HOME » BERITA » CRUISE CONTROL JADI FITUR WAJIB MOBIL PADA 2022 MENDATANG?

Cruise Control Jadi Fitur Wajib Mobil pada 2022 Mendatang?

Jum'at, 07 September 2018 14:45 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi: Autoevolution.com

OTOSIA.COM - Sejak beberapa bulan lalu, kamera belakang menjadi fitur wajib mobil di Amerika. Kini, kembali muncul wacana bahwa pada tahun 2022, adaptive cruise control, brake assist, dan lane keep assist harus menjadi standar.

Mengutip dari Overdrive.in, hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan India, Nitin Gadkari. Dengan kata lain, regulasi tersebut nantinya hanya akan berlaku di negeri Hindustan.

Aturan ini dibuat tentunya dengan pertimbangan meningkatkan keamanan para pengendara dan penumpang. Demi menyukseskan cita-cita tersebut, pemerintah setempat akan berdiskusi dengan para stakeholder dan industri terkait.

"Per Juli 2019 kemarin, semua mobil harus memiliki airbag, indikator sabuk pengaman, sensor parkir. Semua mobil dan kendaraan komersial harus mendapat driver assistance system di tahun 2022," ujar Nitin Gadkari.

Jika aturan itu benar-benar ditetapkan, beberapa mobil Indonesia yang juga ada di India bisa jadi akan memiliki berbagai fitur tersebut sebagai standar. Kemungkinan, dengan penyematan driver assistance system, harga beberapa mobil akan mengalamai peningkatan.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR