HOME » BERITA » CERITA PERJALANAN VOLKSWAGEN BEETLE YANG MELEGENDA, HAMPIR TUTUP USIA (BAGIAN 1)

Cerita Perjalanan Volkswagen Beetle yang Melegenda, Hampir Tutup Usia (Bagian 1)

Volswagen Beetle semakin mendekati akhir hayatnya. Mobil ikonik VW ini bakal disuntik mati dan ditandai dengan adanya Beetle Final Edition.

Rabu, 17 Juli 2019 12:15 Editor : Dini Arining Tyas
Cerita Perjalanan Volkswagen Beetle yang Melegenda, Hampir Tutup Usia (Bagian 1)
Volkswagen Beetle (Autocar India)

OTOSIA.COM - Bentuknya yang unik, membuat Volkswagen Beetle mudah untuk dikenali. Mobil pabrikan Jerman itu pun menjadi mobil legendaris yang ikonik.

Jika ditelusuri kembali, Beetle sudah menjelajah pasar otomotif dunia selama 81 tahun. Bermula menjadi mobil rakyat di Jerman, lalu mobil kesayangan di Amerika, terkenal di Amerika Latin, hingga negara-negara lain termasuk Indonesia.

Lalu, begini cerita perjalanan Beetle dari masa ke masa, yang dilansir dari Autocar India.

1 dari 10 Halaman

Visi Porsche

Cerita Perjalanan Volkswagen Beetle yang Melegenda, Hampir Tutup Usia (Bagian 1)Visi Porsche

Insinyur Ferdinand Porsche sering dikaitkan dengan sejarah Beetle. Lalu Adolf Hitler meminta Porsche agar mendesainnya, dan memberikan sarananya.

Singkatnya, Beetle dulu memiliki berat 650 kg dengan konfigurasi kurs 4-penumpang. Beetle pertama dibekali mesin 1.0L yang bertenaga 26 hp dan menghasilkan kecepatan 100 kpj.

2 dari 10 Halaman

Tipe 60 (1938)

Cerita Perjalanan Volkswagen Beetle yang Melegenda, Hampir Tutup Usia (Bagian 1)Tipe 60 (1938)

Pabrikan Jerman itu awalnya mempertimbangkan produksi Volkswagen ke produsen yang lebih besar, tetapi akhirnya memutuskan untuk membuatnya sendiri. Pengujian dimulai pada tahun 1936 dan Porsche membuat prototipe pra-produksi pertama tahun 1938. Mobil ini dijuluki Tipe 60 secara internal.

3 dari 10 Halaman

Perang Dunia II

Cerita Perjalanan Volkswagen Beetle yang Melegenda, Hampir Tutup Usia (Bagian 1)Perang Dunia II

Volkswagen membuat 210 unit contoh Beetle sebelum Perang Dunia selesai. Selama perang, desain milik Porsche itu dinaikkan ground clearance-nya, Beetle ditambahi penggerak empat roda, dan dilengkapi dengan mesin yang lebih kuat. Saat itu, pabrikan menyiapkannya untuk kendaraan militer. Maka itu, sasisnya menggunakan Kubelwagen dan Schwimmwagenamfibi, yang keduanya digunakan untuk bertarung di Eropa dan Afrika.

4 dari 10 Halaman

Hampir Menggantikan 2CV (1940)

Cerita Perjalanan Volkswagen Beetle yang Melegenda, Hampir Tutup Usia (Bagian 1)Hampir Menggantikan 2CV (1940)

Pada Juli 1940, pejabat Jerman yang menduduki Prancis memeriksa Citroen 2CV prototipe yang sedang dirakit. Mereka meminta Citroen menyerahkan tiga mobil untuk ditunjukkan kepada Hitler. Lalu menawarkan mengirimkan mobil versi rakyat baru. Tak ada catatan tentang nama Beetle, hanya ada Jerman yang mengajukan diri untuk mengirim pembuat mobil, Ferdinand Porsche ke Prancis untuk menjaawab pertanyaan tentang hal itu.

Citroen tidak tertarik untuk membuat Beetle. Sampai Jerman menawarkan sebanyak enam kali, tetap ditolak. Pada kunjungan terakhir, Citroen meminta pekerjanya untuk menutupi mobilnya dengan terpal. Catatan kunjungan tentara sebagaian menjelaskanmengapa Citroen diam-diam mendesain ulang 2CV selama perang.

5 dari 10 Halaman

Post War

Cerita Perjalanan Volkswagen Beetle yang Melegenda, Hampir Tutup Usia (Bagian 1)Post War

Pabrik Wolfsburg dibom berkali-kali oleh sekutu hingga pekerja hanya bisa membuat mobil saat cuaca cerah, karena atap yang hancur. Tapi para pekerja berhasil membuat beberapa Beetle dengan tangan sambil melangkahi puing-puing dan menghindari batu bata yang berjatuhan.

Pada masa pascaperang, pabrik adalah satu-satunya sumber pekerjaan di daerah itu. Hingga akhirnya pabrik jatuh ke zona Inggris jerman. Militer Inggris membuka bengkel di dalamnya untuk membuat karyawan sibuk sambil meenemukan solusi masalah Wolfsburg.

6 dari 10 Halaman

Paling Tak Diinginkan di Dunia

Cerita Perjalanan Volkswagen Beetle yang Melegenda, Hampir Tutup Usia (Bagian 1)Paling Tak Diinginkan di Dunia

Pada Maret 1948, delegasi temasuk Henry Ford II mengunjungi Cologne, Jerman untuk bernegosiasi potensi pengambilalihan. Inggris saat itu siap untuk memberikan pabrik Volkswagen kepada Ford secara cuma-cuma. Tapi Ketua Firma, Ernest breech menyarankan Ford untuk menolak tawaran itu.

7 dari 10 Halaman

Masa Pemulihan

Cerita Perjalanan Volkswagen Beetle yang Melegenda, Hampir Tutup Usia (Bagian 1)Masa Pemulihan

Dengan tidak adanya orang Amerika, Inggris kemudian memberikan kontrol atas pabrik Wolfsburg ke negara Jerman danmenempatkan eksekutif General Motors Heinz Nordhoff. Dengan cepat, mereka membuktikan kepada orang-orang yang skeptis sebelumnya.

Volkswagen membaut 10.200 contoh Beetle pada tahun 1046. Pada Oktober 1948, pabrik bisa membuat mobil setiap 3,5 menit. Sebuah irama yang akhirnya bsia menghasilkan 2.154 unit setiap bulan. Pabrik kemudian harus memenuhi permintaan 15.000 unit untuk Jerman dan 7.000 unit untuk luar negeri.

8 dari 10 Halaman

Beetle Amerika Pertama (1949)

Cerita Perjalanan Volkswagen Beetle yang Melegenda, Hampir Tutup Usia (Bagian 1)Beetle Amerika Pertama (1949)

Pada tahun 1949, Beetle hadir dengan mesin 1.1L berpendingin udara flat-four dengan tenaga 30 hp. Kala itu, Beetle dihargai USD 1.280 atau USD 13.000 saat ini yang setara dengan Rp 181,2 jutaan (Kurs USD 1 = Rp 13.940). Volkswagen hanya menjual dua unit contoh di Amerika selama 1949. Tapi kemudian, penjualan menjadi 270 unit pada tahun 1950.

9 dari 10 Halaman

Beetle Converted (1949)

Cerita Perjalanan Volkswagen Beetle yang Melegenda, Hampir Tutup Usia (Bagian 1)Beetle Converted (1949)

Beetle menjadi impian para builder. Karmann membuat Beetle convertible pertama pada 1949 dan perusahaan lain secara cepat membuat versi yang tak kalah unik. Salah satunya adalah Dannenhauer & Stauss of Stuttgart, Jerman yang meningkatkan mesin Beetle. Mesin itu dikerjakan oleh Oettinger dan mendapat tambahan tenaga 40 hp.

10 dari 10 Halaman

Beetle 1950-an

Cerita Perjalanan Volkswagen Beetle yang Melegenda, Hampir Tutup Usia (Bagian 1)Beetle 1950-an

Penjualan Beetle meroket selama tahun 1950-an. Ekspor Volkswagen terus meningkat ke seluruh negara. Meskipun desain bodinya sama, VW membuat beberapa ubahan kecil seperti mengganti pemisah jendela belakang dengan unit tunggal berbentu oval pada 1953 dan mengganti mesin yang lebih bertenaga setahun kemudian. Pada Juli 1953, Volkswagen menghasilkan 500.000 unit Beetle.

BERI KOMENTAR