HOME » BERITA » D MAX DAN HILUX DITES LEWATI SUNGAI ARUS DERAS, MANA PALING TANGGUH?

D Max dan Hilux Dites Lewati Sungai Arus Deras, Mana Paling Tangguh?

Rabu, 22 November 2017 10:15 Editor : Rohimat Nurbaya
Isuzu D Max dan Toyota Hilux dites melewati sungai (Instagram/@mobilgue)

OTOSIA.COM - Mobil double cabin seperti Izusu D Max dan Hilux, identik dengan medan terjal serta beban yang berat. Mobil yang termasuk jenis komersial ini biasanya dipakai di perkebunan atau tambang. Kalau di Indonesia biasanya di digunakan daerah Kalimantan atau Sulawesi.

Dua jenis mobil ini, biasanya sehari-hari digunakan di jalur offroad. Biasanya di kawasan perkebunan atau tambang, jalannya tak mulus. Jauh berbeda dengan di kota. Tak jarang D Max dan Hilux ini harus melewati jalan berlumpur atau kawasan banjir.

Dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram @mobilgue, Isuzu D Max dan Hilux ini dites melewati sungai berarus deras. Ketinggian airnya diperkirakan mencapai 50 sentimeter atau selutut orang dewasa.

Dua mobil tersebut tampak tak kesulitan melahap medan seperti itu. Keduanya masih bisa menerjang arus sungai meski air sudah menutupi kap bagian depan. Kemudian setengah pintu hampir terendam air.

Isuzu D Max

Mobil Isuzu D-Max ini ada beberapa tipe paling diminati adalah Rodeo LS 2.5. Mobil ini menggunakan mesin diesel tipe 4JK1-TC yang dilengkapi dengan teknologi common-rail engine dan kapasitas mesin yang besar yaitu 2.499 cc.
Teknologi common-rail engine mampu mengeluarkan tenaga yang lebih besar, namun dengan tingkat polusi udara yang rendah sehingga ramah lingkungan.

Mesin diesel canggih ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 109 PS pada putaran 3400 rpm dan torsi maksimal mencapai 28.5 Kgm pada putaran antara 1800-2200 rpm.

Pembakaran mobil ini sudah menggunakan sistem injeksi. Sistem injeksi yang digunakan yakni electronic controlled fuel injection yang dilengkapi dengan teknologi intercooled turbo charger dengan kapasitas tangki yang besar yaitu 76 liter.

Toyota Hilux

Toyota membedakan Toyota Hilux ke dalam dua tipe, yaitu Hilux bermesin diesel 2.5 L dan satu tipe lagi bermesin bensin 2.0 L. Untuk Toyota Hilux versi diesel, dibekali dengan mesin DOHC 4-silinder segaris yang memiliki kubikasi sebesar 2.494 cc.

Sementar untuk Hilux bermesin bensin, mengusung mesin DOHC Dual VVT-i yang memiliki kubikasi sebesar 1.998 cc. Toyota Hilux diesel akan berjalan pada sistem transmisi 6-speed manual, sementara Hilux 2.0 L bermesin bensin akan digerakkan dengan sistem transmisi 5-speed manual.

Lihat videonya di bawah ini:

 

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

 (kpl/mat)

BERI KOMENTAR