HOME » BERITA » SEJARAH MOBIL SUV DI INDONESIA YANG KERAP JADI PERDEBATAN

Sejarah Mobil SUV di Indonesia yang Kerap Jadi Perdebatan

Tahun 2000-an mulai muncul model-model SUV dan terbatas pada produk high class. Kini muncul dalam berbagai model SUV 7 penumpang.

Kamis, 28 Mei 2020 16:15 Editor : Nazarudin Ray
Sejarah Mobil SUV di Indonesia yang Kerap Jadi Perdebatan
Daihatsu Terios, SUV 7 penumpang (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Mendefinisikan SUV di masa kini sulit jika berkutat di satu hal saja. Bahkan tidak jarang muncul kritik dan debat kecil-kecilan mengenai pemaknaan SUV.

Seperti apakah sebenarnya SUV di masa sekarang? Sejumlah brand kini menamai kendaraan 7-penumpang mereka juga dengan SUV. Tidak jarang pula nama crossover melekat padanya.

Namun bagaimana penetrasi kendaraan yang disebut SUV di Indonesia ini terjadi hingga menjadi bagian dari tren? Sebenarnya segala hal tersebut terjadi secara bertahap dengan berbagai latar belakang.

"Mungkin kembali ke masa muda kita dulu, jaman dulu itu tahun 90-an saya masih ingat model model mobil itu cuma dua saja satu kijang satu lagi sedan, dua saja sih ngak ada model-model yang lain pada saat itu orang tahunya dua model itu," buka Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

1 dari 3 Halaman

Sejarah Mobil SUV di Indonesia yang Kerap Jadi Perdebatan

Lalu pada tahun 2000-an menurutnya memang mulai banyak atau mulai marak desain-desain model yang baru.

"Pada saat itu sempatlah pernah ada Starlet, tahun 2000an hatchback itu sempat mencuri perhatian karena penjualannya juga meningkat tajam. Waktu itu ada Honda Jazz dan Toyota Yaris misalnya ya, itu sempat mencuri perhatian walaupun SUV pada saat itu sudah mulai muncul," ujarnya.

2 dari 3 Halaman

Sejarah Mobil SUV di Indonesia yang Kerap Jadi Perdebatan

SUV mulai bermunculan di pasar Indonesia sebagai produk high class. Pilihan model pun saat itu masih terbatas.

"Perlu kita ingat memang SUV pada saat itu majority adalah SUV kelas high, waktu itu ada X-trail, CR-V, Fortuner ya, dan modelnya pun belum terlalu banyak. Nah di tahun sekarang belakangan ini 2010-an, 2015-an ke sini memang SUV modelnya semakin banyak," ujarnya.

3 dari 3 Halaman

Sejarah Mobil SUV di Indonesia yang Kerap Jadi Perdebatan

SUV ini, kata dia, tidak hanya soal model tetapi juga fungsionalitasnya yang semakin meningkat.

"Jadi kalau bahasanya ada mesin hybrid, ini juga desain atau model atau konsepnya pun jadi hybrid, jadi bisa menggabungkan antara kebutuhan dari 7-seater atau utilitas dengan desain dari SUV yang memang lebih sporty atau lebih stylish, ini memang tren selalu berubah," kata dia seraya menyebut bahwa mungkin beberapa tahun ke depan SUV tetap akan menjadi salah satu tren.

BERI KOMENTAR