HOME » BERITA » DAIHATSU SINGGUNG MOBIL TURBO UNTUK ANAK MILENIAL LAGI, BAKAL MUNCUL DI GIIAS 2020?

Daihatsu Singgung Mobil Turbo untuk Anak Milenial Lagi, Bakal Muncul di GIIAS 2020?

Daihatsu masih menimbang-nimbang soal mesin 1.000cc turbo meskipun sudah melakukan pengujian.

Jum'at, 14 Februari 2020 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
Daihatsu Singgung Mobil Turbo untuk Anak Milenial Lagi, Bakal Muncul di GIIAS 2020?
Daihatsu Sirion SE (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Tahun lalu, R&D Daihatsu kedapatan mengetes mesin turbo 1000 cc di Indonesia. Mesin tersebut dipasangkan pada Daihatsu Tanto. Tujuannya untuk mengetahui apakah mesin ini cocok digunakan di Indonesia, sekaligus membandingkan performa mesin 1.0L turbo mereka dengan mesin kompetitor.

Bos Daihatsu kembali memastikan bawa mesin turbo 1.0L bakal dipasangkan pada mobil yang disukai kaum milenial atau yang berjiwa muda. Mesin 1000 cc turbo milik Daihatsu tidak akan dipasangkan pada MPV atau LCGC baru mereka.

Namun Daihatsu tidak ingin buru-buru menelurkan mobil bermesin turbo sebelum pasar membutuhkan.

"Belum ada keputusan, baru sebatas riset, kalau dibutuhkan, sudah siap," kata Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra.

1 dari 3 Halaman

Amel menambahkan, hal ini juga menjadi langkah antisipasi Daihatsu, manakal tren mesin 1.0L turbo mulai merambah segmen milenial. Sehingga Daihatsu pun sudah siap menghadapi masa itu.

"Karena kedepan turbo akan menjadi pilihan segmen milenial. Jadi Daihatsu antisipatif, kalau tren ini datang mau tidak mau kita harus siapkan juga. Kalau sekarang kita lihat belum terlalu besar. Tapi kita sudah studi dari sekarang. Kami masih yakin produk mesin Daihatsu 1.0L cc turbo cocok untuk sini," tambahnya.

2 dari 3 Halaman

Disinggung mesin turbo 1000 cc bakal dicangkokan pada model sedan hatchback, Daihatsu tidak menampik. Hatchback modelnya memang lekat dengan kesukaan dan gaya anak muda. Tapi sejuah ini Daihatsu belum memutuskan model apa yang pas.

"Kalau melihat segmennya anak muda, yang paling cocok yang mana, teman-teman wartawan sudah tahu. Kan tidak mungkin kita pasang di Granmax, bukan di mobil komersial. Pastinya buat anak muda yang dipakainya di passenger," tegasnya lagi.

Daihatsu tetap mempelajari dan memberi perhatian pada kebutuhan kendaraan yang sesuai keinginan anak muda. Jika kaum milenial menginginkan mesin turbo di pasang di sedan hatchback, ADM akan menuruti sepanjang ceruk pasarnya menjanjikan.

3 dari 3 Halaman

"Bisa macam-macam modelnya. Nanti milenial sukanya yang mana. Yang pasti mesinnya harus ada dulu, mau ditaruh dimana, disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Kalau pasarnya besar itu akan menarik untuk kita masuk daripada pasarnya kecil," paparnya.

Sebelumnya, menurut hasil studi dan pengetesan mesin turbo 1.000cc, Daihatsu menilai bahwa mesin tersebut cocok untuk kondisi jalan-jalan di Indonesia. Namun belum diputuskan apakah mesin turbo tersebut nantinya juga akan dibuat di Indonesia.

"Masih dijajaki apakah dibutuhkan atau tidak, Tapi sampai saat ini belum diputuskan. Belum ada keputusan," jawab Amel saat ditanya apakah versi prototipe mesin ini bakal mejeng di GIIAS 2020.

BERI KOMENTAR