HOME » BERITA » DAPAT 4-BINTANG, ASEAN NCAP: SUZUKI SWIFT MOBIL YANG AMAN

Dapat 4-Bintang, ASEAN NCAP: Suzuki Swift Mobil yang Aman

Swift juga melakukan uji tabrak untuk ASEAN NCAP. Lalu apakah hasilnya sama?

Selasa, 20 November 2018 11:45 Editor : Dini Arining Tyas
Uji Tabrak Suzuki Swift untuk ASEAN NCAP (ASEAN NCAP)

OTOSIA.COM - Hasil uji tabrak Suzuki Swift dari Global NCAP (New Car Assessment Program) bulan lalu tak cukup memuaskan. Sebab city car Suzuki itu hanya mendapatkan rating 2-bintang.

Tapi, Swift juga melakukan uji tabrak untuk ASEAN NCAP. Lalu apakah hasilnya sama?

Swift sebenarnya menunjukkan performa yang baik saat uji tabrak, baik untuk kategori penumpang dewasa ataupun anak-anak. Suzuki Swift berhasil mendapatkan rating 4-bintang.

Swift mendapatkan skor 13,63 poin dari 16 poin untuk kategori proteksi penumpang dewasa dan 12,11 poin dari 16 poin untuk proteksi penumpang anak-anak, saat uji tabrak frontal. Bahkan Swift mendapatkan nilai sempurna untuk proteksi anak-anak saat uji tabrak samping, yakni skor 8 poin dari 8 poin.

Lalu jika skor yang dikumpulkan terbilang memuaskan, apa yang membuat Swift hanya mengumpulkan 4-bintang?

Meskipun perlindungan cukup memadai untuk kedua orang penumpang mulai dada hingga dada, saat uji tabrak frontal. Hasil berbeda didapatkan saat uji tabrak samping. Perlindungan untuk dada penumpang kurang bagus.

ASEAN NCAP mengatakan, adanya keterbatasan kendali stabilitas serta airbag samping pada model tahun 2018 ini. Electric Stability Control hanya tersedia untuk varian pasar Singapura dan Thailand. Sementara fitur standar untuk semua unit adalah ABS.

Dengan demikian, ASEAN NCAP menyebut bahwa Swift adalah mobil yang aman. Namun, Swift terus didorong untuk bisa mendapatkan rating 5-bintang.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR