HOME » BERITA » CHINA UJI COBA JALAN RAYA CERDAS, BISA KIRIM INFORMASI KE MOBIL

China Uji Coba Jalan Raya Cerdas, Bisa Kirim Informasi ke Mobil

Kehadiran mobil otonom dirasa kurang maksimal, jika tanpa adanya penunjang. Menggandeng perusahaan lokal, China pun membuat proyek jalan cerdas yang bisa memberikan informasi kepada mobil otonom.

Senin, 18 Januari 2021 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
China Uji Coba Jalan Raya Cerdas, Bisa Kirim Informasi ke Mobil
Ilustrasi jalan raya cerdas China (Globalvia via Autoevolution)

OTOSIA.COM - Berbicara soal teknologi mobil otonom, beberapa negara mulai berlomba untuk bisa lebih cepat mencapai era di mana semua fasilitas bisa terhubung dengna teknologi tersebut. China salah satunya yang terkesan berambisi melakukan hal itu.

Kini, China dilaporkan sedang menguji jalanan cerdas yang bisa dipakai untuk menunjang sistem otonom itu. Dilansir dari Autoevolution, bekerja sama dengan perusahaan teknologi lokal, China berusaha membangun jalanan dengan jaringan teknologi tersebut.

Huawei dan beberapa mitra lokal, kini menguji coba jalanan sepanjang 4 kilometer di kota Wuxi, Jiangsu. Mereka ingin mengukur bagaimana jalan cerdas itu bisa bertukar informasi dengan kendaraan otonom alias tanpa pengemudi.

1 dari 2 Halaman

Jalanan itu dilengkapi dengan banyak sensor, kamera, dan radar. Semuanya berfungsi untuk mengumpulkan dan mengirimkan informasi ke mobil terdekat.

Pengujian itu menggunakan bus yang dibuat khusus yakni X-Bus. Bus itu dikendalikan oleh jaringan khusus yang bertugas menganalisis semua data.

2 dari 2 Halaman

Bus dapat secara otomatis mengajukan permintaan khusus, seperti lampu hijau ketika perlu mencapai stasiun tertentu lebih cepat dan tetap sesuai jadwal. Sedangkan jalan itu sendiri bisa memberikan informasi seperti kondisi lalu lintas.

"Mengemudi secara otonom adalah tren yang tak bisa dihindari, tetapi setiap kendaraan tidak bisa melakukannya sendiri. Satu-satunya solusi adalah mendapatkan lebih banyak informasi dari jalan raya," kata President at Huawei's Information and Communication Technology Business, Jiang Wangcheng.

BERI KOMENTAR