HOME » BERITA » DAIHATSU 'SENTIL' INFLUENCER YANG ASAL MENEBAK HARGA PPNBM NOL PERSEN

Daihatsu 'Sentil' Influencer yang Asal Menebak Harga PPnBM Nol Persen

Daihatsu menyindir influenser yang membuat hitung-hitungan salah tentang harga kendaraan setelah terkena relaksasi PPnBM nol persen.

Rabu, 24 Februari 2021 09:15 Editor : Nazarudin Ray
Daihatsu 'Sentil' Influencer yang Asal Menebak Harga PPnBM Nol Persen
LCGC Ayla tidak termasuk mobil Daihatsu yang turun harga (ADM)

OTOSIA.COM - Guna membangkitkan kembali sektor otomotif yang lesu akibat pandemi, sekaligus memacu kontribusinya terhadap perekonomian nasional, pemerintah memberikan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Relaksasi PPnBM akan dilakukan selama tahun 2021, dengan skenario PPnBM 0 persen (Maret-Mei), PPnBM 50 persen (Juni-Agustus), dan 25 persen (September-November).

Berdasarkan skenario PPnBM tersebut beberapa model Daihatsu ikut masuk dalam relaksasi pajak. Sejauh ini masih Daihatsu masih melakukan hitunga-hitungan penurunan harga jual mobilnya.

1 dari 3 Halaman

Bebagai kalangan, termasuk para influencer maupun youtuber membuat analisis sendiri tentang seberapa besar penurunan harga mobil setelah terkena PPnBM nol persen. Cilakanya, tidak sedikit hitung-hitungan mereka yang salah besar.

Daihatsu menyebut bahwa informasi penurunan harga yang disampaikan influencer di sosial media hanya spekulasi dan menyesatkan lantaran tidak memperhitungan dari berbagai aspek terkait penurunan harga sebuah kendaraan.

"Ada reviewer (influencer) yang menghitung-hitung relaksasi LCGC itu 3 persen, dan ini dibagikan ke followers-nya. Padahal LCGC, pikap, dan blind van sudah nol persen. Itu informasi salah. Yang kena di Daihatsu itu adalah Xenia, Terios, Luxio, Gran Max minibus. Untuk Sirion, Ayla, Sigra dan pikap, serta blind van tidak ada bedanya. Jadi bulan ini dan bulan depan (harganya) sama saja," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu, menyentil analisis harga yang dibuat influencer.

2 dari 3 Halaman

Daihatsu sendiri sudah memastikan ada 5 modelnya yang akan turun harga pada pekan depan, yakni Xenia, Terios, Luxio, dan Gran Max Minibus.

Sementara tipe Daihatsu lainnya yang tidak terpengaruh kebijakan penurunan PPnBM bertahap adalah Sirion, Ayla, Sigra, Gran Max Pick Up dan blind van. Jadi total ada 5 model Daihatsu yang tidak ikut terkena PPnBM nol persen.

3 dari 3 Halaman

Pengumuman relaksasi pajak sendiri diakui Daihatsu berdampak pada penjualan kendaraan baru di bulan Februari lantaran konsumen menunda sampai PPnBM baru mulai diterapkan. Artinya penjualan Daihatsu di bulan Februari diprediksi lebih rendang dibandingkan Januari 2021.

"Empat model terkena dampak relaksasi pasti terjadi penurunan. Lima lagi tidak terkena dampaknya. Mohon bantuan temen-teman media mengedukasi dan memberi informasi ke masyarakat bahwa 5 model lainnya tidak termasuk yang terdampak. Jadi mau beli sekarang atau bulan depan sama saja, jadi mereka tidak usah menunda pembelian 5 model itu," tukas Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Relations Div. Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

BERI KOMENTAR