HOME » BERITA » CUMA GANTI KABEL BUSI RACING, TARIKAN MOTOR JADI ENTENG?

Cuma Ganti Kabel Busi Racing, Tarikan Motor Jadi Enteng?

Mengganti kabel busi dengan racing tanpa merubah komponen lain belum menjamin tarikan sepeda motor menjadi lebih enteng.

Jum'at, 11 September 2020 08:15 Editor : Nazarudin Ray
Cuma Ganti Kabel Busi Racing, Tarikan Motor Jadi Enteng?
Ilustrasi kabel busi racing (webike.id)

OTOSIA.COM - Busi pada kendaraan berfungsi memercikkan bunga api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar. Mesin tidak akan berjalan tanpa produksi percikan api yang baik dari busi.

Ada kalanya, agar pengapian menjadi sempurna, tidak sedikit pemilik motor yang mengganti kabel busi dengan kabel racing. Jika sudah diganti, apakah otomatis performa naik, atau tarikan motor jadi enteng?

"Secara teori begitu. Tapi yang terpenting adalah arus listrik yang dialirkan ke busi bisa stabil dan besar. Jadi kunci utama kerja busi bisa maksimal," buka Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

1 dari 2 Halaman

Namun demikian, lanjut Diko, kembali lagi kepada prinsip dasar busi dalam membentuk inti api. Yang terpenting, katanya, adalah percikan listriknya fokus dan tidak ke mana-mana. "Semua itu ada di prinsip dasar proses pengapian busi," tukasnya.

Artinya, semakin besar arus yang diterima busi, tingkat keasusan juga semakin cepat. Sebab material elektroda yang ada dibusi dihantam arus listrik yang besar.

"Mirip prinsip tukang las saja. Makanya kalau mau merubah sesuatu, atau mengganti kabel busi, harus juga diiringi perubahan modifikasi lainnya, biar seimbang. Modifikasinya jangan setengah-setengah," imbuhnya.

 

 

2 dari 2 Halaman

Selain itu dari busi juga bisa terlihat bahwa kabel yang digunakan sudah jelek. Pasalnya kabel busi juga ada hubungannya juga ke coil. Jika tanda-tanda secara kasat mata dilihat sudah tidak bagus, hal tersebut menunjukkan bahwa percikan listrik lemah.

"Ini bisa juga disebabkan sama gap busi yang terlalu besar. Ada baiknya dicopot saja tutup businya. Biarkan kabel businya telanjang, trus dites kelistrikan. Cara itu bisa dilakukan untuk mengecek kabel busi dan koil ada masalah atau tidak," tutupnya.

BERI KOMENTAR