HOME » BERITA » CUMA BEDA RP 85 RIBU, MENDING PILIH HONDA VARIO 125 ATAU YAMAHA FREEGO?

Cuma Beda Rp 85 Ribu, Mending Pilih Honda Vario 125 atau Yamaha FreeGo?

Sama-sama dibanderol Rp 21 jutaan, Yamaha FreeGo S bersaing langsung dengan Honda Vario 125.

Kamis, 09 September 2021 14:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Cuma Beda Rp 85 Ribu, Mending Pilih Honda Vario 125 atau Yamaha FreeGo?
Yamaha FreeGo S dan Honda Vario 125 (Yamaha, Honda)

OTOSIA.COM - Skutik saat ini menjadi alat transportasi yang paling banyak dipilih masyarakat ketimbang jenis motor lainnya. Tidak heran jika skutik mendominasi 86.95% pasar sepeda motor di tanah air.

Dari beberapa model motor matic yang beredar, Honda Vario 125 dan Yamaha FreeGo S punya penjualan yang cukup baik. Sama-sama dibanderol Rp 21 jutaan, keduanya menawarkan beragam kelebihan dan fitur unggulan.

Lantas mana lebih baik di antara keduanya?

Sebelum menentukan siapa yang unggul, pembahasan satu persatu yang menjadi nilai lebih keduanya bisa menjadi pertimbangan untuk mereka yang berencana meminang motor matic 125cc.

1 dari 5 Halaman

Tampilan

Honda Vario 125 (Honda)

Baik Honda Vario maupun Yamaha FreeGo mengadopsi bahasa desain yang berbeda. Honda Vario terlihat sporti berkat lekukan dan garis tajam seperti gaya motor sport Honda CBR. Tampang agresif itu dipermanis dengan penggunaan lampu LED untuk bagian depan dan belakang, serta ukuran pelek 14 inci bermotif akar lancip.

Aura sporti berlanjut ke bagian belakang di mana spakbornya keluar dan memanjang, lampu sein LED terpisah dari lampu rem, serta bentuk knalpot mirip dengan kepunyaan CBR.

 

 

2 dari 5 Halaman

Sementara Yamaha FreeGo S mengusung desain mewah dan kontemporer. Meski ukuran peleknya lebih kecil yakni 12 inci, bagian kaki-kaki terlihat berisi karena ukuran ban yang lebih besar, yakni 100/90 untuk ban depan dan 110/90 di belakang.

Selain itu, Yamaha FreeGo hanya mempunyai pencahayaan LED untuk lampu utamanya. Sedangkan mulai dari lampu senja hingga lampu sein belakang, semuanya masih memakai halogen.

3 dari 5 Halaman

Fitur

Fitur (Atas) Yamaha FreeGo S dan (Bawah) Honda Vario 125 (Yamaha, Honda)

Honda Vario 125 CBS sudah dilengkapi sistem pengereman Combi Brake System, speedometer digital berwarna hitam putih, tombol pembuka jok, bagasi helm in 18 liter, tangki bensin 5.5 liter, serta ruang penyimpan ganda di balik kemudi.

Di sisi lain Yamaha FreeGo S dilengkapi berbagai fitur menarik yang tidak ditemukan pada Honda Vario 125 CBS. Di antaranya electric power socket, lampu hazard, speedometer digital, bagasi 25 liter, tangki bensin 4.2 liter, terkoneksi dengan aplikasi My Yamaha, serta tempat pengisian bahan bakar di depan.

Fitur lain yang khusus ada di FreeGo S adalah teknologi Idling Start Stop untuk menghemat bahan bakar, opersasional kunci keyless dan smart key multi fungsi di mana motor mempunyai alarm dan sistem call back untuk mencari motor di tempat parkir.

 

4 dari 5 Halaman

Performa, warna dan harga

Untuk performa, Honda Vario 125 CBS lebih bertenaga. Skutik ini menggunakan mesin 124.8 cc liquid cooled silinder tunggal dengan semburan tenaga sebesar 11.1 PS dan torsi 10.8 Nm.

Sementara Yamaha FreeGo S dibekali jantung pacu 125 cc air cooled silinder tunggal dengan total output 9.4 hp dan torsi maksimal 9.5 Nm.

Khusus Honda Vario 125 CBS tersedia warna Advance Black dengan stiker merah dan silver, serta Advance Red dengan stiker hitam dan silver.

5 dari 5 Halaman

Sedangkan Yamaha FreeGo S menawarkan dua warna doff atau matte, yakni Prestige Silver dan Matte Red. Kedua warna itu tidak dipermanis dengan lis stiker, hanya embos bertuliskan ?Yamaha? di fairing depan dan 'FreeGo S' di dekat jok.

Honda Vario 125 CBS dibanderol Rp 21.005.000. Sedangkan Yamaha FreeGo S, dengan fitur yang lebih lengkap diberi harga Rp 21.090.000.

Dengan selisih harga sebesar Rp 85 ribu, mending pilih mana?

 
BERI KOMENTAR