HOME » BERITA » CEGAH TERTULAR COVID-19, POLISI KORSEL MINTA PENGENDARA UNTUK BERKENDARA ZIGZAG

Cegah Tertular Covid-19, Polisi Korsel Minta Pengendara untuk Berkendara Zigzag

Meski berada di wilayah yang terinfeksi, para polisi harus tetap bertugas seperti biasa

Minggu, 22 Maret 2020 10:15 Editor : Ahmad Muzaki
Cegah Tertular Covid-19, Polisi Korsel Minta Pengendara untuk Berkendara Zigzag
Berkendara zigzag (Zing.vn)

OTOSIA.COM - Penyebaran virus corona (Covid-19) di seluruh dunia belum berhenti. Bahkan di Tanah Air orang yang positif terinfeksi terus bertambah hingga saat ini. Pemerintah pun menghimbau untuk selalu cuci tangan dan lakukan social distancing.

Meski berada di wilayah yang terinfeksi, para polisi harus tetap bertugas seperti biasa. Umumnya, ketika akan melakukan razia para petugas mendatangi pengendara dan memeriksa surat-surat dan mengecek apakah dalam pengaruh alkohol atau tidak.

1 dari 2 Halaman

Namun berbeda tindakan saat ada Covid-19. Di Korea Selatan, polisi di sana lakukan tindakan sederhana saat melakukan razia. Untuk mengetahui para pengendara dalam pengaruh alkohol atau tidak, dilansir dari Zing, polisi di sana meminta pengemudi untuk berkendara secara zigzag.

Tidak hanya zigzag, para pengendara juga diminta untuk berkendara memutar atau membentuk cincin. Jika pengendara tak lulus dalam uji ini, mereka akan diminta turun dan dibawa ke sebuah van khusus untuk pemeriksaan lanjutan.

2 dari 2 Halaman

Berkat tindakan sederhana polisi Korea Selatan ini, tingkat risiko terinfeksi virus corona berkurang secara signifikan.

Padahal jika tak ada tindakan seperti ini, tingkat tertular Covid-19 sangat tinggi. Karena para petugas kontak langsung dengan pengendara. Dan bisa saja tertular melalui alat pengukur alkohol.

Perlu diketahui, berdasarkan penelitian oleh National Institutes of Health (NIH), virus corona bisa bertahan di udara selama berjam-jam dan sekitar tiga hari di sebuah permukaan.

BERI KOMENTAR