HOME » BERITA » DAIHATSU MIRA E: S BAKAL DIPRODUKSI DI INDONESIA?

Daihatsu Mira e: S Bakal Diproduksi di Indonesia?

Kamis, 22 September 2011 10:05

Daihatsu Mira e: S Bakal Diproduksi di Indonesia?
Daihatsu Mira e: S
Editor : Anton

Kapanlagi.com - Daihatsu Motor Corp. pada hari Selasa (20/9) kemarin meluncurkan mobil murah dan hemat bahan bakar Mira e: S. Konsumsi bahan bakarnya mirip mobil hybrid, di mana mobil mini ini hanya butuh 1 liter bensin untuk jarak tempuh lebih dari 30 km.

Pihak Daihatsu mengatakan, efisiensi pembakaran mesin ditingkatkan dengan mengurangi hambatan udara, menambahkan fungsi automatic idling, resin throttle valve, serta sasis lebih ringan. Produsen mobil itu mengatakan, Mira dapat mencapai efisiensi hampir 40% daripada model lama.

Body Mira pun diubah, kalau sebelumnya lebih bongsor, body model baru lebih kecil. Begitu pula mesin dan transmisinya berubah. Kapasitas mesinnya hanya 650cc 3 silinder, dan menghasilkan tenaga 51hp dengan torsi 60Nm.

Di Jepang, Mira dihargai 795.000 yen, atau sekitar Rp 85 juta. Inikah mobil murah dan ramah lingkungan yang nanti diproduksi bersama Daihatsu-Toyota di Indonesia? Boleh jadi iya. Pasalnya, seperti diberitakan sebelumnya, Toyota-Daihatsu berencana membuat mobil murah dan ramah lingkungan pada akhir tahun 2012 mendatang. Mobil yang bakal dijual nanti harganya berkisar Rp 85,3 juta hingga Rp 93,8 juta.

Pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Karawang, Jawa Barat, direncanakan akan memproduksi mobil tersebut, dengan kapasitas produksi mencapai 50 ribu unit per tahun. Sedangkan pemasaran unitnya baru dimulai tahun 2013 mendatang.

"Jenis mobilnya sendiri sudah ada, dan rencana kerja sama dengan Daihatsu memproduksi mobil hanya tinggal menunggu kebijakan dari pemerintah,” kata Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) seperti dimuat situs ini beberapa waktu lalu.  (kpl/nzr/bun)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-14
detail

BERITA POPULER