HOME » BERITA » CERITA SERU JAKARTA-MAROKO PAKAI MITSUBISHI PEJERO SPORT, MALAH MASUK TREK DAKAR

Cerita Seru Jakarta-Maroko Pakai Mitsubishi Pejero Sport, Malah Masuk Trek Dakar

Petualangan keluarga JoW rupanya tak sebatas betapa serunya bisa melintasi 34 negara dengan mengendarai mobil. Tapi juga tak sengaja masuk ke wilayah rally dakar.

Senin, 22 Juli 2019 08:45 Editor : Dini Arining Tyas
Cerita Seru Jakarta-Maroko Pakai Mitsubishi Pejero Sport, Malah Masuk Trek Dakar
Keluarga JoW (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Satu keluarga yang terdiri dari warga Belanda dan keturunannya menjalani petualangan jauh hingga menembus 65.000 kilometer. Menggunakan Pajero Dakar 4x4, empat anggota keluarga yang terdiri dari suami-istri Eelco Koudijs dan Iyel Koudijs serta putra-putri mereka, Raneeshya dan Tyo memulai perjalanan dari Jakarta sampai ke Maroko.

Satu catatan menarik tentang Maroko, negara ini merupakan bagian dari trek reli legendaris Dakar. Tanpa sengaja, keluarga Koudijs ini menjajal trek Dakar tersebut.

"Kami menempuh 65.000 kilometer dari Jakarta ke Maurutania di sebelah Maroko jauh ke selatan. Jika bicara trek sulit, Afrika memang katanya medannya sulit. Tapi asal ada kemauan, semua pasti bisa. Asal ada niat pasti bisa. Lalu pernah suatu kali kami di Moroko. Di sana kan memang jadi bagian trek Paris Dakar," urai Eelco Koudijs.

Sebelum memasuki wilayah yang menjadi trek Dakar itu, tentu mereka mempertimbangkan kemampuan mobil yang dipakai. Apakah bisa melibas jalan atau tidak. "Karena mobil ini didesain untuk medan semacam itu, jadi kami bisa lewat. Tapi bagian belakang rusak," katanya.

Karena posisi mereka saat itu jauh dari kota, perbaikan sederhana terlebih dulu dilakukan. Sebab, spare part yang dibutuhkan rupanya harus dibeli secara memesan, selama 2-3 hari. "Coba dilas, dan coba jalan. Ketika sudah di kota, butuh usaha ekstra untuk menemukan spare part," lanjutnya.

1 dari 1 Halaman

Melintasi 34 Negara

Cerita Seru Jakarta-Maroko Pakai Mitsubishi Pejero Sport, Malah Masuk Trek DakarMelintasi 34 Negara

Bercerita saat hadir di GIIAS 2019, Keluarga JoW sebelumnya sudah melakukan perjalanan ke 34 negara. Mulai dari Indonesia melintasi benua Asia, Eropa, lalu afrika. Perjalanan seru mereka dari satu negara ke negara lain selalau didokumentasikan dan mereka membagikan cerita itu lewat channel YouTube mereka, Journey of Wonder.

Sementara itu, mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 buatan tahun 2017 yang menemani perjalanan mereka melintasi 34 negara mereka juluki Cappuccino. Sebutan yang lebih pantas untuk kopi itu mereka pakai lantaran mobil putih mereka selalu kecoklatan terkena debu ataupun percikan lumpur.

Sebelumnya GIIAS 2019 dikejutkan oleh kedatangan Keluarga JoW yang terdiri dari Eelco Koudijs, Iyel Koudijs dan dua anak mereka Raneeshya dan Tyo hadir di booth Mitsubishi Motors di GIIAS 2019 untuk berbagi dan menceritakan pengalamannya berkeliling dunia bersama “Cappuccino” nama yang diberikan keluarga JoW kepada mobil yang digunakan, Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4.

Agar perjalanan lebih menyenangkan, si Cappuccino itu sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Seperti jok belakang yang diganti dengan rak untuk meletakkan baju dan perlenkapan memasak, memakai rooftop tent dan menambahkan rak besi di atap mobil untuk meletakkan peti yang berisi perlengkapan kegiatan seperti snorkeling, jaket musim dingin, tenda living room, meja, kursi, dan sebagainya, serta jerigan utnuk cadangan bahan bakar dan air.

 

BERI KOMENTAR