HOME » BERITA » DAIHATSU ENGGAN BAWA ALL NEW SIRION 1,5L KE INDONESIA

Daihatsu Enggan Bawa All New Sirion 1,5L ke Indonesia

Selasa, 13 Februari 2018 18:00 Editor : Fitradian Dhimas
Foto: Hafid

OTOSIA.COM - Generasi ketiga Daihatsu Sirion resmi meluncur di Indonesia. Sirion terbaru dihadirkan hanya dalam satu varian mesin yaitu 1NR-VE berkapasitas 1,3L DOHC Dual VVTi. Hal ini menimbulkan pertanyaan, mengapa Daihatsu tak menghadirkan varian mesin 1,5L? Padahal Sirion sendiri di Malaysia dengan nama Perodua Myvi memiliki dua varian mesin.

Pasar yang kecil dikatakan Amelia Tjandra selaku Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjadi penyebabnya. Dengan rata-rata penjualan Sirion yang hanya 200 unit per bulan, penawaran varian lebih banyak dinilai tidak efisien.

"Pasar city car di Indonesia tidak berkembang terlalu baik dan pemainnya banyak. Ada 11 pemain dan pasarnya ada sekitar 3 ribuan. Dengan kondisi pasar yang relatif kecil, volumenya tidak banyak. Kami mempertimbangkan bagaimana eficient operation. Kalau terlalu banyak pilhan, sementara di pasar tidak banyak, tentunya di operation akan tidak efisien karena kami harus men-stock dua yaitu 1,3 dan 1,5," jelas Amelia di Jakarta, Selasa (13/02).

Meski begitu, bukan berarti ADM tak ingin menghadirkan varian Sirion 1,5 ke Indonesia. Apabila pasar city car di Indonesia bisa berkembang seperti Malaysia, penambahan varian tersebut bisa saja dilakukan.

"Kalau pasar ini bisa berkembang seperti malaysia, dalam satu bulan 12 ribu. Tentu saja mereka bisa membuat banyak varian. Kalau di indonesia pasar cuma 3 ribu akan tidak efisien. Kalau city car di Indonesia bertumbuh tentu saja kami akan mempertimbangkan untuk memfasilitasi kebutuhan ini," jelas Amelia.

 (kpl/fid/fdk)

BERI KOMENTAR