HOME » BERITA » CUMA BEDA 1 JUTAAN, PILIH YAMAHA VIXION R ATAU XABRE?

Cuma Beda 1 Jutaan, Pilih Yamaha Vixion R atau Xabre?

Yamaha Xabre dan Vixion R dibanderol Rp 30 jutaan. Selisih harga kedua motor itu hanya Rp 1 jutaan.

Senin, 13 September 2021 11:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Cuma Beda 1 Jutaan, Pilih Yamaha Vixion R atau Xabre?
Yamaha Xabre dan Vixion R (Yamaha Indonesia)

OTOSIA.COM - Dalam beberapa tahun terakhir pasar motor sport terus tumbuh, bahkan sudah lama menggeser jenis bebek atau cub. Untuk kelas 150cc, beberapa merek Jepang menawarkan pilihan lebih dari satu. Sebut saja Yamaha.

Di segmen motor sport 150cc, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) punya beberapa jagoan, yakni Yamaha Vixion, Xabre, XSR 155, dan R15.

Khusus Yamaha Vixion dan Xabre, keduanya memiliki harga jual berbeda tipis, dalam kisaran Rp 30 jutaan.

Jika punya dana Rp 30 juta, dan sedang menimbang-nimbang meminang motor sport 150cc, komparasi Vixion dan Xabre bisa jadi pertimbangan.

Fitur Yamaha Vixion R (Yamaha Indonesia)

1 dari 4 Halaman

Tampilan

Secara visual Yamaha Vixion R terlihat tidak terlalu berbeda jauh dengan model standar. Untuk membedakan tipe R dengan model biasa, Yamaha menmemasangan knalpot berdesain racing dan pelek dengan motif kipas ramping.

Sementara Yamaha Xabre lebih terlihat berisi. Jarak antara spakbor depan dan mesin diberi cover, tidak seperti Vixion R. Selain itu Xabre menggunakan bahasa desain yang berbeda. Sepintas motor itu lebih mirip MT-15 berkat bentuk lampu depannya dan penggunaan suspensi upside down yang tidak ditemukan pada Vixion R.

 

2 dari 4 Halaman

Fitur-fitur berkendara

Hanya saja fitur berkendara pada Vixion R lebih lengkap dibandingkan Xabre. Yamaha Vixion R sudah dilengkapi suspensi belakang monocross, frame Deltabox, lampu depan dan belakang LED, lampu hazard, speedometer digital dengan shift light, rem cakram depan dan belakang, serta alumunium rear arm. Sayangnya suspensi depan masih teleskopik.

Di sisi lain fitur Yamaha Xabre tidak sekomplet Vixion R. Tapi pada dasarnya fitur yang ada di Vixion R juga hadir di Xabre, kecuali shift light dan belum ada lampu hazard. Namun riding position motor ini lebih gagah berkat posisi setang yang lebih tegak.

Fitur Yamaha Xabre (Yamaha Indonesia)

 

3 dari 4 Halaman

Dapur pacu dan harga

Untuk performa, Vixion R lebih unggul. Tidak bisa dipungkiri bahwa mesin 155 cc liquid cooled berteknologi VVA bawaannya lebih bertenaga. Yamaha mencatat semburan tenaga sebesar 19 hp dengan torsi 14.7 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 6 percepatan dengan bantuan assist dan slipper clutch.

Sedangkan Yamaha Xabre mengusung jantung pacu 150 cc liquid cooled yang menghasilkan tenaga 16 hp dan torsi maksimal 14.3 Nm. Daya pacu mesin di bawa ke roda belakang melalui transmisi 6 percepatan.

 

 

4 dari 4 Halaman

Untuk harga, Yamaha Vixion R dibanderol Rp 31.880.000. Sedangkan Yamaha Xabre dijual Rp 30.700.000.

Dengan selisih harga sekitar Rp 1 jutaan, mending Vixion R atau Xabre?

 
BERI KOMENTAR