HOME » BERITA » DALAM LIMA TAHUN TERAKHIR, KECAMAN KEPADA PENGEMUDI NGEBUT MENINGKAT

Dalam Lima Tahun Terakhir, Kecaman Kepada Pengemudi Ngebut Meningkat

Perubahan positif dalam sikap mengemudi mulai meningkat dalam lima tahun terakhir

Kamis, 18 Februari 2021 14:15 Editor : Ahmad Muzaki
Dalam Lima Tahun Terakhir, Kecaman Kepada Pengemudi Ngebut Meningkat
Mobil ngebut (bbc.com)

OTOSIA.COM - Pengemudi mobil yang ngebut di jalan raya memang kerap ditemui. Bahkan tak jarang aksi ugal-ugalan seperti ini berakhir dengan kecelakaan tragis. Karena hal itulah, tak heran jika kecaman kepada pengemudi ngebut datang dari mana-mana.

Kecaman kepada pengemudi ngebut pun mulai meningkat dalam lima tahun terakhir. Hal itu diketahui dari survei terbaru dari Inggris yang baru saja dirilis.

1 dari 2 Halaman

Melansir Autoexpress, laporan tahunan Budaya Keselamatan dari IAM Roadsmart menunjukkan bahwa 43 persen respoden percaya mengemudi dengan kecepatan 80 mph di jalan raya dapat diterima. Angka tersebut rupanya turun dibandingkan tahun 2016 lalu yang sebesar 55 persen.

Selain itu, survei yang dilakukan kepada 2.000 pengemudi di Inggris ini menemukan bahwa 23 persen responden berfikir mengemudi lebih dari 80 mph dapat ditoleransi. Angka tersebut rupanya juga turun dari lima tahun lalu yang sebesar 28 persen.

Namun sayangnya, satu dari lima responden masih mentoleransi pengemudi yang memacu mobilnya melebihi batas kecepatan di area pemukiman. Sedangkan satu dari sepuluh merasa tak masalah jika melakukannya di zona sekolah.

2 dari 2 Halaman

Survei ini sendiri muncul setelah Departemen Transportasi (DfT) mengungkapkan penurunan kematian di jalan raya Inggris. Salah satu faktor yang mempengaruhinya kaena sedikitnya perjalanan akibat COVID-19.

Berdasarkan laporan Dft, ada 1.580 kematian di jalan raya pada Juni 2020. Penurunan yang terjadi sebesar 14 persen. Korban dari semua tingkat keparahan turun 16 persen dalam periode yang sama.

BERI KOMENTAR