HOME » BERITA » DAIHATSU SIRION BARU VS SUZUKI IGNIS

Daihatsu Sirion Baru vs Suzuki Ignis

Rabu, 14 Februari 2018 19:15 Editor : Fitradian Dhimas
Foto: Nazar Ray

OTOSIA.COM - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) baru saja memperbarui city car Sirion dengan menyematkan berbagai fitur baru. Kehadirannya ternyata tak lantas membuat Daihatsu optimistis menghadapi situasi pasar. Namun lewat Sirion generasi ketiga ini daihatsu berharap dapat mempertahankan penjualan sebelumnya sebesar 200-an unit setiap bulan.

Berbeda dengan Ignis, city car rasa SUV dari Suzuki ini mendapatkan respon sangat positif dari konsumen. Penjualannya setiap bulan bahkan menyentuh angka 1.700-an unit. Terlepas dari penjualan tersebut, Otosia mencoba membandingkan dua model tersebut sebagai city car dengan harga di bawah Rp 200 jutaan.

Dari sisi dimensi, meskipun tak terpaut terlalu jauh, namun Sirion berukuran lebih besar daripada Ignis. Adapun dimensi Sirion yaitu panjang keseluruhan 3.895 mm, lebar keseluruhan 1.735 mm, tinggi keseluruhan 1.525 mm dan jarak sumbu roda 2.500 mm. Sedangkan Ignis, panjang keseluruhan 3.700 mm, lebar keseluruhan 1.660 mm, tinggi keseluruhan 1.595 mm dan jarak sumbu roda 2.435 mm. Yang menarik Sirion memiliki ground clearance setinggi 150 mm, berbeda dengan Ignis yang berspesifikasi 180 mm.

Dari sisi mesin, Sirion mengusung kapasitas 1.329 cc dengan tenaga maksimum 95 PS / 6.000 rpm dan torsi maksimum 119,6 Nm / 4.200 rpm. Untuk sisi ini Ignis berada di bawah Sirion dengan mesin berkapasitas 1.197 cc dan mampu mengeluarkan tenaga maksimum 83 PS / 6.000 rpm, serta torsi maksimum 113 Nm / 4.200 rpm. Keduanya ditawarkan dalam dua pilihan transmisi manual dan otomotis. Namun, transmisi otomatis Ignis sedikit berbeda yaitu Auto Gear Shift (AGS), di mana memugkinkan pengendara bermain tuas transmisi seperti mobil manual.

Sisi fitur keamanan, keduanya hampir memiliki kesamaan. Di mana memiliki Anti-Lock Braking System dan Electronic Brakeforce Distribution, namun untuk Ignis ditambah Brake Assist. Sedangkan Sirion memiliki fitur tambahan Vehicle Stability Control dan Traction Control. Untuk airbag, jika Ignis memiliki dua di bagian depan, Sirion justru ditambahkan menjadi empat di bagian depan dengan dua berada di sisi samping pengemudi dan penumpang.

Terakhir adalah pilihan warna. Suzuki Ignis dengan varian tertinggi ditawarkan dalam 7 pilihan warna yaitu Silky Silver, Midnight Black Pearl, Arctic White Pearl,Glistering Grey Metallic, Dual Tone Uptown Red Pearl & Midnight Black Pearl, Dual Tone Tinsel Blue Pearl & Midnight Black Pearl dan Dual Tone Tinsel Blue Pearl & Arctic White Pearl. Berbeda dengan Daihatsu Sirion ditawarkan dalam 5 pilihan warna, yaitu Lava Red, Icy White, Mystical Purple, Glittering Silver dan Peppermint Green.

Reporter : Muhammad Hafid

(kpl/fid/fdk)

BERI KOMENTAR