HOME » BERITA » 10 HARGA DAIHATSU SIGRA, REVIEW, DAN SPESIFIKASI TERLENGKAP MARET 2022

10 Harga Daihatsu Sigra, Review, dan Spesifikasi Terlengkap Maret 2022

Mobil LCGC atau yang sering disebut mobil murah memang menjadi primadona di Indonesia, selain karena harganya murah namun mobil-mobil ini semakin berinovasi. Daihatsu Sigra sebagai salah satu pemain di kelas LCGC menyimpan banyak potensi untuk diminati. Penasaran? Simak di bawah ini.

Sabtu, 12 Maret 2022 23:15 Editor : Ahmad Muzaki
10 Harga Daihatsu Sigra, Review, dan Spesifikasi Terlengkap Maret 2022
Daihatsu Sigra (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Hadirnya mobil LCGC (Low Cost Green Car) di Indonesia menjadikan persaingan para produsen mobil semakin ketat. Selain karena penjualan, faktor ramah lingkungan pun menjadi hal yang harus diprioritaskan oleh para produsen untuk menjamin terjaganya lingkungan.

Hal ini tentunya menjadi sebuah tantangan, membuat mobil yang ramah lingkungan namun tetap menjaga harganya terjangkau bagi para pembeli. Daihatsu dan Toyota pun tak mau ketinggalan dengan meluncurkan si kembar, Sigra dan Calya.

Daihatsu Sigra pertama hadir pada 2016 dan mampu langsung menggaet hati banyak customer karena harga Daihatsu Sigra yang terbilang murah. Walau diposisikan sebagai saudara kembar Toyota Calya, Harga Daihatsu Sigrasendiri rupanya lebih kompetitif dengan mobil LCGC lainnya. Penasaran bagaimana spesifikasi dan harga Daihatsu Sigra? Simak di bawah ini.

1 dari 7 Halaman

Desain

Menengok ke bagian eksterior terlihat aura dinamis pada bagian fascia yang dilengkapi dua grille berbentuk trapesium dengan finishing hitam. Aksen garnish chrome pada tempat peletakan emblem logo di upper grille semakin mempercantik tampilan dari Sigra ini. 

Pada area headlamp didesain dengan bentuk yang pipih dan menggunakan LED agar pencahayaan lebih optimal. Sementara fog lamp hadir dibalut panel black gloss berdesain vertikal asimetris.

Sedikit geser ke bagian atas Daihatsu Sigra telah mendapatkan finishing chrome pada beltline-nya.  Jika dilihat kembali pada bagian belakang mobil ini mengalami perubahan yang mencolok pada area back door garnish yang memiliki aksen chrome. 

Lampu belakang hadir dengan smoke lamp dan leans garnish yang semakin menambah kesan elegan di dalam MPV satu ini. Agar lebih terkesan sporty, di area muffler nya ditambahkan muffler cutter, Rear Spoiler dan Auto Rear Wiper.

Berpindah ke sisi interior pada area dashboard dan kemudi mengalami perubahan dengan pemilihan warna two-tone yaitu dark and light gray yang semakin menambah kesan keren dan modern.

Pada bagian jok dibalut dengan material yang premium serta menggunakan warna grey. Selain itu, headrest adjustable dapat ditemukan di jok baris kedua dan ketiga, dengan akses menuju baris ketiga masih memakai format One-touch Tumble

Kapasitas bagasi Daihatsu Sigra masih sama seperti varian sebelumnya, yakni 263 liter dengan posisi kursi baris ketiga berdiri tegak.

 

2 dari 7 Halaman

Teknologi

Tak lengkap rasanya jika mobil LCGC ini tidak mendapatkan fitur, dengan itu Daihatsu menyematkan beberapa fitur yang diantaranya adalah head unit yang sudah menggunakan head unit layar sentuh yang dilengkapi fitur Bluetooth, FM Radio, dan USB.

Selain itu bagian knop pengaturan AC juga hadir dengan tampilan yang lebih memukau. Tak lupa, Daihatsu menyematkan  juga slot penyimpanan smartphone di bawah kenop AC, dan tuas transmisi dengan gaya baru.

3 dari 7 Halaman

Mesin

Rupanya daihatsu menghadirkan Sigra dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin 3-silinder 1.000 cc VVT-i berkode 1KR-VE yang dipakai di varian D dan M. Mesin ini menghasilkan tenaga 66 HP yang didapat di 6.000 rpm dengan torsi maksimal 89 Nm pada 4.400 rpm. Performa ini disalurkan ke transmisi manual 5-percepata.

Lalu selanjutnya, untuk varian yang lebih tinggi memiliki kapasitas mesin 4-silinder 1.200 cc Dual VVT-i berkode 3NR-VE yang dipakai di varian X dan R. Mesin ini memiliki tenaga 87 HP di 6.000 rpm, dan torsi puncak 108 Nm di 4.200 rpm, transmisi otomatis 4-percepatan hadir sebagai opsi selain manual 5-percepatan.

 

4 dari 7 Halaman

Fitur Keselamatan

Dalam segi keselamatan tak usah diragukan lagi bagaimana Daihatsu memberikan fitur kepada Sigra ini. Daihatsu membekali fitur Front Seat Belt with Pretensioner and Force Limiter, agar menjaga penumpang dari benturan ketika terjadi kecelakaan.

Pada bagian pengereman, hadir Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD). yang membantu pengoptimalan rem ketika mengalami rem mendadak.

Fitur lainnya yang terdapat di mobil ini adalah Rear-parking Sensor dan kamera parkir, Front-Corner Sensor. Hadirnya fitur Immobilizer with Remote semakin menambah keamanan pada mobil ini.

 

5 dari 7 Halaman

Kelebihan dan kekurangan

Dilansir dari berbagai macam sumber, berikut kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra 2022.

Kelebihan

Kekurangan

  • Harganya terjangkau

  • Fitur keselamatannya lengkap

  • Ukuran kabin yang luas

  • Bahan bakar irit

  • Dilengkapi dengan ABS dan EBD

  • Mesinnya kurang gahar

  • Kurangnya fitur hiburan dan keamanan

  • Kualitas material masih dirasa kurang

  • Suspensi Ambles apabila keadaan mobil penuh 

6 dari 7 Halaman

Harga

Untuk harga Sigra sendiri, Daihatsu mematoknya dengan kisaran Rp100 jutaan. kut daftar harga Daihatsu sigra dikutip dari laman resmi Daihatsu Indonesia.

Daihatsu Sigra 1.2 R AT DLX Rp 166.900.000
Daihatsu Sigra 1.2 R AT Rp163.100.000
Daihatsu Sigra 1.2 R MT DLX Rp154.100.000
Daihatsu Sigra 1.2 R MT Rp150.300.000
Daihatsu Sigra 1.2 X AT DLX Rp162.200.000
Daihatsu Sigra 1.2 X AT Rp156.700.000
Daihatsu Sigra 1.0 M MT Rp134.550.000
Daihatsu Sigra 1.0 D MT Rp124.150.000
Daihatsu Sigra 1.2 X MT DLX Rp149.400.000
Daihatsu Sigra 1.2 X MT Rp143.900.000

7 dari 7 Halaman

Video

 

Penulis: Dien Muhammad Abizard

 

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS
BERI KOMENTAR