HOME » BERITA » DAYA BELI MASYARAKAT UNTUK MOBIL SEMAKIN BERAT

Daya Beli Masyarakat untuk Mobil Semakin Berat

Kamis, 30 Juli 2015 09:15

Daya Beli Masyarakat untuk Mobil Semakin Berat
Foto: Nazar Ray
Editor : Sony

Otosia.com - Kurs rupiah terhadap dolar yang tak kunjung menguat signifikan dan persoalan lainnya membuat daya beli masyarakat terhadap kendaraan bermotor, khususnya mobil, kian menurun. Hal ini menjadi penilaian tersendiri bagi lembaga pembiayaan Adira yang melihat bahwa perolehan mereka menurun pada awal tahun ini.

"Kalau kita lihat segmentasi di Indonesia, sebagian besar itu menengah ke bawah. Ini kan mobil LCGC, low MPV. Yang menengah ke atas itu sebenarnya sangat sedikit. Kalau kita lihat keadaan ekonomi sekarang,yang berarti daya beli masyarakat bisa dibilang menurun. Meski DP diturunkan, masyarakat menengah ke bawah ini daya belinya sudah berat sekali," kata Hafid Hadeli, Direktur Pemasaran Adira Finance.

Pihaknya mengakui bahwa jumlah konsumen yang memanfaatkan jasa mereka untuk mencicil mobil menurun dibanding tahun lalu. Menurut Niko Kurniawan, Deputy Director -Head of Retail Car Adira Finance, penurunan ini diakuinya cukup jauh.

"Kami enggak tumbuh untuk mobil baru, sesuai market. Adira pun turun di mobil baru. Kami turun cukup jauh. Kami turun sekitar 20 persen (dibanding tahun lalu). Ini untuk mobil baru ya. Saya belum pegang data (hingga Juni). Penurunan Januari-Mei itu 16-17 persen," ujarnya.

Sedari awal, target penjualan tahunan mobil baru di Indonesia sudah dipastikan stagnan di angka 1,2 juta unit seperti tahun sebelumnya, dan belakangan diprediksi menjadi 1,1 juta unit.(kpl/nzr/sno)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-5
detail

BERITA POPULER