HOME » BERITA » GIIAS 2019: DAFTAR SEMUA MOBIL BARU (KONSEP DAN PRODUKSI)

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)

GIIAS 2019 dijadwalkan akan meluncur kurang lebih 20 mobil baru dari berbagai merek

Rabu, 03 Juli 2019 20:15 Editor : Ahmad Muzaki
GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)
Suzuki Jimny (autoexpress.co.uk)

OTOSIA.COM - Bulan ini pameran akbar otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 akan diselenggarakan, tepatnya pada tanggal 18-18 Juli 2019. Acara tersebut akan diadakan di ICE BSD City, Tangerang. Nantinya tema yang akan digunakan adalah Future in Motion. Berdasarkan tema ini GIIAS 2019 akan menampilkan transformasi teknologi dari industri otomotif.

Biasanya gelaran GIIAS 2019 dijadikan tempat para pabrikan untuk mengenalkan kendaraan baru baik itu versi konsep atau produksi. Tak jarang juga acara yang berlangsung di Tangerang ini menjadi €œWorld Premiere€ untuk beberapa mobil keluaran terbaru, semisal Honda Brio generasi kedua yang diluncurkan di GIIAS 2018 lalu.

Sehingga tak heran jika GIIAS 2019 menjadi salah satu event yang dinantikan pecinta otomotif Tanah Air. Bahkan beberapa penikmat otomotif memang sengaja menantikan acara ini untuk membeli mobil baru. Salah satu tujuannya tentu adalah promo atau diskon yang diberikan di GIIAS 2019 untuk mobil yang diluncurkan tersebut.

Perlu diketahui juga, nantinya pameran yang diinisiasi Gaikindo ini akan diikuti kurang lebih 20 merek mobil penumpang, di antaranya Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Jeep, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling.

Namun tidak hanya itu saja, masih ada mobil lainnya, seperti kendaraan komersil dan karoseri yang ikut meramaikan GIIAS 2019, yaitu DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, UD Trucks, sedangkan dari karoseri akan hadir Adi Putro, Laksana, dan Tentrem.

Tidak hanya kendaraan penumpang dan komersil saja, tetapi di GIIAS 2019 juga akan diramaikan beberapa merek sepeda motor, seperti Benelli, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar. Sementara dari industri pendukung, lebih dari 300 merek telah mencatatkan komitmennya pada The 27th GIIAS 2019.

Menariknya GIIAS 2019 kali ini dijadwalkan akan meluncur kurang lebih 20 mobil baru dari berbagai merek, namun hal tersebut bukan hanya untuk mobil produksi saja, tetapi juga termasuk mobil konsep.

Jika benar demikian pasar mobil Indonesia semakin tumbuh dan sesak dengan hadirnya mobil-mobil tersebut. Diprediksi pula mobil yang meluncur ini tidak hanya mobil murah, tetapi juga mobil mahal dengan harga mencapai miliaran rupiah.

Lalu, mobil produksi atau konsep apa yang nantinya melantai di GIIAS 2019 mendatang? Berikut ini beberapa prediksi mobil baru termasuk versi produksi dan konsep yang meluncur di Gaikindo Indonesia International Auro Show 2019.

1 dari 20 Halaman

Nissan X-Trail Facelift

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)Nissan X-Trail Facelift

Tanda-tanda kehadiran Nissan X-Trail facelift sudah tampak sejak beberapa bulan lalu. Mobil SUV ini telah terdaftar di Permendagri no.14 tahun 2019 dan sempat tertangkap kamera netizen saat diuji coba di Jawa Barat.

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi, juga telah memastikan bahwa pihaknya akan merilis Nissan X-Trail facelift dalam GIIAS 2019, namun masih merahasiakan spesifikasi lengkap dan harganya.

2 dari 20 Halaman

Mitsubishi Eclipse Cross

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)Mitsubishi Eclipse Cross

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga telah mengumumkan bahwa mereka akan merilis mobil baru di GIIAS 2019. Namun, pabrikan berlogo 3 berlian itu masih menutup rapat informasi terkait produk tersebut.

Hanya saja, sebelum peluncuran mobil tersebut di GIIAS 2019 mendatang, media sosial telah beberapa kali membocorkan bahwa mobil baru PT MMKSI ini adalah Mitsubishi Eclipse Cross untuk menggantikan Mitsubishi Outlander Sport.

3 dari 20 Halaman

Toyota Sienta Facelift

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)Toyota Sienta Facelift

Belakangan diketahui bahwa Toyota Sienta facelift akan dirilis di Thailand pada Agustus 2019 mendatang. Mobil MPV pintu geser itu nantinya memiliki eksterior layaknya versi Jepang.

Menariknya, basis produksi Toyota Sienta ada di Indonesia. Ada kemungkinan bahwa mobil ini akan lebih dulu meluncur dalam gelaran GIIAS 2019 sebelum dikirim ke Negeri Seribu Pagoda.

4 dari 20 Halaman

Honda HR-V 1.5L Turbo

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)Honda HR-V 1.5L Turbo

Salah satu mobil yang ditunggu-tunggu kehadirannya di GIIAS 2019 ialah Honda HR-V 1.5L Turbo. Sebelum melantai di GIIAS 2019, crossover ini sebenarnya telah dirilis di beberapa negara Eropa dan Asia, salah satunya China.

Ya, pada model terbarunya, Honda HR-V akan mendapat mesin 1.500 cc turbocharger. Tentu dengan penambahan komponen tersebut, performa pesaing Toyota C-HR dan Suzuki SX4 S-Cross ini akan mengalami peningkatan.

5 dari 20 Halaman

Suzuki Jimny

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)Suzuki Jimny

Meski sempat muncul beberapa kali, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tak kunjung merilis Suzuki Jimny untuk pasar Indonesia. Padahal, mobil SUV ikonik itu telah meluncur di Eropa, Australia, bahkan negara tetangga, Singapura.

PT SIS memang telah memastikan bahwa Suzuki Jimny akan dirilis di Indonesia pada tahun 2019 ini. Namun, mereka masih belum mengonfirmasi terkait agenda peluncuran mobil SUV tersebut di GIIAS 2019.

6 dari 20 Halaman

Honda Accord Turbo

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)Honda Accord Turbo

Selain Honda HR-V 1.5L Turbo, PT Honda Prospect Motor (HPM) juga diisukan akan merilis Honda Accord 1.5L Turbo dalam gelaran GIIAS 2019. Sebelumnya, mobil sedan ini telah meluncur di Thailand dan berbagai negara Eropa.

Seperti namanya, Honda Accord terbaru ini akan memiliki mesin baru layaknya Honda HR-V, 1.500 cc turbocharger. Dapur pacu tersebut diadopsi dari Honda CR-V dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 187 hp dengan torsi 240 Nm. Apakah nantinya mobil ini akan diluncurkan di GIIAS 2019? Kita nantikan Otolovers!

7 dari 20 Halaman

All-new Mazda 3

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)All-new Mazda 3

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku distributor Mazda di Indonesia telah mengonfirmasi bahwa pihaknya akan merilis all-new Mazda 3 di GIIAS 2019 mendatang. Hanya saja mereka belum menyebut modelnya, sedan atau hatchback.

Berdasarkan model sebelumnya, Mazda 3 hanya memiliki hatchback, bisa jadi mereka akan menghadirkan model tersebut di GIIAS 2019 yang berlangsung Juli ini. Namun, tak menutup kemungkinan dirilis juga all-new Mazda 3 Sedan untuk memperluas pasar PT EMI di segmen mobil premium.

8 dari 20 Halaman

Mitsubishi Triton Absolute

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)Mitsubishi Triton Absolute

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah menyebar undangan yang diduga sebagai perkenalan Mitsubishi Triton Absolute kepada awak media awal Juli 2019 mendatang.

Namun, bisa jadi mobil ini adalah Mitsubishi Eclipse Cross yang akan diluncurkan secara resmi di GIIAS 20119. Pasalnya, pihak PT MMSKI menyebut bahwa mobil tersebut adalah produk yang benar-benar baru dan bukan penyegaran dari model sebelumnya.

9 dari 20 Halaman

All-new Nissan Teana

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)All-new Nissan Teana

Pada Februari 2019 lalu Nissan Teana tiba-tiba hilang dari situs resmi PT Nissan Motors Indonesia (NMI). Hal ini memunculkan spekulasi apakah sedan tersebut disuntik mati atau akan mendapat model baru.

Nampaknya dalam gelaran GIIAS 2019 nanti PT NMI akan merilis all-new Nissan Teana. Pasalnya, mobil ini telah terdaftar di Permendagri no.14 tahun 2019 dengan nama NEWTEANA2.5CVT4x2AT.

10 dari 20 Halaman

Renault Triber

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)Renault Triber

Salah satu mobil yang tengah hangat dibahas ialah Renault Triber. PT Maxindo Renault Indonesia telah memastikan bahwa Renault Triber akan melakoni debutnya di Indonesia pada ajang GIIAS 2019 mendatang.

Hanya saja masih belum diketahui segmen yang akan dihuni oleh Renault Triber. Apakah mobil ini masuk ke kelas LCGC 7-seater bersama Sigra - Calya atau justru di LMPV dan bersaing dengan Avanza, Xpander, Ertiga, Mobilio, serta Xenia. Menarik Otolovers, kita nantikan saja di gelaran GIIAS 2019 mendatang.

11 dari 20 Halaman

Mercedes-Benz CLA-Class

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)Mercedes-Benz CLA-Class

Pabrikan asal Jerman ini beberapa waktu lalu telah memastikan bahwa mereka akan merilis Mercedes-Benz CLA-Class. Generasi kedua mobil sedan compact tersebut mengalami perubahan di beberapa aspek.

Dibanding model sebelumnya, Mercedes-Benz CLA-Class akan memiliki dimensi yang lebih besar dan jarak antar sumbu rodanya juga bertambah. Sedan-coupe ini juga mendapat mesin baru, 1.332 hp turbocharger 163 hp/ 250 Nm.

Mungkinkah mobil ini akan resmi diperkenalkan di hajatan akbar GIIAS 2019?

12 dari 20 Halaman

Mercedes-Benz GLE-Class

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)Mercedes-Benz GLE-Class

Masih dari pabrikan yang sama, Mercedes-Benz juga akan menghadirkan mobil SUV terbaru mereka di GIIAS 2019, yaitu Mercedes-Benz GLE-Class. Dibanding generasi sebelumnya, terdapat perubahan yang signifikan baik di interior maupun eksteriornya.

Secara fisik Mercedes-Benz GLE-Class 2019 ini mendapat bahasa desain terbaru dari pabrikan berlogo 3 bintang tersebut. Meski demikian, ciri khas di pilar C tetap tak berubah seperti generasi pertama kala dirilis tahun 1997.

13 dari 20 Halaman

BMW 3-Series G20

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)BMW 3-Series G20

Rival abadi senegara Mercedes-Benz, BMW pun turut berpartisipasi dalam gelaran GIIAS 2019. Pada pameran otomotif tahunan tersebut, pabrikan asal Jerman ini telah menjadwalkan untuk merilis BMW 3-series G20.

Model yang akan diluncurkan di GIIAS 2019 ini  akan menggantikan BMW 3-series F30 yang telah beredar di Indonesia selama 7 tahun. Dapur pacunya akan diisi mesin 4-silinder 2.000 cc turbocharger 255 hp/ 400 Nm.

14 dari 20 Halaman

BMW X7

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)BMW X7

Selain BMW 3-series G20, pabrikan asal Negeri Bavarian itu juga akan memperkenalkan BMW X7 ke pasar otomotif Indonesia pada gelaran GIIAS 2019. Mobil SUV ini adalah seri tertinggi dan memiliki beragam fitur canggih dari BMW.

Terlahir sebagai full-size SUV dan bersaing dengan Mercedes-Benz GLS, BMW X7 memiliki bodi yang besar serta desain premium. Kemungkinan mesin yang dimasukkan ke Indonesia melalui gelaran GIIAS 2019 tersebut berkonfigurasi 6-silinder 3.000 cc 335 hp/ 420 Nm.

15 dari 20 Halaman

VW Tiguan Allspace

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)VW Tiguan Allspace

Ada juga Volkswagen (VW) yang telah menjadwalkan untuk merilis VW Tiguan Allspace dalam gelaran GIIAS 2019. Hal ini dilakukan pabrikan asal Jerman tersebut untuk menjawab permintaan mobil 7-seater.

Karena memiliki kursi di baris ketiga, panjang VW Tiguan Allspace bertambah, begitu juga dengan jarak antar sumbu rodanya. Sedangkan mesinnya tetap 1.400 cc TSI 150 hp/ 250 Nm.

16 dari 20 Halaman

Wuling Almaz 7-Seater

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)Wuling Almaz 7-Seater

Mobil 7-seater terbilang populer di Indonesia. Hal inilah yang nampaknya memicu munculnya rumor dirilisnya Wuling Almaz 7-seater di GIIAS 2019 mendatang.

Namun, hal itu sebenarnya tidak mustahil. Pasalnya, Baojun 530, basis Wuling Almaz di China dan kembarannya di India, MG Hector akan memiliki konfigurasi tersebut.

17 dari 20 Halaman

DFSK Glory 580 i-Auto

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)DFSK Glory 580 i-Auto

Pabrikan China lainnya, DFSK rumornya juga akan menghadirkan DFSK Glory 580 i-Auto di pameran otomotif GIIAS 2019 mendatang. Sebenarnya mobil ini juga telah lama beredar di China dengan nama Fengguang 580 i-Auto.

Predikat i-Auto di belakang adalah sistem konektivitas terbaru mereka. Dengan teknologi ini, pengguna DFSK Glory 580 i-Auto dapat menyalakan mesin, membuka jendela, dan mengaktifkan AC sebelum masuk mobil melalui aplikasi.

18 dari 20 Halaman

Daihatsu Xenia Hybrid

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)Daihatsu Xenia Hybrid

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) beberapa waktu lalu juga sempat menyatakan bahwa mereka akan menghadirkan mobil konsep Daihatsu Xenia Hybrid. Kemungkinan besar akan dihadirkan di GIIAS 2019 yang akan dibuka pada 18 Juli mendatang.

Menariknya, kehadiran Daihatsu Xenia Hybrid ini akan bersifat "world premiere" atau pertama kalinya di dunia. Namun, besar kemungkinan mobil tersebut tak akan masuk ke lini produksi pada tahun 2019.

19 dari 20 Halaman

Toyota Supra

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)Toyota Supra

Memang, PT Toyota Astra Motor (TAM) telah memastikan bahwa Toyota Supra akan dirilis di Indonesia pada tahun ini. Namun, mereka tak mengatakan jika mobil sport tersebut dirilis di GIIAS 2019, meski kemungkinannya masih ada.

Pasalnya, beberapa waktu lalu PT TAM menyatakan bahwa Toyota Supra A90 memang sedang dalam tahap pengiriman. Setelah sampai di Indonesia, sports car tersebut masih harus melalui beberapa prosedur sebelum akhirnya dirilis.

20 dari 20 Halaman

All-new Chevrolet Captiva

GIIAS 2019: Daftar Semua Mobil baru (Konsep dan Produksi)All-new Chevrolet Captiva

Belum lama ini media sosial digegerkan dengan beredarnya spyshot all-new Chevrolet Captiva saat sedang diuji di Karawang. Menariknya, mobil ini adalah versi yang mirip atau bahkan memiliki tampilan Wuling Almaz.

Namun, kabarnya all-new Chevrolet Captiva ini tak akan beredar di Indonesia dan hanya diuji coba sebelum dikirim ke Thailand. Ya, mobil SUV tersebut diproduksi oleh PT SGMW Motor Indonesia.

Meski begitu, tak ada salahnya kita menanti kejutan dari Chevrolet di gelaran GIIAS 2019 mendatang.

BERI KOMENTAR