HOME » BERITA » DAIHATSU XENIA LAMA LEBIH LARIS DIBANDING MODEL BARU, KOK BISA?

Daihatsu Xenia Lama Lebih Laris Dibanding Model Baru, Kok Bisa?

Meski generasi terbaru Xenia sudah diluncurkan, justru penjualan model lamanya lebih tinggi. Begini penjelasannya.

Sabtu, 18 Desember 2021 09:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Daihatsu Xenia Lama Lebih Laris Dibanding Model Baru, Kok Bisa?
Ilustrasi Daihatsu Xenia lawas dan baru (Otosia.com/Nazarudin Ray, Arendra Pranayaditya)

OTOSIA.COM - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan All New Daihatsu Xenia pada GIIAS lalu di ICE, BSD City, Tangerang. Mobil tersebut mendapatkan rombakan total, mulai dari bodi dan sasis, fitur hingga interior serta konfigurasi penggerak roda.

Setelah satu bulan diluncurkan, Daihatsu merilis penjualan Xenia. Rupanya penjualan Xenia lawas atau dikenal sebagai Grand New Xenia lebih tinggi dibandingkan All New Xenia.

1 dari 4 Halaman

Berdasarkan data ADM, total penjualan Grand New Xenia mencapai 1.087 unit, sedangkan All New Xenia berada di angka 468 unit. Artinya, 70% dari penjulan Xenia didominasi oleh model sebelumnya.

All New Daihatsu Xenia 1.5 ADS (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Soal ketimpangan penjualan ini Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) memberi penjelasan. Ia beralasan, All New Xenia belum lama dipasarkan ke publik, meningat mobil tersebut baru diluncurkan pada hari pertama GIIAS 2021 lalu.

2 dari 4 Halaman

Selain itu, Xenia terbaru juga belum lama di distribusikan ke berbagai dealer Daihatsu di Indonesia dan baru tiba November kemarin. Alhasil, katanya, penjualan Xenia generasi terbaru belum sebanyak model lama.

"Launching All New Daihatsu Xenia baru 11 November di GIIAS, itu pun baru Jakarta. Kemudian, kita harus distribusi dan baru sampai di daerah akhir bulan November. Sehingga memang bulan November, kita baru bisa menjual 468 unit, di mana 104 SPK itu datang dari GIIAS. Jadi memang komposisi penjualan Xenia masih didominasi oleh Xenia lama," ungkapnya di sela-sela jumpa pers virtual, Kamis (16/12/2021).

3 dari 4 Halaman

Model lama masih diminati

Ilustrasi Grand New Daihatsu Xenia (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Menurut Hendrayadi, meski model terbaru sudah keluar, permintaan akan Grand New Xenia masih tinggi  karena didorong oleh adanya diskon besar, ditambah lagi potongan PPnBM.

"Kalau ada perubahan model baru, itu pasti model lamanya masih dicari-cari orang karena (biasanya) diskonnya sangat besar sekali," tuturnya.

4 dari 4 Halaman

Dia juga menambahkan bahwa Daihatsu tetap memproduksi Grand New Xenia, lantaran demand pasar masih cukup besar. Model lama yang tetap diproduksi terbatas pada tipe 1.300cc X MT.

"Khusus yang Grand New Xenia itu kami masih jual yang tipe 1.300cc X MT. Dengan perbedaan harga, model itu yang sangat dicari-cari. Tapi lambat laun, pasti (penjualan) Xenia terbaru akan lebih dominan," tutup Hendrayadi.

BERI KOMENTAR