HOME » BERITA » DAFTAR MPV TERLARIS DI DUNIA, AVANZA DAN XPANDER PERINGKAT BERAPA?

Daftar MPV Terlaris di Dunia, Avanza dan Xpander Peringkat Berapa?

Secara global, MPV apa yang paling laris di tahun 2021? Begini rinciannya.

Jum'at, 13 Mei 2022 08:00 Editor : Arendra Pranayaditya
Daftar MPV Terlaris di Dunia, Avanza dan Xpander Peringkat Berapa?
MPV Toyota Sienna (netcarshow.com)

OTOSIA.COM - Segmen mobil MPV menjadi salah satu pasar paling laris di Indonesia. Angka penjualan kategori ini terbilang sangat tinggi.

Ambil contoh dua model MPV di Indonesia, Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Menurut data whole sales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun 2021, Toyota Avanza mencatat angka 66.109 unit, sedangkan Mitsubishi Xpander berada di 54.624 unit.

Angka penjualan tersebut tergolong tinggi di Indonesia, bahkan menduduki peringkat pertama dan kedua sebagai mobil terlaris di tanah air.

1 dari 3 Halaman

Global

Wuling Hongguang (Istimewa)

Kendati demikian angka penjualan tersebut hanya berlaku untuk Indonesia saja, tidak secara global, Untuk penjualan MPV secara global, Avanza dan Xpander terlaris di tanah air belum tentuk masuk 10 besar.

Menurut data dari situs facus2move.com, mobil MPV terlaris untuk tahun 2021 masih dipegang oleh Wuling Hongguang. Mobil yang sudah diproduksi sejak tahun 2010 ini mencatat penjualan 259 ribu unit, seluruhnya dari Tiongkok.

2 dari 3 Halaman

Berikutnya di posisi kedua ada Buick GL8 dengan total penjualan 170 ribu dan di nomor tiga adalah Honda Odyssey yang terjual 162 ribu unit tahun lalu.

Di posisi keempat ada Toyota Roomy yang laris sebanyak 134 ribu unit, naik dari Toyota Alphard dengan catatan sebesar 134 ribu unit. Lalu Toyota Sienna menyabet posisi keenam yang laku 129 ribu unit dan ditempel dekat oleh Maruti EECO sebanyak 118 ribu unit.

3 dari 3 Halaman

KIA Carnival di Indonesia (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Sementara posisi kedelapan ditempati oleh KIA Carnival dengan angka penjualan mencapai 113 ribu unit, dan KIA Soul di posisi kesembilan.

Menutup 10 peringkat MPV terlaris di dunia adalah Maruti Ertiga yang laku sebanyak 113 ribu unit di tahun 2021 kemarin.

Dari sepuluh MPV terlaris di dunia, Toyota Alphard, KIA Carnival, Maruti Suzuki Ertiga masih dijual di Indonesia. Sementara Honda Odyssey sudah pamit dari tanah air sejak akhir tahun 2021 silam.

Jika berjaya di dalam negeri, kenyataannya MPV terlaris di Indonesia tidak tercantum dalam 10 besar global, lantaran total penjualan tahun lalu belum bisa menyentuh angka 100 ribu unit.

BERI KOMENTAR