HOME » BERITA » DAIHATSU XENIA PUNYA 5 PILIHAN, VARIAN MANA YANG LAYAK DIBELI?

Daihatsu Xenia Punya 5 Pilihan, Varian Mana yang Layak Dibeli?

Awal tahun 2019, Daihatsu Xenia mendapatkan versi facelift. Selain tampang yang lebih menarik, MPV kembaran Toyota Avanza itu juga punya varian mesin baru berkapasitas 1.5L.

Kamis, 13 Juni 2019 17:45 Editor : Dini Arining Tyas
Daihatsu Xenia Punya 5 Pilihan, Varian Mana yang Layak Dibeli?
Daihatsu Xenia 2019 (Daihatsu)

OTOSIA.COM - Awal tahun 2019, Daihatsu Xenia mendapatkan versi facelift. Selain tampang yang lebih menarik, MPV kembaran Toyota Avanza itu juga punya varian mesin baru berkapasitas 1.5L.

Itu artinya varian Daihatsu Xenia bertambah. Dari sekian varian Daihatsu yang ditawarkan, varian mana sih yang layak untuk dipinang? Yuk ulas satu per satu.

1 dari 6 Halaman

1.3 X

Daihatsu Xenia Punya 5 Pilihan, Varian Mana yang Layak Dibeli?1.3 X

Varian paling standar Daihatu Xenia dinamai 1.3 X. Varian ini tersedia dalam dua pilihan transmisi, manual seharga Rp 186,650 juta dan otomatis konevensional seharga Rp 197,550 juta.

Meski jadi varian termurah, 1.3 X sudah dibekali velg alloy 14 inci. Fiturnya juga sudah kekinian, seperti lampu LED sebagai penerangannya.

Fitur kekinian lainnya seperti sistem hiburan yang menggunakan layar sentuh 2-DIN, AC digital, power outlet baris depan dan kedua. Selain itu fitur keselamatannya juga cukup, dual SRS airbag, pengingat sabuk keselamatan untuk pengemudi, sabuk keselamatan yang dilengkapi pretensioner dan force limiter, side impact beam, power window jam protection, child safety lock, pengunci pintu otomatis berdasar sensor kecepatan, wiper belakang otomatis, sensor parkir belakang, dan ABS.

Kompartemennya cukup banyak, seperti glove box, kotak konsol depan, center console box dengan penahan tangan, door pocket baris pertama dan kedua. Ruang bagasinya luas, apalagi kalau kursi baris ketiga yang berkonfigurasi 50:50 dilipat.

Dapur pacunya diisi mesin 1NR-VE DOHC Dual VVT-I berkubikasi 1.329cc. Mesin itu menghasilkan tenaga 97 PS dan torsi 120 Nm.

2 dari 6 Halaman

1.3 X Deluxe

Daihatsu Xenia Punya 5 Pilihan, Varian Mana yang Layak Dibeli?1.3 X Deluxe

Setingkat di atas varian paling standar, ada 1.3 X Deluxe. Perbedaan paling kentara terlihat pada eksteriornya. Wajah depannya lebih gagah dengan front bumper aerokit. Sisi sampingnya juga terlihat dilengkapi dengan chrome window graphic dan side body moulding, serta side skirt. Spionnya juga diberi lampu sein LED. Sedangkan bagian belakangnya ada spoiler yang dikombinasikan dengan high mount stop lamp.

Sama seperti 1.3 X, varian lebih mewah ini punya dua pilihan transmisi. Versi manual dibandrol Rp 198,6 juta, dan versi otomatis dilego Rp 210,450 juta.

3 dari 6 Halaman

1.3 R

Daihatsu Xenia Punya 5 Pilihan, Varian Mana yang Layak Dibeli?1.3 R

Secara tampilan 1.3 R tak terlalu jauh berbeda dengan 1.3 X. Hanya saja velgnya didesain berbeda, palangnya lebih tebal dan tersedia spoiler belakang. Spionnya tak dilengkapi dengan sein LED tapi bisa dilipat secara otomatis melalui tombol di dalam.

Fiturnya juga lebih lengkap. Layar sentuh 2-DIN-nya dibekali dengan konektivitas USB dan Bluetooth. Audionya didukung 4 buah speaker biasa dan dua tweeter.

Setirnya bisa diatur naik-turun dan ada tombol fungsi untuk mengontrol head unit. Instrumennya lebih informatif, lantaran ada multi information display (MID) dan ECO indicator.

Sedangkan fitur keselamatan dan keamanannya ditambahkan immobilizer. Kemampuan menampung barangnya lebih mumpuni dari 1.3 X atau 1.3 X Deluxe. Soalnya ada kantung di belakang jok dan cupholder, serta kotak penyimpanan di baris ketiga.

Harganya dibandrol Rp 196,450 juta untuk pilihan transmisi manual. Sementara pilihan transmisi otomatis dibandrol Rp 207,350 juta.

4 dari 6 Halaman

1.3 R Deluxe

Daihatsu Xenia Punya 5 Pilihan, Varian Mana yang Layak Dibeli?1.3 R Deluxe

Varian 1.3 R Deluxe dan 1.3 X hanya berbeda pada palang velgnya yang lebih tebal. Kemudian ada spion lipat secara elektrik dan lampu sein. Sisanya sama dengan 1.3 R. Begitu juga dengan fiturnya, hanya mendapatkan tambahan sensor depan.

Harganya dibandrol mulai Rp 208,250 juta untuk transmisi manual dan Rp 219,250 juta untuk transmisi otomatis.

5 dari 6 Halaman

1.5 R Deluxe

Daihatsu Xenia Punya 5 Pilihan, Varian Mana yang Layak Dibeli? 1.5 R Deluxe

Varian 1.5 R Deluxe adalah varian Xenia paling mahal. Untuk transmisi manual dijual Rp 218,050 juta dan otomatis Rp 228,950 juta.

Perbedaan mencolok varian ini ada pada jantung mekanisnya. Varian ini dibekali mesin 2NR-VE DOHC Dual VVT-I berkubikasi 1.496cc yang menghasilkan tenaga 104 PS dan torsi puncak 136 Nm.

Soal fitur, tak jauh beda dengan 1.3 R Deluxe. Bedanya hanya pada desain velg dual-tone, hitam dan krom polished, serta tambahan fitur keamanan, adanya electronic brake distribution (EBD).

6 dari 6 Halaman

Pilih Mana?

Daihatsu Xenia Punya 5 Pilihan, Varian Mana yang Layak Dibeli?Pilih Mana?

Nah, kalau Otolovers memang sedang menimbang-nimbang pilihan Daihatsu Xenia 2019, coba sesuaikan dengan kebutuhan Otolovers. Kalau budget cukup minim di bawah Rp 200 juta, varian 1.3 X bisa jadi pilihan.

Tapi jika Otolovers mengedepankan soal performa, jelas varian 1.5 R Deluxe paling menarik. Apalagi varian ini didukung dengan fitur yang paling lengkap.

Sumber: OTO.com

 

BERI KOMENTAR