HOME » BERITA » CUKUP ROGOH KOCEK RP12 JUTA, BEGINI CARA PEMBUATAN MESIN POMPA PERTAMINI

Cukup Rogoh Kocek Rp12 Juta, Begini Cara Pembuatan Mesin Pompa Pertamini

Minggu, 17 Desember 2017 15:00 Editor : Arry
Pom bensin Pertamini (merdeka.com)

OTOSIA.COM - Ketika pergi kota-kota kecil, atau pedesaan pasti kerap menemukan tangki bensin dengan tulisan Petamini. Sepintas, dari segi warna dan karakter tulisan banyak yang menyangka Pertamini ini bagian dari Pertamina, salah satu perusahaan BUMN yang bergerak pada distribusi bahan bakar minyak di Indonesia.

Tetapi ternyata, Pertamini ini tidak ada hubungannya dengan Pertamina sama sekali. Bahkan pihak Pertamina sempat ingin menindak Pertamini ini. Tetapi, karena kebutuhan masyarakat di daerah pedesaan dan kota-kota kecil yang belum ada SPBU Pertamina, keberadaan Pertamini ini sangat membantu. Karena itu pula bisnis Pertamini ini makin subur.

Untuk membuat tangki bensin Pertamini ini cukup merogoh kocek Rp12 juta. Salah satu bengkel pembuatannya ada di Bekasi, Jawa Barat. Namanya, Bengkel Jaya Mardani, tepatnya berada di Jalan Cimuning, Kawasan Mustikajaya.

Untuk mesin tangki Petamini yang dibuat bengkel ini ada dua macam, yakni ada yang manual. Ada juga yang elektrik. Mesin pompa Pertamini elektrik ini dilengkapi mesin komputerisasi layaknya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik Pertamina.

Pertamini manual yang dibuatnya lengkap dengan nozzle, tabung, pompa dan selang plastik. Sedangkan yang elektrik lebih canggih, karena menggunakan mesin komputerisasi.

Lihat video pembuatannya di bawah ini:

 Lihat video lainnya:

 

 (kpl/mat)

BERI KOMENTAR