HOME » BERITA » CHRYSLER TURBINE, LEGENDA MOBIL PELAHAP SEGALA JENIS BAHAN BAKAR

Chrysler Turbine, Legenda Mobil Pelahap Segala Jenis Bahan Bakar

Rabu, 19 April 2017 19:15

Chrysler Turbine, Legenda Mobil Pelahap Segala Jenis Bahan Bakar
Foto: YouTube
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Dengan persediaan minyak dunia yang semakin menipis, banyak pihak yang berlomba-lomba dalam menemukan bahan bakal alternativ.

Disamping bahan bakar hidrogen dan listrik yang populer, ada juga ide-ide nyeleneh, seperti bahan bakar menggunakan minuman keras.

Pada tahun 1953 hingga 1988, produsen mobil asal Amerika Serikat, Chrysler, menguji coba mobil bertenaga turbin yang dapat menelan bahan bakar apapun yang dapat dibakar.

Setidaknya terdapat 50 unit Chrysler Turbine yang dibangun, dengan balutan warna perunggu. Mobil-mobil tersebut tidak dijual, namun dipinjamkan sebagai media uji coba.

Tentunya berbaga macam cairan, dari hairspray, hingga parfum semacam Chanel no. 5 dijejalkan ke tanki bahan bakar Chrysler Turbine dan bekerja dengan baik, meskipun teramat mahal.

Kehadiran mobil tersebut sampai ke Presiden Meksiko, Adolfo Mateos, yang mengaku penasaran dengan mobil yang dapat menenggak apapun itu. Presiden Mateos memutuskan untuk mencoba minuman keras berupa tequila.

Karena belum ada yang menggunakan miras, teknisi Chrysler pun juga belum tahu apa yang bakal terjadi dan ikut-ikutan penasaran.

Didasari hal tersebut, teknisi Chrysler membeli beberapa liter tequila murah, memasukkannya ke mesin turbin dan dikendarai oleh Presiden Mateos.

Benar saja, mobil Chrysler Turbine benar-benar sanggup berjalan mulus dengan bahan bakar minuman keras menggerakkan mesinnya.

Pada tahun 1988, eksperimen Chrysler Turbine berakhir, dengan 46 unit berada dalam kondisi mengenaskan dan 45 unit diantaranya langusng dihancurkan, sementara 9 sisanya disimpan di museum setelah mesin turbinnya di non-aktifkan.

Hingga hari ini, masih belum diketahui mengapa Chrysler tidak memproduksi Turbine secara umum, namun besar kemungkinan karena biaya produksinya yang terlampau tinggi.

 (kpl/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER