknya kecelakaan yang melibatkan truk dan kendaraan kecil terutama sepeda motor Hino menambah fitur pencegah fatalitas kecelakaan.

Senin, 11 Februari 2019 15:15 Editor : Ahmad Muzaki
New Dutro 130 HD (Hino)

OTOSIA.COM - Menyusul banyaknya kecelakaan yang melibatkan truk dan kendaraan kecil terutama sepeda motor Hino menambah fitur pencegah fatalitas kecelakaan.

Fitur yang ditambahkan tersebut mencakup rear camera, side guard dan ABS terutama untuk truk tangki pengangkut bahan bakar minyak.

Fitur tersebut dipasangkan untuk segmen kargo atau transportasi logistik baik itu Hino New Generation Ranger maupun Hino New Dutro

Menurut Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), penambahan fitur side guard untuk mencegah motor masuk ke kolong truk ketika terjadi kecelakaan dari samping.

Dari evaluasi dan analisis Hino, banyak kasus kecelakaan truk dan sepeda motor terjadi di sisi samping badan truk, baik motor yang tiba-tiba nyelonong atau masuk ke badan truk, yang sulit diduga dan diantisipasi sopir truk.

"Sepeda motor, sudah diduga, suka salip dan mepet secara mendadak. Ketika dia kena bodi truk, dia tidak kena besinya, tidak langsung masuk ke kolong, tetapi mental terdorong (keluar)," kata Santiko pada media gathering di Jakarta, Senin (11/3)

Penambahan rear camera juga bertujuanĀmenambah keselamatan pengemudi ketika mundur atau parkir di area yang sulit dilihat.

"Tujuan lainnya kita pasang rear camera untuk mengantisipasi dan menghindari blind spot bagi pata pengemudi, terutama kendaraan kecil, seperti sepeda motor," ujarnya.

Selain itu yang menjadi fitur terbaru untuk angkutan bahan bakar minyak, gas, bahan kimia dan bahan berbahaya lainnya adalah penggunaan sistem pengereman Anti-Lock Brake System (ABS).

Dengan sistem ABS meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan berkendara bagi pengemudi, barang muatan yang dibawa dan lingkungan sekitar terutama jika berkendaraĀdengan kecepatan tinggi dan kondisi jalan yang licin.

Truk dengan fitur ABS ini ditujukan bagi customer yang bergerak dibidang distribusi bahan bakar minyak, angkutan bahan kimia, perusahaan bahan bakar gas maupun semen industei.

Varian untuk segmen ini diantaranya Hino New Generation Ranger FG 245 JK untuk kapasitas 8.000 liter, serta FLĀ245 JN, FL 245 JW, dan FM 285 JD untuk kapasitas 16.000 liter.

Sementara untuk model tractor head dengan kapasitas tarik tangki 24.000 liter Hino memiliki tipe SG 260 dan 285 TH serta FM 265 dan 285 TH.

Sedangkan yang paling tinggi adalah FM 350 TH untuk kapasitas 32.000 liter.

"Sebenarnya tanpa ABS, produk kita tidak masalah karena pakai rem angin, itu sudah cukup. Tapi misalnya karena Pertamina meminta (ABS), maka kita pasangkan. Kita bisa pasang ABS kalau konsumen mau, jadi monggo, kami bisa," tutup Santiko.

(kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR