HOME » BERITA » CERITA PASANGAN YANG DUA HARI TERJEBAK DALAM MOBIL DI AREA BERSALJU, GARA-GARA NAVIGASI

Cerita Pasangan yang Dua Hari Terjebak Dalam Mobil di Area Bersalju, Gara-Gara Navigasi

Insiden terjebak di lokasi yang tak terprediksi akibat terlalu percaya kepada navigasi sering terjadi. Kali ini, pasangan yang terjebak di area bersalju hingga dua hari usai mengikuti navigasi terkomputerisasi di dalam mobil.

Senin, 07 Desember 2020 20:15 Editor : Dini Arining Tyas
Cerita Pasangan yang Dua Hari Terjebak Dalam Mobil di Area Bersalju, Gara-Gara Navigasi
Terjebak di salju (skamaniasheriff.com)

OTOSIA.COM - Keberadaan peta yang bisa diakses melalui samrtphone ataupun fitur yang tersedia langsung di dalam mobil memang sangat membantu. Tapi bukan berarti sepenuhnya bisa dipercaya.

Pasalnya masih ada error yang mungkin terjadi pada teknologi buatan manusia itu. Seperti yang dialami oleh pasangan, Heidi Tran dan Angy Nguyen, di Amerika Serikat.

Menurut Kantor Seheriff Skamania County, keduanya menerima laporan pasangan tersebut hilang pada 1 Desember 2020 sekitar pukul 10.40 waktu setempat. Pasangan itu dilaporkan hilang ke Lake City.

1 dari 4 Halaman

Penyebab

Sebelumnya, Tran dan Nguyen melakukan perjalanan darat menggunakan SUV Toyota RAV4 2020 sewaan. Mereka pergi dari daerah Seattle menuju Glenwood, Washington, pada Minggu pagi. Tapi keduanya tak pernah sampai di tujuan.

Keluarganya pun tak bisa menghubungi mereka. Karena khawatir, keluarga pun melaporkan mereka sebagai orang hilang.

Koordinator SAR dari kantor kepolisian Skamania pun mulai menentukan rute perjalanan yang mereka lalui untuk memulai pencarian. Tapi masih mendapatkan hasil nihil, ketika seharian tim mencari menggunakan metode pelacakan handphone dan pemeriksaan rute lain melalui komputer.

Kemudian tim meminta bantuan dari kepolisian Klickitat untuk mencari menggunakan pesawat kecil. Mereka lantas memeriksa area bersalju, di 23 Road, utara Danau Trout, Washington. 

Pukul 17.03 waktu setempat, mobil pasangan itu telrihat di milepost 32 di 23 Road tekat Danau Takhlakh, Skamania County. Dua tim SAR menghampiri mereka menggunakan UTV.

2 dari 4 Halaman

Saat ditemukan, Tran dan Nguyen daam kondisi  cukup baik, mereka tidak membutuhkan perawatan medis dan tidak terluka. Setelah diselidiki, rupanya mereka mengikuit petunjuk yang ditampilkan melalui navigasi mobil.

Sehingga mereka jsutru menuju USFS 23 Road dari Highway 12. Alhasil, mobil mereka terjebak di jalan bersalju tebal pada Minggu sore. Ditambah lagi, SUV mereka tertutupi salju setebal 18 inci atau 45,72 centimeter yang turun pada malam harinya. Sehingga semakin menyulitkan mereka untuk keluar dari tempat tersebut.

"Tolong jangan sepenuhnya mengikuti navigasi terkomputerisasi. Jika bepergian di jalanan hutan atau area yang tidak terawat selama musim dingin, mohon untuk memeprtimbangkan mengubah rute Anda," begitu kata Skamania County Sheriff seperti dikutip dari laman resmi mereka.

Hal seperti ini juga bisa terjadi di kawasan Indonesia. Pesan agar tidak sepenuhnya percaya dengan navigasi itu ada benarnya, sebab mengingat insiden serupa kerap terjadi di Indonesia.

 

3 dari 4 Halaman

Pengendara Yamaha NMax Tersesat saat Menuju B29

Bukan sekali atau hanya dua kali kasus tersesat akibat mengikuti peta. Bahkan beberapa pengendara sepeda motor pernah tersesat sampai masuk tol.

Pengalaman tersesat akibat google maps ini juga dialami oleh pemilik akun Facebook Okky Kissendy. Dia pun membagikan pengalamannya itu ke grup BEKAKAS, kemarin, Rabu (13/8/2020).

"Mbah disini ada yang pernah ngalamin serti gejil?

Korban Dibohongi sama google maps." tulisnya.

 

4 dari 4 Halaman

Cerita Pasangan yang Dua Hari Terjebak Dalam Mobil di Area Bersalju, Gara-Gara Navigasi

Pengalaman tersesat saat menuju puncak B29 itu ternyata tak hanya dialami oleh Okky. Menurut tukang ojek yang dia temui sesampainya di puncak B29, bahkan ada yang pernah terjerumus ke jurang.

"Saat sampai lokasi (puncak B29) ngobrol2 sama tukang ojek disana ternyata memang banyak yg nyasar, bahkan pernah ada yg jatuh kejurang, makanya disana banyak ojeg untuk mandu sampai puncak harga dari 100 - 150 rb," paparnya.

BERI KOMENTAR