HOME » BERITA » CUMA PUNYA SATU MOBIL, BUPATI DAN WABUP LUMAJANG SUMBANGKAN GAJI UNTUK WARGA TERDAMPAK PPKM DARURAT

Cuma Punya Satu Mobil, Bupati dan Wabup Lumajang Sumbangkan Gaji untuk Warga Terdampak PPKM Darurat

Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menyumbangkan gaji untuk warga terdampak PPKM Darurat. Mereka juga meminta ASN untuk menyumbang secara suka rela.

Minggu, 18 Juli 2021 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
Cuma Punya Satu Mobil, Bupati dan Wabup Lumajang Sumbangkan Gaji untuk Warga Terdampak PPKM Darurat
Bupati dan Wakil Bupati Lumajang (Kominfo Kabupaten Lumajang)

OTOSIA.COM - Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati sedang menjadi sorotan. Hal itu setelah pernyataan keduanya tentang tak mengambil gaji saat PPKM Darurat viral di media sosial.

Thoriqul Haq mengatakan bahwa dirinya dan Indah akan menyerahkan gajinya kepada forum zakat selama PPKM Darurat. Gaji itu nantinya utnuk dipakai sebagai tambahan beras yang akan diberikan kepada masyarakat terdampak PPKM Darurat, khususnya bagi pekerja dengan hasil harian.

"Jadi, selama PPKM Darurat gaji kami sepenuhnya untuk beli beras, kemudian disalurkan kepada masyarakat yang terdampak karena PPKM Darurat, terutama bagi pekerja dengna hasil harian yang tidak sesuai dengan harapan," kata Thoriqul Haq saat melakukan pemantauan pendistribusian beras di Gor Wira Bhakti Lumajang, Sabtu (17/7/2021), dikutip dari Lumajangkab.go.id.

1 dari 3 Halaman

Dia juga meminta kepada ASN agar membantu secara sukarela. Seingga akan ada tambahan dari 10 ribu beras yang sudah disiapkan saat ini.

"Saya dan Bunda akan meminta sukarelanya ASN untuk ikut membantu program ini bersama. Untuk teman-teman yang ingin membantu, kami akan dengan senang hati menerima donasi dari masyarakat," tambahnya.

Langkah dua pejabat ini pun mendapatkan sambutan positif. Namun apa yang mereka lakukan juga membuat publik penasaran apakah mereka tak membutuhkan gaji?

2 dari 3 Halaman

Berbicara hal seperti itu, tak lepas dari kepemilikan harta para pejabat yang sudah mereka miliki. Jika dilhat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Thoriqul Haq dan Indah Amperawati, keduanya terbilang cukup memiliki harta bernilai tinggi.

Nilai harta total yang dilaporkan Thoriqul Haq mencapai Rp 9 miliaran, tepatnya Rp 9.427.000.000. Meski begitu, terlihat dari laporan tersebut bahwa kepemilikan kendaraan Thoriqul Haq terbilang biasa saja jika dibandingkan dengan beberapa pejabat daerah lain.

Pada LHKPN yang dilaporkan pada 30 Maret 2021 itu, Thoriqul Haq hanya memiliki satu mobil dan dua sepeda motor. Mobil Thoriqul Haq hanya Lexus RX 270 tahun 2012 senilai Rp 280 juta.

3 dari 3 Halaman

Kemudian dia juga memiliki sepeda motor Honda NF11T11C01 (Revo) tahun 20215 senilai Rp 4 juta dan Vespa Klasik tahun 1966 senilai Rp 26 juta.

Rupanya hal serupa juga berlaku pada Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati. Pada LHKPN yang dilaporkan Indah pada 26 Januari 2021, nilai total harta kekayaan mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Lumajang itu mencapai Rp 7,2 miliar atau tepatnya Rp 7.218.830.197.

Tak jauh berbeda dengan Thoriqul Haq, Indah justru hanya memiliki tiga unit sepeda motor saja yang dia laporkan. Motor itu bahkan sudah terbilang bukan keluaran baru.

Tiga motor milik Indah yakni Honda NF100D (Supra X) tahun 2001 senilai Rp 2 juta, Honda NC11BF1DAT (BeAT) tahun 2013 senilai Rp 9 juta, dan Yamaha 54P CAST WHEEL (Mio) tahun 2013 senilai Rp 6,5 juta.

BERI KOMENTAR