HOME » BERITA » PETUALANGAN GOWIL, WONDER WOMAN DI BALIK KEMUDI MITSUBISHI XPANDER

Petualangan GoWil, Wonder Woman di Balik Kemudi Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander adalah low MPV pilihan favorit keluarga. Dengan badannya yang besar, mobil ini sangat pas untuk mendukung beragam kebutuhan, termasuk mencari uang tambahan.

Kamis, 18 November 2021 19:45 Editor : Nurrohman Sidiq
Petualangan GoWil, Wonder Woman di Balik Kemudi Mitsubishi Xpander
Hikmah Wilda Amalia, founder GoWil (Otosia.com/Nurrohman Sidiq)

OTOSIA.COM - Mitsubishi Xpander adalah mobil keluarga, tapi lebih dari biasa. Mobil ini berhasil meredefinisi konsep lama, untuk menghasilkan low MPV baru yang tidak hanya value for money, tapi juga gagah, bertenaga tanpa menganaktirikan kenikmatan berkendara.

Pantas bila Mitsubishi Xpander banyak dipakai sebagai daily car atau rumah kedua bagi sebuah keluarga ketika bepergian.

Hikmah Wilda Amalia pun tidak menafikan hal itu. Wonder woman ini merupakan founder GoWil, provider jasa travel dan kurir logistik di Kota Malang, sekaligus seorang karyawan swasta sebuah perusahaan besar nasional.

Baginya, memiliki Xpander bisa triple untung: nyaman buat keluarga, enak dibawa kerja, sekaligus mesin pencari pendapatan tambahan.

Hikmah Wilda Amalia, founder GoWil (Otosia.com/Nurrohman Sidiq)

Sebelum pandemi Corona (COVID-19) menyerang, Wilda rutin mengendarai Xpander pemberian ayahnya itu untuk keperluan keluarga dan ke kantor. Semua itu kemudian berubah kala kehidupan new normal tiba.

Sejak kantornya menerapkan Work From Home (WFH) bulan Maret 2020, mobil yang baru ia pegang Agustus 2019 itu lebih banyak menganggur di garasi. Resah, mobil tidak banyak dikendarai, sedangkan pandemi memaksa orang cepat bertransformasi menjemput rezeki.

Ia pun menemukan ide untuk meneruskan sambilannya sebagai kurir. Perlu diketahui Wilda pernah bermitra dengan Gojek tahun 2017 silam.

Kala itu banyak teman-teman kantor yang memesan makan kepadanya hingga terciptalah panggilan Gojek Wilda atau Go Wilda, dan terakhir menjadi Go Wil. Akhirnya, muncullah GoWil yang ia gunakan sebagai branding selama ini.

GoWil kemudian resmi berdiri bulan Agustus 2020 lalu akibat keresahan itu. Ya, keresahan yang justru menjadi ladang cuan bermodalkan mobil kesayangan.

"(GoWil) Konsepnya menawarkan ke beberapa orang yang memang sudah aku kenal, bukan orang asing untuk menjaga keamanan-kesehatan sih ya sebetulnya. Jadi kalau untuk penumpang cuma mau menerima orang-orang yang kenal saja. Kalau untuk antar barang, biasanya seperti furnitur, makanan atau hampers. Oh ya tarifnya flat," ujar Wilda.

Bak gayung bersambut, pekerjaan sambilannya itu malah mendukung hobi kulineran. Sembari jalan mengantar orderan, Wilda sering juga mampir icip-icip makanan lezat sekitar lokasi tujuan.

1 dari 7 Halaman

Testimoni Penumpang

Wilda dengan mobilnya (Otosia.com/Nurrohman Sidiq)

Di sela-sela waktu sengganggnya setelah sibuk dengan dunia perkantoran, Wilda menyempatkan diri mempromosikan jasanya lewat WhatsApp dan Instagram @gowil_kurirmalang.

Bisnis yang ia rintis pun membuahkan hasil, perlahan orderan berdatangan. Bukan main, angkutan orang dan barang semua bisa diangkut dengan Xpander!

Keunggulan mobil ini terasa pada suspensinya yang sangat stabil untuk mengangkut penumpang. Wanita karir ini mengaku, penumpang yang pernah ia antar selalu merasa lega naik mobilnya.

"Waktu itu pulang dari Bromo, waktu ada acara Jazz Gunung, Mbak Ule (penumpang) waktu itu kan sama aku, itu aku pake SUV. Itu (Mbak Ule) duduk di belakang. Mbak Ule bilang ngerasa banget guncangannya. Keras (suspensinya). Nah, pas ke Pacet, Mojokerto, sama Mbak Ule juga. Kali ini pakai Xpander. Dia juga duduk di belakang, beneran enggak komplain sama sekali. Penumpang bener-bener bisa ngerasain perbedaan nyamannya Xpander," cerita Wilda.

Ia menambahkan, titik nyaman Xpander tidak hanya terletak dari sensasi menyetirnya, tapi merata hingga ke baris penumpang paling belakang.

"Beberapa orang bahkan meski duduk di bangku paling belakang, meski sempit-sempitan tetap aja nyaman, enggak ada guncangan sampai yang terlalu kuat. Melewati lubang itu rasanya halus gitu," timpalnya lagi.

Pun mobil andalan pabrikan tiga berlian ini sudah pernah dikendarai Wilda ke luar kota tanpa ada keluhan, seperti ke Mojokerto, Surabaya, Trenggalek, Yogyakarta dan Semarang. Bahkan rencananya ia ingin road trip antara ke Jakarta, Yogyakarta lagi atau mungkin Bali.

Secara teori, dukungan kenyamanan itu disebabkan oleh penggunaan peredam kejut MacPherson Strut depan dan Torsion Beam di belakang yang sudah diapalikasikan dengan shock absorber valve. Apalagi di sisi belakang, konstruksinya lebih komplek dengan reinforcement tambahan, forged large spindle dan trailing.

Makanya, suspensinya sangat responsif dan berkontribusi pada stabilitas saat melaju.

2 dari 7 Halaman

Leluasa Angkut Barang

Wilda menunjukkan seberapa lapang bagasi mobilnya (Otosia.com/Nurrohman Sidiq)

Urusan membawa barang-barang berat atau berukuran panjang dan besar, Xpander tetap mumpuni. Inilah keunggulan berikutnya. Membawa banyak barang nyaris tidak punya masalah, karena bangku belakangnya bisa dilipat rata. Kapasitas angkutnya otomatis meningkat mencapai 1.630 liter.

"Kamu tahu barang yang paling wah pernah aku bawa dengan Xpander? Motor Mio tahun 2004. Itu masuk mobil. Itu pun masih ada space. Untuk diisi barang lagi masih bisa sebetulnya. Itu joknya enggak perlu dicopot, dilipat aja cukup," tambahnya.

Motor di dalam bagasi Xpander Wilda (Wilda)

Bahkan kalau barang yang diantar mudah hancur, jasa kurir dengan Xpander ini malah lebih diminati karena dirasa lebih aman.

"Kustumorku pernah order pake mobil karena bawa tiga puding besar. Dia ngerasa lebih aman dan enggak hancur katanya," sambungnya melalui pesan elektronik.

Potret GoWil mengangkut puding dengan Xpander (Wilda)

Idul Fitri tahun lalu menjadi momen ketika ia kebanjiran orderan. Dalam sehari ia bahkan bisa ke 35 lokasi tujuan, berselancar mulai pagi sampai malam, untuk mengirim hampers lebaran. Lagi-lagi Xpander bisa jadi andalan.

3 dari 7 Halaman

Perawatan dan Efisiensi

Mobil Xpander Wilda (Otosia.com/Nurrohman Sidiq)

Mitsubishi Xpander kepunyaan Wilda merupakan tipe Ultimate buatan tahun 2019 serta sudah jalan sejauh 32.000 Km. Selama dipakai usaha dan keperluan sehari-hari, Wilda mengaku tidak pernah mengalami masalah sama sekali, karena rajin servis ke dealer resmi Mitsubishi.

"Tidak pernah (bermasalah) sama sekali. Bahkan gratis servis rutinnya sudah habis, belum pernah bermasalah," terangnya menegaskan.

Ditanya berapa budget yang pernah dikeluarkan untuk maintenance, ia menjawab paling mahal hanya Rp 500 ribuan saja. Apalagi ia belum pernah sampai ganti part karena kerusakan serius seperti lini kaki-kaki.

"Kalau sampai ganti (part) itu belum pernah. Paling cuma spooringbalancing," imbuhnya.

Ini bukan mobil pertamanya, ia pernah menggunakan LCGC, Crossover, dan Low SUV hingga terakhir hatinya berlabuh pada Xpander. Soal konsumsi bahan bakar, di luar LCGC, Xpander menurutnya terbilang paling irit, sehingga optimum menekan biaya operasional.

"Aku enggak tahu ya standar irit itu berapa. Tapi untuk kota-kota, kalau dibandingkan mobil sebelumnya, itu jauh lebih irit sih. Pengeluaranku untuk beberapa kali isi bensin itu enggak sebanyak dua mobil sebelumnya. Aku kalau kota-kota, mentok (konsumsi bahan bakarnya) 1:14. Kalau di tol biasanya 1:17 atau 1:18. Kalau pakai Crossover atau Low SUV sebelumnya mentok di 1:11, kalau tol 1:15," balas Wilda.

Rupanya kepuasan memakai Xpander menular ke orang tua Wilda yang awalnya membelikan mobil itu untuk anaknya. Ayah Wilda yang memang penggemar Mitsubishi dan pernah membeli Eclipse Cross, justru beli Xpander baru lagi berwarna hitam.

"Bapakku sekarang beli Xpander baru kan. Jadi Mitsubishi Eclipse-nya kemarin dijual buat modal, eh malah beli Xpander lagi. Ya karena ngerasain enaknya Xpander itu. Dan klo beli Xpander kan ada kembaliannya," terangnya.

 

4 dari 7 Halaman

Mobil Mewah Sayang Buat Kerja?

Mitsubishi Xpander kepunyaan Wilda (Otosia.com/Nurrohman Sidiq)

Mitsubishi Xpander kerap diidentikkan dengan mobil mewah dan banyak untuk kepentingan pribadi. Terlebih lagi, usianya masih tergolong muda.

Ketika Wilda menggunakannya untuk kendaraan angkut, tentu banyak orang yang bertanya-tanya. Hal itu benar diamini oleh Wilda sendiri.

"Aku pernah angkut furnitur di Singosari, Kabupaten Malang. Aku datang, aku bilang mau ambil barang. Mau angkut kiriman. Terus satpamnya kan yang bantuin bawa barangnya, karena kan berat tuh lemari lipat. Bapaknya tanya, ini beneran Mbak Xpander buat angkut-angkut? Sayang banget," kisahnya sembari membuka-buka buku servis mobilnya yang sudah terisi penuh.

Xpander Wilda sedang mengangkut lemari lipat yang panjang (Wilda)

Meski begitu, tidak ada rasa gengsi atau apa pun. Baginya mencari cuan dan memanfaatkan mobil sebaik mungkin adalah keputusan paling bijak.

"Ya aku sih enggak papa yang penting dapat duit. Pernah juga mau nganter makanan atau hampers gitu. Orang-orang bilang, serius nih bawa mobil gini buat kirim-kirim barang," jawabnya.

Potret GoWil angkut kiriman makanan (Wilda)

5 dari 7 Halaman

Fitur Paling Menyenangkan

Wilda sedang menyetir Xpander (Otosia.com/Nurrohman Sidiq)

Bagi seorang wanita yang suka nyetir sendiri dan memiliki pekerjaan sambilan sebagai kurir, Wilda mencintai Xpander bukan cuma karena nyamannya. Ada satu fitur yang baginya sangat berguna, khususnya ketika berpetualang ke luar kota.

"Sejujurnya aku semakin seneng pakai Xpander karena ada fitur Cruise Control. Misalkan aku lagi ingin ke Yogya gitu, perjalanan lewat tol itu sangat membantu. Kaki enggak capek sama sekali. Jadi nyetir segitu lama dan jauhnya enggak capek," urainya.

Di samping itu, fitur melimpah lainnya turut menjadi pertimbangan. Mitsubishi sudah menanamkan fitur keselamatan standar paling mumpuni di kelasnya, mulai dari sistem pengereman ABS-EBD, dual SRS airbags di bagian depan, dan seatbelt 7 titik.

Lalu ada juga Active Stability Control (ASC) dengan Traction Control Logic (TSC), Brake Assist (BA) dan Hill Start Assist (HAS) guna membantu pengemudi ketika berhenti di tanjakan.

Saat ini, ia dan ayahnya menjadi pengguna setia Xpander dan merasa belum ingin ganti mobil dengan merek lain. Namun, Wilda menambahkan, ayahnya ternyata sudah kepincut duluan dengan New Xpander yang baru saja diluncurkan.

"Kemarin kan aku ngobrol kalau ada Xpander baru, eh Bapak sudah tahu duluan. Bapak malah udah nonton video-videonya di YouTube dan berencana menjual yang lama itu dengan Xpander baru," tuturnya sambil ketawa.

6 dari 7 Halaman

New Mitsubishi Xpander

New Mitsubishi Xpander (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Keinginan untuk upgrade itu memang masuk akal. Soalnya, New Xpander memang banyak godaannya. 

Seperti diketahui, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) baru saja meluncurkan New Xpander secara virtual, Senin (8/11/2022).

Saat ini New Xpander tengah melantai di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang sudah dibuka mulai tanggal 11 November lalu.

Mengusung tagline "Be The Life Xpander", New Xpander mengalami berbagai penyempurnaan menjadi 'New Generation Crossover MPV'. Kesannya kini lebih mewah dengan bodi tangguh sekaligus modern.

Naoya Nakamura, President Director MMKSI menuturkan, "Dengan segala keunggulan fitur di sisi interior dan eksterior yang semakin luxurious, performa dan sistem keselamatan yang semakin baik, kami memperkenalkan New Xpander sebagai generasi terbaru, yang akan menjadi partner Anda, para konsumen kami di Indonesia dalam menjalani petualangan hidup."

Perubahan paling mencolok terlihat dari eksterior berupa New Front Bumper Design, New T-Shape Headlight with LED2, New Rear Design, New T-Shape LED Tail Light, Side Sill Garnish, Electric Switch Tail Gate Door Handle, dan New 17 Inch Two Tone Alloy Wheel. Meski begitu, grand design-nya masih membawa konsep Dynamic Shield.

Sektor dalam kabin makin dipercantik yang menonjolkan nuansa mewah dan nyaman dengan memasang New Horizontal Axis Design Dashboard with soft touch, New Interior Color & Accent, New Digital AC Panel4, New 8 inch Touchscreen Audio with Smartphone Linked Display Audio (SDA), New Design Meter Cluster with Opening Animation, New Design Steering Wheel with Audio Steering & Hands Free Switch, dan New Rear AC Garnish.

Pembaruan lain mencakup New Instrument Panel & Door Trim with Soft Pad, New 3-Dimension Seat Design, New Console Tray & Card Holder, New Rear Armrest with Cup Holder, New Floor Console with Armrest, New Rear USB Port on Front Console, KOS dan Start Stop Button, serta Cruise Control.

Yang menarik dari Xpander baru adalah hadirnya transmisi CVT. Performa CVT New Xpander memberikan keseimbangan terbaik antara akselerasi yang maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan, efisiensi bahan bakar, kerapatan, serta perpindahan yang mulus

Transmisi CVT dipadukan dengan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro4, yang menghasilkan output maksimum: 105 PS pada 6,000 RPM, torsi 141 N.m pada 4,000 RPM.

Mitsubishi juga meningkatkan kualitas suspensi dan shock absorber dengan tuning terbaru, sehingga menghasilkan pengendalian dan stabilitas yang lebih nyaman untuk pengendaraan yang lebih stabil di jalan yang kasar.

Belum cukup sampai di situ, New Xpander dibekali sistem keselamatan kelas wahid layaknya mobil-mobil premoum, seperti Dual SRS Airbags, struktur RISE body, Seatbelt dengan ELR 3 titik dan ISO-FIX child seating fixing bar, New Speed Sensitive Automatic Door Lock, New Electric Parking Brake with Brake Auto Hold, ASC, ABS-EBD dengan BA, ESS, Hill Start Assist, ASC, BA dan HSA, mulai dari varian GLS hingga Ultimate CVT.

Setiap pengembangan dan penyegaran yang ditanamkan pada New Xpander, melengkapi segala keunggulan yang telah disematkan pada model sebelumnya.

 

7 dari 7 Halaman

Promo Menarik

Booth Mitsubishi di GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra)

Di tengah ajang bergengsi GIIAS 2021, MMKSI turut menghadirkan promo menarik untuk para pembeli.

Adam Rahman, Deputy Group Head Aftersales Strategy PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyebut bahwa secara total terdapat 5-6 hal gratis yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan.

"Jadi setiap pembelian New Xpander dan New Xpander Cross, pembeli akan mendapatkan SMART Package, yakni gratis biaya jasa dan gratis dan spare part 50.000 km atau 4 tahun," ujarnya.

Lebih dari itu, masih ada asuransi ban satu tahun dan asuransi kecelakaan selama satu tahun.

"Jadi selama 4 tahun atau 50.000 km, konsumen tinggal isi bensin tanpa dibebankan biaya perawatan atau spare part," tekannya.

Gratisan lain yang tidak kalah menggoda ialah garansi 3 tahun atau 100.000 Km sekalian dengan free kaca film Konica Minolta.

BERI KOMENTAR