HOME » BERITA » CEGAH PENIPUAN, MBTECH HIMBAU KONSUMEN MINTA SURAT JAMINAN KE PENJUAL

Cegah Penipuan, MBtech Himbau Konsumen Minta Surat Jaminan ke Penjual

Selasa, 26 September 2017 15:30

Cegah Penipuan, MBtech Himbau Konsumen Minta Surat Jaminan ke Penjual
Jok MBTech (foto: Nazar Ray)
Editor : Fajar Ardiansyah | Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - Menjadi pemimpin pasar di segmen pelapis jok sintetis, MBtech tak lepas dari upaya pemalsuan. Bahkan upaya pemalsuan ini secara terang-terangan memperkenalkan produk MBtech sebagai barang asli dengan kualitas sedikit di bawah atau yang dikenal dengan KW. Padahal menurut Edi Pamungkas selaku Web Development Manager PT Polystar International selaku pemegang merek MBtech tak memiliki produk KW.

"Pemalsuan selalu ada, kita hanya bisa edukasi. Jadi banyak sekali konsumen yang memang tidak tahu, termasuk barang tiruan. pengusaha yang nakal itu bilangnya KW1 KW2, padahal kita tidak punya. Karena produk kami melalui kontrol kualitas yang ketat sekali, kalau ada cacat sedikit dikembalikan langsung ke pabrik," ucap Edi.

Edi pun mengungkapkan pihaknya sulit untuk mengontrol peredaran barang palsu tersebut. Adapun upaya pertama adalah memberikan edukasi kepada konsumen bahwa bahan MBtech memiliki sebuah ciri khas berupa cetakan logo MBtech di belakang produk. Di samping itu, Mbtech berusaha untuk lebih mendekatkan diri ke konsumen dengan memberikan rekomendasi seat maker yang terpercaya.

"Antisipasinya adalah kami selalu ingin konsumen itu menghubungi kami dulu. Kemudian kami akan memberikan rekomendasi. Jadi rekomedasi konsumen bisa beli di mana. Misalkan domisili mereka di mana, kami carikan yang terdekat dengan beberapa pilihan," jelas Edi.

Upaya lainnya adalah mengampanyekan kepada konsumen agar mereka meminta jaminan ke pihak pemasang dalam sebuah surat tertulis. Hal ini turut direkomendasikan MBtech kepada para penjual atau seat maker agar tingkat kepercayaan konsumen terhadap mereka dapat meningkatkan.

"Kami juga memberikan konsumen agar meminta jaminan 100 persen asli kepada penjual secara tertulis. Jadi kalau ternyata bukan MBtech, ya langsung ganti. Kami tidak mewajibkan, tapi mendorong semua pihak, termasuk ke seat maker," jelas Edi.

Edi menambahkan apabila ditemukan seat maker yang direkomendasikan melakukan tindakan kecurangan, maka pihaknya akan mencoret dari daftar terpercaya.

(kpl/fid/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-10-10
detail

BERITA POPULER