HOME » BERITA » DAIHATSU JADI MEREK TERLARIS KEDUA DI PASAR MOBIL BEKAS

Daihatsu Jadi Merek Terlaris Kedua di Pasar Mobil Bekas

Berdasarkan data PT Balai Lelang Asta Natra Jaya (AUKSI) tahun 2020, merek Daihatsu menempati urutan kedua mobil terlaris di pasar mobil bekas.

Sabtu, 16 Januari 2021 18:15 Editor : Nazarudin Ray
Daihatsu Jadi Merek Terlaris Kedua di Pasar Mobil Bekas
Ilustrasi peminat Daihatsu Ayla bekas tetap tinggi (Daihatsu)

OTOSIA.COM - Pasar mobil bekas tahun lalu tetap masih menjadi incaran kendati di masa pandemi. Salah satu penyebabnya, mobil pribadi dianggap lebih aman ketimbang menggunakan transportasi umum yang rentan penularan virus.

Yang menarik, dari pasar kendaraan bekas tahun lalu, mobil Daihatsu termasuk yang menjadi incaran mereka yang mencari mobil seken. Berdasarkan data PT Balai Lelang Asta Natra Jaya (AUKSI) tahun 2020, tercatat Daihatsu sebagai brand terlaris nomor 2 (19%) untuk pasar mobil bekas di tahun 2020.

Begitu juga di gerai used car Astra, Mobil88, merek Daihatsu menempati peringkat 2 penjualan setiap tahunnya dengan kontribusi 16% dari total penjualan di Mobil88.

1 dari 1 Halaman

Tercatat rasio perputaran mobil merek Daihatsu di showroom Mobil88 kurang dari 1 bulan, kisaran 2-3 minggu saja sudah bisa terjual kembali setelah diakuisisi.

"Di Mobil88, kurang dari sebulan mobil Daihatsu laku terjual. Misalnya Ayla, dalam kurun waktu 0,7 bulan bisa terjual lagi, depresiasinya juga tidak jauh," kata Elvina Afny, Head of Customer Satisfaction & Value Chain Division, PT Astra Daihatsu Motor dalam jumpa pers virtual, Jumat (15/1).

Dari mobil bekas yang ditawarkan Mobil88, jenis MPV menjadi model yang paling diminati calon konsumen, karena kapasitas yang besar baik dalam hal penumpang maupun barang. Selain itu saat ini banyak orang membeli mobil bukan hanya sekedar gaya atau alat transportasi semata, tetapi juga investasi.

"Selain karena faktor merek favorit dan cepat terjual, customer tentu pilih mobil yang memiliki harga jual kembali (resale value) yang baik. Artinya, saat terjual kembali, memiliki tingkat depresiasi yang rendah," katanya.

 

BERI KOMENTAR