HOME » BERITA » DAFTAR MOBIL YANG DAPAT RELAKSASI PPNBM PAJAK NOL PERSEN MULAI MARET 2021

Daftar Mobil yang Dapat Relaksasi PPnBM Pajak Nol Persen Mulai Maret 2021

Tak semua mobil baru yang akan dibeli pada Maret 2021 mendapatkan relaksasi PPnBM pajak nol persen. Syarat mobil baru yang mendapatkan pajak nol persen yakni mesin berkubikasi di bawah 1.500 cc dan berpenggerak roda 4x2.

Senin, 15 Februari 2021 18:45 Editor : Dini Arining Tyas
Daftar Mobil yang Dapat Relaksasi PPnBM Pajak Nol Persen Mulai Maret 2021
IIMS 2019 (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Pemberlakuan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau PPnBM akan berlaku secara bertahap. Tahap pertama akan berlaku mulai bulan Maret 2021, dengan penurunan pajak 100 persen alias mobil baru mendapatkan pajak nol persen.

Tapi yang perlu diingat bahwa tidak semua mobil baru mendapatkan pajak nol persen atau relaksasi PPnBM. Pemerintah menggunakan kriteria kubikasi mesin untuk mengkategorikan mobil baru yang mendapatkan pajak nol persen.

Relaksasi PPnBM pajak nol persen itu diberlakukan untuk mobil baru dengan syarat mesin 1.500 cc ke bawah. Selain itu, mobil tersebut hanya menggunakan sistem penggerak 4x2 atau satu gardan.

1 dari 4 Halaman

Syarat tersebut cukup luas, sehingga mencakup beberapa tipe mobil. Mulai dari Multi Purpose Vehicle (MPV), sedan, hingga Sport Utility Vehicle (SUV). Hanya saja, untuk SUV lebih dikhususkan tipe Low SUV (LSUV).

Ada banyak jenis mobil yang termasuk dalam kategori tersebut. Jika dirinci, berikut daftar mobil di bawah 1.500cc dengan penggerak roda 4x2 yang dipasarkan di Indonesia:

2 dari 4 Halaman

Multi Purpose Vehicle (MPV):

(c) Otosia.com

1. Toyota Avanza

2. Daihatsu Xenia

3. Honda Mobilio

4. Mitsubishi Xpander

5. Wuling Confero

6. Nissan Livina

7. Suzuki Ertiga

3 dari 4 Halaman

Low Sport Utility Vehicle (LSUV):

(c) Suzuki

1. Toyota Rush

2. Daihatsu Terios

3. Mitusbishi Xpander Corss

4. Honda BR-V

5. Suzuki XL-7

6. DFSK Glory 560

4 dari 4 Halaman

Sedan: 

1. Honda City

2. Honda Civic

3. Toyota Vios

 

BERI KOMENTAR