HOME » BERITA » DAIHATSU LUNCURKAN ROCKY E-SMART HYBRID, BAKAL MASUK INDONESIA?

Daihatsu Luncurkan Rocky e-Smart Hybrid, Bakal Masuk Indonesia?

Daihatsu Motor Corporation Ltd. Japan merilis Rocky e-Smart hybrid. Mobil tersebut mengusung teknologi hybrid yang cukup berbeda.

Kamis, 04 November 2021 10:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Daihatsu Luncurkan Rocky e-Smart Hybrid, Bakal Masuk Indonesia?
Daihatsu Rocky e-Smart hybrid (daihatsu.co.jp)

OTOSIA.COM - Daihatsu Motor Corporation Ltd. Japan resmi meluncurkan Rocky e-Smart hybrid. Model ini melengkapi varian Rocky berbahan bakar bensin.

Secara umum Rocky hybrid tidak mengalami banyak perubahan. Perbedaan hanya pada sektor dapur pacu. Daihatsu Rocky hybrid juga tidak mengadopsi sistem hybrid milik Toyota.

1 dari 4 Halaman

Teknologi e-Smart hybrid

Sisi belakang Daihatsu Rocky e-Smart hybrid (daihatsu.co.jp)

Melansir autobuzz.my, Selasa (2/11/2021), teknologi e-Smart hybrid mirip dengan peranti e-Power dari Nissan. Berbeda dengan hybrid biasa, sistem ini biasa disebut sebagai "range extender" di mana mesin hanya berfungsi untuk mengecas baterai.

Alhasil Daihatsu Rocky e-Smart hybrid bisa dikemudikan cukup melalui tekanan pedal gas atau one pedal driving. Hal ini bisa dicapai dengan teknologi range extender yang lebih menyerupai Electric Vehicle (EV).

2 dari 4 Halaman

Pada dasarnya mobil ini menggunakan alat regenerative braking yang berfungsi untuk mengisi ulang baterai melalui pengereman. Alat ini disetel secara otomatis untuk mengerem mobil saat pedal gas diangkat.

Lantaran Daihatsu Rocky e-Smart hybrid bukan pure EV, SUV kompak ini tidak memiliki lubang untuk mengecas baterai secara eksternal. Semua proses isi ulang baterai dilakukan melalui mesin bawaannya atau regenerative braking.

Perubahan lain mencakup aksen-aksen biru, seperti di area logo Daihatsu, tombol start stop, dan di speedometer. Ada juga penyematan rem parkir elektrik dengan fitur auto hold yang masih absen di Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize.

3 dari 4 Halaman

Performa dan harga

Interior Daihatsu Rocky e-Smart hybrid (daihatsu.co.jp)

Daihatsu Rocky e-Smart hybrid mengusung mesin 1.200cc WA-VEX naturally aspirated dengan tenaga 82 hp dan torsi 105 Nm yang juga berfungsi untuk mengisi daya baterai.

Untuk laju mobil itu seluruhnya menggunakan motor listrik dengan output 106 hp dan torsi 170 Nm. Daihatsu mengklaim bahwa Rocky e-Smart hybrid hanya mengonsumsi BBM sebanyak 28 km/l, membuat model ini 38% lebih irit dari Rocky bermesin turbo.

4 dari 4 Halaman

Rocky e-Smart hybrid tersedia dengan dua varian. Pertama adalah X HEV yang dibanderol 2.116.000 Yen atau Rp 265 juta (dengan kurs 1 Yen = Rp 125,39). Kedua adalah Premium G HEV yang dipatok 2.347.000 Yen atau Rp 294 juta.

Apakah kelak Rocky hybrid juga diboyong ke Indonesia? Audi Tarantini, Head of R&D Testing Department PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyatakan Daihatsu tidak menutup pintu untuk kedatangan Rocky hybrid.

"Semua kemungkinan tetap ada," ungkapnya kepada Otosia beberapa waktu lalu.

BERI KOMENTAR