HOME » BERITA » DATSUN MAKIN TENGGELAM, INI MOBIL MURAH TERLARIS DI INDONESIA

Datsun Makin Tenggelam, Ini Mobil Murah Terlaris di Indonesia

Prestasi mobil murah Datsun di Indonesia tak terlalu baik.

Rabu, 30 Oktober 2019 10:15 Editor : Cornelius Candra
Datsun Makin Tenggelam, Ini Mobil Murah Terlaris di Indonesia
Datsun GO+ Panca (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Datsun Indonesia nampaknya harus berjuang lebih keras agar tetap bersaing di segmen mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC). Pasalnya, penjualan produk mereka pada kelas tersebut cenderung rendah.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil LCGC 5-seater Datsun GO Panca hanya mencatatkan angka distribusi sebanyak 335 unit pada September 2019 lalu.

Sebenarnya, angka tersebut lebih tinggi dari periode sebelumnya sebanyak 104 unit. Sementara itu, jumlah penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) Datsun GO+ Panca, versi 7-seater, hanya mencapai 153 unit, turun 38 unit.

Perubahan terjadi di posisi puncak. Biasanya, mobil terlaris di Indonesia diraih oleh Honda Brio Satya. Namun, pada September 2019 lalu, peringkat teratas ini direbut oleh mobil LCGC 7-seater, Toyota Calya.

1 dari 1 Halaman

Honda Brio Satya Turun

Datsun Makin Tenggelam, Ini Mobil Murah Terlaris di IndonesiaHonda Brio Satya Turun

Tercatat penjualan wholesales Toyota Calya mencapai 6.111 unit. Ini merupakan distribusi perdana mobil murah tersebut setelah mendapat versi facelift yang dirilis pada pertengah September 2019 lalu.

Alhasil, Honda Brio Satya harus rela bertengger di urutan 2 setelah mencatatkan penjualan wholesales sebesar 4.968 unit. Di bawahnya, ada kembaran Toyota Calya, yakni Daihatsu Sigra dengan angka distrubisi sebanyak 3.932 unit.

Pergantian juga terjadi di urutan keempat. Posisi ini sekarang dihuni oleh Daihatsu Ayla yang terdistribusi sebanyak 1.767 unit pada September 2019 lalu. Padahal, capaian tersebut turun 83 unit dari periode sebelumnya.

Namun, penurunan Toyota Agya lebih curam, dari 2027 unit menjadi 1734 unit. Di bawahnya, ada Suzuki Karimun Wagon R yang penjualannya juga cenderung rendah. Pada September 2019 lalu, mobil hatchback ini terdistribusi sebanyak 252 unit.

BERI KOMENTAR