HOME » BERITA » CUKUP DUA HARI MENGUBAH HONDA SONIC MENJADI MOTOR LISTRIK

Cukup Dua Hari Mengubah Honda Sonic Menjadi Motor Listrik

Tidak butuh watu lama untuk menyulap Sonic menjadi motor listrik. Cukup dua hari saja dalam pengerjaannya

Sabtu, 04 Januari 2020 18:15 Editor : Ahmad Muzaki
Cukup Dua Hari Mengubah Honda Sonic Menjadi Motor Listrik
Motor listrik Honda Sonic (Istimewa)

OTOSIA.COM - Belum puas merubah Honda Revo AT menjadi hybrid dengan tiga sumber daya sekaligus, BBM, gas dan listrik, Deni Kusumawan mahasiswa berotak encer ini menyulap Honda Sonic menjadi motor listrik

Deni yang sedang kuliah semester 5 jurusan Teknik Otomotif di Politeknik Manufaktur Astra ini membuat sepeda motor bebek model ayam jago yang bisa memanfaatkan sumber daya baterai.

"Honda Sonic ini sekarang murni elektrik, tidak lagi mengandalkan bensin untuk hidupkan mesin dan jalan," ujar Deni. Dalam penggarapannya Sonic bensin menjadi motor listrik ini mendapat dukungan dari Kepala Sekolah SMKN 1 Bendo, Eko Soeprajitno.

1 dari 2 Halaman

Ubahan yang Dilakukan

Cukup Dua Hari Mengubah Honda Sonic Menjadi Motor ListrikUbahan yang Dilakukan

Honda Sonic-nya ini dipasangi baterai lithium 48 volt 12ah, dan bisa berlari sampai 52 km per jam, sementara jarak tempuhnya sekali pengisian baterai sejauh 20-an kilometer.

?Untuk kecepatan maksimum ini ditest menggunakan GPS smartphone mencapai 52 km per jam,? terangnya .

Untuk merubah Sonic menjadi full electric, Deni menambahkan sejumlah komponen, seperti controller, Brushless Direct Current (BDLC), baterai lithium, dan sensor trothle. ?Untuk ON-nya saya masih mengandalkan kunci kontak bawaan motor,? jelasnya.

Motor BDLC diletakkan di roda belakang, sementara controller serta batrerai ditempatkan di bawah jok. Tangki BBM Sonic dilepas untuk menaruh baterai serta controller.

?Jadi kami tidak banyak melakukan perubahan pada bagian motor,? tambahnya.

2 dari 2 Halaman

Waktu Pengerjaan

Cukup Dua Hari Mengubah Honda Sonic Menjadi Motor ListrikWaktu Pengerjaan

Bagi Deni tidak butuh watu lama untuk menyulap Sonic menjadi motor listrik. Cukup dua hari saja dia mengutak-atik Sonic menjadi motor listrik.

?Untuk kesusahan mengerjakan motor listrik ini komponen-komponen yang diperlukan jarang beredar di pasaran,? tukasnya seraya menyebut bahwa kini dia sedang menggarap mobil listrik.

BERI KOMENTAR