HOME » BERITA » CERITA KAKEK YANG BAGIKAN BERAS DAN UANG TUNAI PAKAI MOBIL SPORT DI TENGAH COVID-19

Cerita Kakek yang Bagikan Beras dan Uang Tunai Pakai Mobil Sport di Tengah Covid-19

Dalam aksi sosialnya, Habib Hasan Mulachela selalu mengendarai mobil sport Honda CR-Z Hybrid berwarna kuning

Senin, 06 April 2020 15:15 Editor : Ahmad Muzaki
Cerita Kakek yang Bagikan Beras dan Uang Tunai Pakai Mobil Sport di Tengah Covid-19
Habib Hasan Mulachela Bagikan Bantuan. ©2020 Merdeka.com

OTOSIA.COM - Di tengah Corona Covid-19, banyak masyarakat yang beri bantuan ke sesama atau tenaga medis yang bertugas. Seperti pria tua Habib Hasan Mulachela asal Solo yang bagikan beras dan uang tunai.

Lelaki ini kembali melakukan aksi serupa dengan membagikan beras dan uang kepada warga tak mampu di Solo, Minggu 5 Maret 2020. Aksi peduli itu digelar saat warga kesulitan ekonomi di tengah merebaknya wabah Virus Corona.

Melansir Merdeka.com, dalam aksi sosialnya, Habib Hasan Mulachela selalu mengendarai mobil sport Honda CR-Z Hybrid berwarna kuning. Meskipun sudah berusia, kakek ini masih tetap semangat naik mobil sendiri dengan berkeliling untuk melakukan aksi sosial. Kegiatan itu telah dilakukannya secara berturut-turut selama sepekan terakhir.

"Ini kegiatan selama pandemi corona di Solo. Ini hari yang ketujuh saya membagikan bantuan kepada warga yang tidak mampu. Saya merasa ini adalah sodaqoh saya, " katanya, Minggu (5/4).

1 dari 4 Halaman

Untuk mengangkut tumpukan beras yang akan dibagikan, pria tersebut menatanya di bagasi mobil sport miliknya. Karena bagasi mobil Honda CR-Z terlalu sempit, ia pun membawa bala bantuan Toyota Fortuner untuk ikut membawa beras tadi.

Dua mobil itu berjalan saling beriringan untuk membawa beras seberat 500 kilogram. Beras dibagikan untuk masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

2 dari 4 Halaman

Menurut Hasan, membagikan bantuan beras dan uang tunai ke masyarakat dengan turun langsung akan mengetahui kondisi. Baginya, kegiatan sosial yang dilakukan pada saat ini merupakan momen yang tepat untuk berbagi.

"Ini kegiatan yang saya lakukan pada masa pandemi. Meski saya sudah terengah-engah, karena kondisi saya, tapi alhamdullilah saya masih bersemangat untuk menyampaikan amanat harta yang saya miliki," terangnya.

3 dari 4 Halaman

Hasan mengaku bagi-bagi beras secara gratis dan uang tunai itu dilakukannya setiap hari. Setiap orang akan menerima dua bungkus beras seberat 5 kilogram dan uang tunai sebesar Rp 100 ribu per orang.

"Setiap hari saya membagi beras 500 kilogram dan uang Rp10 juta. Jadi jumlah itu saya sebar untuk 100 orang," sebutnya.

Hasan mengatakan kegiatan bagi-bagi beras dan uang ini dilakukan di sekitar kediamannya di kawasan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo. Namun seiring dengan berjalannya waktu, aksi sosial itu melebar hingga menyasar warga tak mampu yang tinggal di kelurahan lain di Kecamatan Pasar Kliwon, Solo.

4 dari 4 Halaman

Seperti aksinya yang ia lakukan di Kelurahan Joyosuran kemarin, Minggu, 5 April 2020.

"Saya sebar sementara ini di lingkungan saya seperti para penarik becak, anak yatim piatu, janda dan warga tidak mampu. Terus kemarin-kemarin udah di Kelurahan Pasar Kliwon, Kelurahan Pasar Semanggi. Besok, rencananya di timur tanggul, Sampangan," ucapnya.

Dengan aksi tersebut, ia pun berharap rekan-rekannya serta masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi lebih untuk tergugah melakukan aksi serupa dengan membantu warga tak mampu di sekitar lingkungan tempat tinggalnya. Apalagi adanya wabah virus corona menyebabkan kondisi masyarakat yang kurang mampu kian kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Kalau warga yang tidak mampu itu didatangi. Mereka itu seolah mempunyai harapan dan senang karena ada yang memperhatikannya. Ayo orang yang minimal kemampuan hartanya seperti saya atau bahkan yang lebih banyak lagi harus bisa membantu warga yang tidak mampu," harapnya.

BERI KOMENTAR