HOME » BERITA » CERITA GENGSI BUKA PINTU MOBIL, KELIHATAN SPEAKER ROCKFORD FOSGATE

Cerita Gengsi Buka Pintu Mobil, Kelihatan Speaker Rockford Fosgate

Mitsubishi telah memperkenalkan Xpander Cross Rockford Fosgate Black. Rockford Fosgate jadi gengsi tersendiri. Ibaratnya, manakala pintu dibuka dan speaker merek tersebut terlihat.

Jum'at, 30 Oktober 2020 14:15 Editor : Nazarudin Ray
Cerita Gengsi Buka Pintu Mobil, Kelihatan Speaker Rockford Fosgate
Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black (otosia/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Perkembangan audio mobil punya cerita sendiri-sendiri di tiap zamannya. Di era 1990-an, beberapa bagian ikonik seperti equlizer menarik mata manakala tampilannya terlihat dari kaca mobil yang bening.

Begitu pula dengan speaker. Yang bukan suaranya saja kaya akan bass tetapi cukup intimidatif karena ukurannya yang ekstra manakala pintu mobil dibuka dan memperlihatkan sosoknya. Di era itu pula, orang-orang akhirnya mulai lazim dengan istilah subwoofer di tengah makin riuh dan pesatnya dunia audio mobil.

1 dari 4 Halaman

Rockford Fosgate adalah salah satunya. Logonya terekam memori dari generasi ke generasi, dengan susunan kata utuh beraksen huruf serba tajam terutama huruf R dan F-nya.

Masuk dalam daftar set audio berkualitas membuat pemasangan Rockford Fosgate jadi gengsi tersendiri. Ibaratnya, manakala pintu dibuka dan speaker merek tersebut terlihat, maka akan mudah kalau si pemilik mobil dicap paham kualitas.

"Kalau kamu membayangkan lima brand (audio mobil) terbaik di dunia, Rockford Fosgate akan menjadi salah satunya. Sejak 1973, merek ini sudah identik dengan ampli, speaker, dan sub-sub yang luar biasa," kata Alex Meyer dari Gear4wheels.

2 dari 4 Halaman

Jim Fosgate yang meracik Rockford Fosgate mengungkapkan bahwa musik dan telinga manusia memiliki sifat audio yang berbeda. Karena tidak memiliki kurva sonik yang sama dengan musik, alhasil terciptalah produk-produk dan teknologi yang membawa nama ini akhirnya menempel pada mobil-mobil di berbagai era.

Terakhir, Mitsubishi bahkan untuk kali kedua menelurkan tipe spesial Rockford Fosgate yang kali ini berupa Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition.

"Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition dilengkapi dengan sistem audio premium Rockford Fosgate dengan penambahan amplifier dan subwoofer," ujar Guntur Harling, General Manager Product Strategy Division PT MMKSI.

3 dari 4 Halaman

Manakala penyuka audio coba memperhitungkan instalasi audio, keberadaan set audio Rockford Fosgate di Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition menjadi instan karena toh itu sudah disusun dengan perhitungan matang ala bawaan pabrik.

"Spesifikasi sistem audionya sebagai berikut, 7? Head Unit audio touchscreen; speakers (2x twitter, 4x woofer), Rockford Fosgate digital amplifier 5 Ch. 260W; Rockford Fosgate 10? subwoofer,? tambah Guntur Harling, General Manager Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

4 dari 4 Halaman

Head Unit audio touchscreen cukup tersambung via Bluetooth untuk memutar musik yang sama dari ponsel seperti di Xpander ini. Pada akhirnya turut melambangkan bagaimana hiburan audio di era sekarang.

Namun untuk memiliki mobil edisi spesial ini mesti berebut. Sebab, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) cuma membuat 500 unit di Indonesia.

BERI KOMENTAR