HOME » BERITA » CITROEN PENANTANG RELI DUNIA 2017

Citroen Penantang Reli Dunia 2017

Kamis, 22 Desember 2016 07:15 Editor : Fitradian Dhimas
Foto: Citroen

OTOSIA.COM - Menjelang reli Monte Carlo, sebagai seri pembuka dari rangkaian kejuaraan reli dunia yang digelar bulan Januari 2017 mendatang, Citroen membuka selubung mobil balap reli Citroen C3 WRC 2017.

Citroen sendiri memutuskan untuk absen pada ajang balap reli dunia WRC 2016 dalam rangka mempersiapkan senjata untuk menghadapi regulasi anyar WRC 2017.

Pabrikan asal Perancis tersebut mengenakan basis mobil hatchback Citroen C3, yang dibangun sedemikian rupa hingga dapat kompetitif.

Hasilnya, seperti yang ditulis oleh Autocar, Citroen C3 WRC tersebut memiliki penampilan yang lebih berotot jika dibandingkan dengan Citroen C3 reguler.

Citroen C3 WRC memiliki lebar 1.875 mm, yang mana 49 mm lebih lebar dari MPV milik Citroen yang paling lega, C4 Picasso.

Mobil yang menggantikan Citroen DS3 WRC ini juga memiliki panjang 4.150 mm, membuat Citroen C3 WRC 55 mm lebih panjang dari DS3 WRC.

Ukuran selebar dan sepanjang itu didukung oleh fender yang besar, untuk mengakomodasi ban yang juga lebar, serta bumper depan dan belakang yang menahan spoiler yang besar.

Untuk mendukung C3 WRC melahap tikungan, Citroen memberikan spoiler belakang yang lebih besar supaya dapat meberikan daya tekan kebawah yang maksimum.

Meskipun tampak lebih besar, kenyataannya, Citroen C3 WRC memiliki berat 25 kg lebih ringan dibandingkan dengan pendahulunya.

Citroen C3 WRC menggendong mesin turbo 4 slilinder yang hanya berkapasitas 1.600, namun sanggup memuntahkan tidak kurang dari 380 HP ke semua rodanya.

Mobil yang akan dikemudikan oleh pembalap asal Irlandia, Kris Meeke dan Craig Breen, ini dijadwalkan pertama kali berkompetisi pada Januari 2017 pada reli Monte Carlo.

(kpl/fdk)

BERI KOMENTAR