HOME » BERITA » CUMA ADA SATU DI INDONESIA, MINI COOPER PUNYA VERSI LIMOSIN

Cuma Ada Satu di Indonesia, MINI Cooper Punya Versi Limosin

Selasa, 18 Desember 2018 16:45 Editor : Dini Arining Tyas
MINI Cooper modifikasi (LIputan6.com/Herdi Muhardi)

OTOSIA.COM - Sesuai namanya, MINI, ukuran mobil pabrikan Inggris ini memang lebih kecil ketimbang mobil lainnya. selain itu desainnya yang unik, membuatnya semakin berbeda dengan mobil pada umumnya.

Tapi, akir pekan lalu Liputan6.com menjumpai  MINI Cooper yang tak biasa di kawasan QBig, BSD City, Tangerang Selatan. Bgaimana tidak, panjangnya bisa mencapai enam meter, tak ayal mobil ini justru lebih mirip limosin.

Usut punya usut, mobil MINI Cooper bergaya limosin tersebut milik Jose. Menurutnya, mengubah gaya MINI menjadi limosin supaya tampil beda.

"Enggak ada yang punya di Indonesia. Kalau di luar negeri mungkin ada," ucap pria yang akrab disapa Om Yos itu.

Harusnya, Om Yos butuh waktu satu tahun saja untuk membangun mobil ini. Hanya saja karena kesibukannya, maka butuh waktu lebih lama dari seharusnya.

Dia juga menerangkan bahwa mobil yang dibalut dengan cat kelir putih itu dibangun dari dua model MINI yang berjenis sama yaitu lansiran tahun 60-an dengan mesin MKII.

Secara tampilan, dari raut wajah memang tak ada perbedaan. Bahkan tetap terlihat mungil seperti MINI pada umumnya. Namun saat melihat dari arah samping sangat panjang, namun MINI limosin milik Om Yos mempertahankan tampilan orisinilnya, seperti bumper, grille, lampu-lampu hingga emblem. Akan tetapi masuk ke dalam kabin, interiornya ada perubahan.

Menariknya lagi, MINI limosin ini juga dilengkapi dengan dua buah sunroof di bagian depan dan belakang. Tentu saja , hal ini bisa membuat pengemudi maupun penumpang bisa tetap melihat pemandangan di atas langit.

Meski demikian beberapa bagian seperti dashboard, lingkar kemudi, tuas persneling masih asli. Dan yang pasti, jika menjadi penumpang belakang, Anda bisa meregangkan kaki tanpa terbentur jok depan.

Meski Om Yos memiliki satu istri dan dua anak, namun karena ukurannya yang panjang, maka kapasitas bisa saja lebih dari itu.

“Bayangkan mobil MINI (standar saja) jika dijejali bisa belasan orang. Nah kalau ini engga tau deh, saya belum pernah coba,” ucap Om Yos.

Soal biaya modifikasi, Om Yos sayangnya tak mau membeberkan. Tapi jika melihat jenisnya, MINI Cooper dengan tahun yang sama saat ini harganya sekitar Rp 300 juta hingga Rp 500 juta per unit.

"Sudah beberapa tahun lalu jadi tidak ingat berapa duit," katanya.

Dia sendiri mengatakan untuk saat ini, mobil dengan kapasitas mesin 1.3 liter itu pajaknya masih hidup. Bahkan Om Yos mengatakan tetap rajin membayar pajak.

“Yak karena mobil tua, harga pajaknya masih sekitar Rp 600 ribuan,” tuturnya.

Sumber: Liputan6.com

 (kpl/tys)

BERI KOMENTAR