HOME » BERITA » DAMPAK NEGATIF GONTA-GANTI MEREK PELUMAS

Dampak Negatif Gonta-ganti Merek Pelumas

Jum'at, 12 Mei 2017 18:30

Dampak Negatif Gonta-ganti Merek Pelumas
Oli (foto Ilustrasi: Express Transmission Toledo)
Editor : Fajar Ardiansyah | Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - Pelumas tentunya berfungsi sebagai pelindung mesin agar dapat bekerja dengan baik. Dewasa ini semakin banyak merek pelumas yang ditawarkan di pasaran. Lalu, apa jadinya jika menggonta-ganti pelumas?

Menurut Galih Laksono, ahli restorasi kendaraan mengatakan, tindakan tersebut sebaiknya dihindari. Pasalnya, menggonta-ganti pelumas berisiko merusak komponen kendaraan.

"Setiap pabrikan oli kan punya spesifikasi masing-masing. Kalau dicampur, sedikit atau banyak pasti punya pengaruh. Contoh mudahnya seperti air dan minyak. Ada bahan kimia dari masing-masing merek yang tidak cocok," ucap Galih.

Ia pun menambahkan, bukan berarti menggonta-ganti pelumas tak mempunyai efek positif yang mungkin saja didapatkan. Meskipun begitu, Ia menghimbau agar tak melakukan hal tersebut.

"Ya bisa saja ternyata malah positif hasilnya, mesin jadi lebih lancar. Tapi ingat, bahaya bisa-bisa malah mesin kesat, tidak terlumasi karena ketidakcocokan itu," jelas Galih.

Oleh karena itu, Galih mengungkapkan ketika ingin mengganti merek pelumas yang dipakai. Sebaiknya menguras pelumas di dalam mesin hingga tak tersisa

 (kpl/fid/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER