HOME » BERITA » SEBELUM DISERVIS MEKANIK, PEMILIK WAJIB PERIKSA BEBERAPA BAGIAN MOTOR

Sebelum Diservis Mekanik, Pemilik Wajib Periksa Beberapa Bagian Motor

Sebelum minta pertolongan mekanik bengkel resmi, pemilik motor Yamaha dapat melakukan pengecekan masalah lebih sehingga perbaikan menjadi lebih cepat dan akurat.

Sabtu, 14 Agustus 2021 20:15 Editor : Nazarudin Ray
Sebelum Diservis Mekanik, Pemilik Wajib Periksa Beberapa Bagian Motor
Ilustrasi mengecek motor (Yamaha DDS Jateng)

OTOSIA.COM - Perkembangan teknologi informasi atau digital yang begitu cepat membuat perawatan sepeda motor menjadi lebih mudah. Lewat sebuh aplikasi, pemilik motor bisa mengecek kerusakan, jadwal servis hingga bekomunikasi dengan diler.

Khusus untuk pengguna Yamaha, sebelum meminta tolong bantuan mekanik saat motornya bermasalah, pemilik kendaraan dapat memanfaatkan aplikasi My Yamaha Motor.

Menurut Chief Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah – DIY), Johannes BMS, ada beberapa pemeriksaan sederhana yang dapat dilakukan sebelum menghubungi bengkel resmi Yamaha, diantaranya mengecek fungsi main switch atau kunci kontak

"Periksa kunci kontak apakah dapat berfungsi dengan baik sebagai penyambung atau pemutus arus kelistrikan," kata Johannes.

1 dari 3 Halaman

Hal lain yang bisa dilakukan adalah memeriksa fungsi starter. Cek fungsi starter dengan menekan tombol starting. Jika motor sulit dinyalakan, atau tidak bisa menyala sama sekali berarti ada masalah.

"Berikut adalah penyebab sepeda motor sulit hidup yaitu kelistrikan, pengapian, bahan bakar dan kompresi," paparnya.

Selanjutnya bisa mengecek kondisi putaran mesin sepeda motor. Jika sepeda motor dapat menyala, panaskan sepeda motor selama 5 menit. Kemudian cek kondisi putaran mesin apakah normal seperti biasanya atau tidak.

"Jika putaran mesin dirasa tinggi, rendah, atau tersendat-sendat berarti ada masalah di sistem injeksinya. Biasanya kerusakan dapat terlihat pada indikator kerusakan (indikator warna oranye) pada speedometer, indikator tersebut akan berkedip atau menyala," jelasnya.

2 dari 3 Halaman

Komponen lain yang bisa diperiksa kembali adalah lampu penerangan dan sinyal. Perhatikan kondisi lampu penerangan, cek fungsi lampu dekat dan jauh. Fungsi sinyal juga penting untuk diperhatikan karena berkaitan dengan fitur keamanan dan keselamatan berkendara seperti lampu sein dan lampu rem harus dalam kondisi yang baik.

Jika sudah memeriksa hal-hal di atas, dokumentasikan hasil pemeriksaan tersebut melalui foto atau video. Setelah itu beritahukan kepada petugas diler resmi yang akan dihubungi nanti.

3 dari 3 Halaman

"Informasi pemeriksaan sederhana tersebut sangat membantu teknisi dalam penyelesaian problem lebih cepat, tepat, dan akurat," tutup Johannes.

Untuk menghubungi diler, gunakan aplikasi My Yamaha Motor, masuk pada menu informasi diler. Lalu hubungi bengkel resmi Yamaha terdekat untuk mendapatkan layanan Service Kunjung Yamaha (SKY).

Teknisi bisa datang ke tempat tinggal konsumen atau lokasi yang ditentukan untuk melakukan pengecekan.

BERI KOMENTAR