HOME » BERITA » DARI MANA SEBUTAN 'KIJANG DOYOK' BERASAL?

Dari Mana Sebutan 'Kijang Doyok' Berasal?

Kamis, 13 April 2017 15:15

Dari Mana Sebutan 'Kijang Doyok' Berasal?
Kijang dan Doyok (foto: Istimewa)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Tarik mundur jauh ke beberapa dekade silam, saat Muhammad Jusuf Kalla yang saat ini menjabat sebagai wakil dari Joko Widodo di pemerintahan, mengesahkan satu bentuk kerjasama antara Indonesia dan Negeri Bunga Sakura, Jepang.

Saat itu, Toyota yang mulai merangsekkan produknya di Indonesia berinisiatif untuk membentuk mobil yang secara konsep cukup futuristik. Dengan proyeksi jumlah masyarakat yang besar, Toyota kemudian membentuk satu konsep mobil keluarga yang muat untuk banyak orang sekaligus.

Toyota sendiri lantas menyepakati satu nama, 'Kijang'. Abreviasi Kijang berasal dari frasa 'Kerjasama Indonesia-Jepang'. Selain itu, Kijang merupakan hewan yang lincah, diharapkan performa Toyota Kijang bisa selincah hewan yang jadi lambangnya tersebut.

Lantas, bagaimana dengan sebutan Doyok? Kijang yang diproduksi tahun 1981 hingga 1986 seringkali dipanggil Doyok. Mobil yang dipanggil Doyok ini adalah Kijang dengan seri mobil KF20, beberapa di antaranya sudah punah namun yang lainnya terkadang masih dicari oleh banyak orang.

Sebelum tahun 1990-an, rutin terbit harian Pos Kota dengan salah satu karakter lucunya bernama Doyok. Dengan wajah yang mancung di bagian bibir, pada akhirnya kemancungan tersebut diidentikkan dengan wajah mobil Kijang tersebut yang dianggap mirip. Karakter Doyok sendiri merupakan kreasi dari mendiang Keliek Siswoyo.

Pada akhirnya Toyota Kijang KF20 mendapatkan julukan sebagai Kijang doyok dari harian Pos Kota tersebut. Tak habis dilekang jaman, ternyata masih banyak yang menggunakan Kijang Doyok sebagai alat transportasi utamanya hingga saat ini, Otolovers!

(kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-4-19
detail

BERITA POPULER