HOME » BERITA » DAIHATSU SEBUT KENAIKAN HARGA MOBIL BUKAN KARENA RUPIAH, LALU?

Daihatsu Sebut Kenaikan Harga Mobil Bukan karena Rupiah, Lalu?

Harga mobil Daihatsu mengalami kenaikan. Nominal kenaikan harganya pun bervariasi.

Kamis, 09 April 2020 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Daihatsu Sebut Kenaikan Harga Mobil Bukan karena Rupiah, Lalu?
Harga mobil Daihatsu mengalami kenaikan (Otosia.com)

OTOSIA.COM - Selama pandemi virus Corona (COVID-19) terjadi, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS benar-benar terpuruk. Angkanya bahkan menembus Rp 16.000. Hal ini biasanya memiliki imbas kepada harga barang-barang.

Termasuk harga mobil. Melansir Liputan6.com, meski begitu PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memastikan pihaknya belum melakukan revisi harga karena pengaruh kurs rupiah.

"Kenaikan harga Daihatsu, tapi itu bukan karena dolar tapi karena BBN, karena waktu Januari kita naikin berdasarkan estimasi, sekarang udah keluar tabelnya. Jadi kita hitung kembali dan kita sesuaikan berdasarkan tabel aslinya," kata Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandra di Jakarta.

1 dari 1 Halaman

Bervariasi, kenaikan harga yang dilakukan pabrikan otomotif asal Jepang tersebut mulai dari Rp1 juta hingga Rp2,1 juta.

"Januari kenaikan kita lebih sedikit dari yang harusnya dibebankan ke konsumen. Sekarang yang beli baru dapat harga pajak baru. Kenaikan Daihatsu Sigra Rp1 juta sama dengan Gran Max dan Luxio. Untuk Xenia Rp2,1 juta dan Terios Rp1,5 juta," ujarnya.

Saat disinggung mungkinkah Daihatsu akan menaikkan harga karena nilai tukar rupiah, Amel menegaskan pihaknya masih harus melihat 1 hingga 2 bulan ke depan.

"Ada pasti kita akan adjust dari waktu ke waktu, tapi sekarang kita masih mengamati. Terlalu dini, belum sebulan. Biasanya kita mengamati paling sedikit 2 sampai 3 bulan apakah kurs ini akan terus melambung," ujarnya.

BERI KOMENTAR