HOME » BERITA » CERITA PROYEK BALAS DENDAM DIBALIK KELAHIRAN FORD GT

Cerita Proyek Balas Dendam Dibalik Kelahiran Ford GT

Senin, 10 April 2017 18:15

Cerita Proyek Balas Dendam Dibalik Kelahiran Ford GT
Foto: Ford
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Seperti diketahui, Ford telah meluncurkan supercar terbarunya, yaitu Ford GT, guna menantang serta menghabisi Ferrari 488 dan Porsche 911 dalam ajang balap ketahanan Le Mans 24 Hours.

Namun, rupanya telah terkuak rahasia bahwa sesungguhnya Ford GT merupakan proyek balas dendam dari insinyur Ford sendiri.

Ford GT & Raj Nair

Cerita berawal dari pihak eksekutif Ford ingin mengikuti balap legendaris Le Mans 24 Hours menggunakan mobil sport andalannya, Ford Mustang.

Maka, Ford mengutus Raj Nair, pimpinan pengembang teknologi Ford, guna mengembangkan Super Mustang dan menerjunkannya di ajang balap Le Mans.

Begitu antusiasnya, Raj Nair mengumpulkan insinyur dan mekanik terbaik milik Ford, serta rekanan dari dunia balap, Multimatic, yang juga sudah biasa mempersiapkan Mustang untuk keperluan balap.

Ford Super Mustang yang diberi kode "proyek silver' pun berjalan, dengan menggunakan bahan eksotis semacam serat karbon pada sasisnya, dan mesin bertenaga besar untuk sebuah Mustang.

Setelah Super Mustang 'Project Silver" rampung, Raj Nair harus menelan pil pahit setelah pihak eksekutif Ford yang mengutusnya justru menolak mentah-mentah Super Mustang, dengan anggapan harganya terlalu tinggi untuk mobil sekelas Mustang.

Raj Nair merasa tersinggung dengan keputusan tersebut, dan memutuskan untuk memulai "Project Phoenix" dengan bantuan 12 insinyur dari Ford, tanpa seijin pimpinan Ford, termasuk sang presiden atau pun CEO.

"Project Phoenix" pun berjalan dengan menggunakan segala macam teknologi terkini, dan mengembangkan mobil balap dan varian jalan raya secara bersamaan.

Hasil dari "Project Phoenix" adalah Ford GT, yang mana setelah rampung disimpan di ruangan rahasia di bawah tanah markas Ford di Dearborn, Michigan.

Pada akhirnya, Raj Nair mengajak para eksekutif yang tadinya menolak Super Mustang untuk menyaksikan "Project Phoenix", dan kehilangan kata-kata ketika Ford GT dihadapkan di depan mata.

Hingga hari ini, Ford GT telah sukses mendominasi balap Le Mans 24 Hours 2016, dan produksi varian jalan rayanya telah dimulai oleh Multimatic.

(kpl/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-4-19
detail

BERITA POPULER