HOME » BERITA » CERITA GERILYA TRITON HINGGA KUASAI PASAR 82 PERSEN DI KALTIM

Cerita Gerilya Triton Hingga Kuasai Pasar 82 Persen di Kaltim

Aneh memang informasi penjualan Mitsubishi terkait penguasaan pasar Triton di Indonesia. Mobil ini jadi satu-satunya double cabin yang kuasai sampai 82 persen pasar di Kalimantan Timur. Padahal faktanya, Indonesia punya beragam pilihan double cabin.

Rabu, 19 Juni 2019 18:15 Editor : Ahmad Muzaki
Cerita Gerilya Triton Hingga Kuasai Pasar 82 Persen di Kaltim
Mitsubishi Triton (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Aneh memang informasi penjualan Mitsubishi terkait penguasaan pasar Triton di Indonesia. Mobil ini jadi satu-satunya double cabin yang kuasai sampai 82 persen pasar di Kalimantan Timur. Padahal faktanya, Indonesia punya beragam pilihan double cabin.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Informasi pun dikorek langsung dari Ilham Iranda S, Department Head of Sales & Dealer Management Region 3 PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Ia lantas bercerita bahwa ada cara-cara yang tidak umum yang diterapkan untuk Triton.

"Dimulai dari Strada. Dulu kan semua Ranger. Kami masuk 2004-2005, mulai perkenalkan. Bukan cuma launching, lalu jualan. Kami gerilya dari satu tambang ke tambang yang lain. Gila waktu itu," ujarnya.

1 dari 2 Halaman

Pendekatan yang dilakukan

Cerita Gerilya Triton Hingga Kuasai Pasar 82 Persen di KaltimPendekatan yang dilakukan

Pendekatan ini menurutnya diterapkan tanpa tanggung-tanggung. Di masa banyak produsen menawarkan dan menjual unit, Mitsubishi justru memberikan tes cuma-cuma kepada calon pembeli.

"Bukan cuma menawarkan, tapi tes langsung silakan dicoba kemampuannya bagaimana. Bukan bicara harga, tapi performa, durability-nya. Dites di trek yang luar biasa. Dulu itu tambangnya enggak rapih kayak sekarang. Apalagi mereka kalau mau buka lahan baru," ujarnya.

Satu yang tidak kalah ajaib adalah Mitsubishi berani bikin tempat servis di lokasi tambang. Ini jelas berbeda jika dibandingkan kebanyakan brand yang justru terpusat di kota.

"Kami punya networking yang luar biasa. Itu ujung-ujungnya aftersales. Jadi bukan cuma buka servis di kota-kota saja, tetapi juga di tambang mereka. Jadi mereka enggak perlu jauh-jauh. Mereka ini kan mobilnya kalau bisa 24 jam terus dipakai. Kalau dipakai 4 jam atau lebih cuma untuk servis ke kota, itu mereka rugi sekali. Ini yang kami perkuat."

Yang juga tidak umum diterapkan adalah mendidik para pengguna mobil double cabin. Sebab, bagaimanapun kendaraan 4x4 butuh penanganan khusus, apalagi dalam penggunaannya di lokasi tambang non-aspal, bahkan non-jalan.

"Kami juga adakan gathering dengan customer, lalu berdasarkan permintaan konsumen yang punya 20-30 unit kami adakan safety program. Jadi edukasi bagaimana mengendarai kendaraan 4x4 dengan aman dan benar. Free."

2 dari 2 Halaman

Fasilitas bodi dan cat

Cerita Gerilya Triton Hingga Kuasai Pasar 82 Persen di KaltimFasilitas bodi dan cat

Sementara itu untuk mempertahankan dan memperkuat penguasaan pasar di area Kalimantan Timur, MMKSI meresmikan fasilitas perbaikan dan pengecatan di dealer resmi Mitsubishi Mandau Berlian Sejati Balikpapan, Selasa (18/6).

Mitsubishi Bodi & Cat Mandau Berlian Sejati Balikpapan merupakan fasilitas perbaikan dan pengecatan kendaraan dengan standar Mitsubishi pertama di wilayah Kalimantan Timur, dan yang ke-13 di Indonesia.

Mitsubishi Bodi & Cat Mandau Berlian Sejati memiliki fasilitas dengan kelengkapan peralatan dan teknologi terbaru berstandar Mitsubishi yang didukung dengan jaminan suku cadang asli dan material cat premium yang melayani perbaikan dengan kondisi kerusakan ringan hingga sedang dan juga pengecatan terhadap bodi kendaraan.

Kota Balikpapan yang identik dengan industri minyak, gas, dan perkebunan kelapa sawit, memiliki potensi yang cukup besar dengan jumlah populasi kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors yang cukup baik.

Pada periode Januari ?? April 2019, model Pajero Sport mencapai pangsa pasar 64,6 persen. Capaian tersebut mengukuhkan posisi middle SUV Mitsubishi ini sebagai pemimpin pasar di wilayah Balikpapan.

Model Triton 4x4 juga berhasil mendominasi pasar di wilayah Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan dengan pangsa pasar sebesar lebih dari 80 persen.

??Dengan hasil capaian tersebut diharapkan fasilitas Mitsubishi Bodi & Cat Mandau Berlian Sejati Balikpapan dapat menyediakan layanan sesuai dengan kebutuhan konsumen Mitsubishi akan layanan purna jual di wilayah Balikpapan dan Kalimantan Timur,? tukas Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI.

BERI KOMENTAR