HOME » BERITA » DEMI #CARI_AMAN, HINDARI KESALAHAN BERKENDARA INI SAAT DI JALAN

Demi #Cari_Aman, Hindari Kesalahan Berkendara Ini saat di Jalan

Rabu, 28 November 2018 00:01 Editor : wuri
©Shutterstock

OTOSIA.COM - Berkendara menjadi aktivitas sehari-hari yang sulit terpisahkan. Terlebih di Indonesia, belum semua tempat terintegrasi dengan angkutan massal maupun transportasi publik, sehingga kendaraan pribadi masih menjadi pilihan utama masyarakat untuk mobilitas harian. Tak sedikit yang bilang, jika dengan menggunakan kendaraan pribadi, aktivitas jadi lebih efisien. Bahkan, bisa lebih gesit di jalan, terutama saat sedang ada urusan penting.

Hanya, saking terburu-burunya, kadang tanpa sadar sering melakukan kesalahan berkendara. Padahal, kebiasaan buruk tersebut, bukan saja membahayakan diri sendiri, tetapi juga orang lain. Nah, untuk mengajak masyarakat agar lebih tertib berkendara, Usamah Harbatah lewat akun instagramnya (@harbatah), bikin video interaktif #Cari_Aman yang menarik untuk disimak. Di dalam video tersebut, ada beberapa tips untuk menghindari beragam kesalahan berkendara saat di jalan, yang bisa kamu simak berikut ini.

Masih Jarang Pakai Helm

Sebagian orang masih menganggap memakai helm tidak begitu penting saat berkendara, terutama jika jarak tujuannya sangat dekat. Misalnya sekadar membeli tabung gas dari rumah ke warung terdekat yang jaraknya tak sampai 100 meter. Namun, sedekat maupun sejauh apapun kamu berkendara, memakai helm harusnya tetap menjadi kewajiban yang tak boleh dipungkiri lagi. Harbatah pun menyarankan untuk memakai helm berstandar SNI. Sebab, helm tersebut dirancang khusus dan sudah terstandardisasi secara resmi, agar mampu melindungi kepala secara aman saat berkendara di jalan.

Lupa Memeriksa Kendaraan

Selain helm, jangan lupa periksa kendaraan yang akan kamu gunakan untuk berkendara di jalan. Menurut Harbatah pastikan kondisi ban, rantai maupun bagian lainnya dari kendaraan aman dan siap digunakan, serta tak sampai menimbulkan masalah mendadak saat di tengah jalan. Sebab, apabila sampai terjadi, bukan saja hal tersebut membahayakan, tetapi juga bisa menghambat kelancaran beraktivitas.

Berhenti Tepat di Marka Jalan Saat Lampu Merah

Segenting apapun urusan yang menantimu, berusahalah untuk tidak buru-buru. Apalagi saat berkendara. Jangan sampai karena tak fokus berkendara, kamu jadi terbiasa berhenti tepat di marka jalan saat lampu merah. Bagaimanapun hal itu salah, dan termasuk sebagai bagian dari pelanggaran tata tertib lalu lintas. Jangan kaget jika akhirnya nyaris selalu kena tilang polisi akibat kebiasaan buruk berkendara ini. Sebaliknya menurut Harbatah, dengan berhenti di belakang marka jalan, baik kamu dan pejalan kaki yang menyeberang pun bisa sama-sama aman dan nyaman.

Ngebut di Jalan

Selalu ingat, lintasan yang sedang kamu lalui adalah jalan raya, bukan sirkuit balap motor. Jadi, kurangi atau bahkan hindari kebiasaan buruk mengebut di jalan raya. Sebagaimana yang Harbatah sampaikan dalam video interaktifnya, hal tersebut bukan saja mengancam keselamatan diri, tetapi juga membayakan pengguna jalan lainnya. Untuk menghindari kebiasan kebut-kebutan maupun ugal-ugalan di jalan ini, kamu bisa berangkat lebih awal dari waktu pertemuan, sehingga bisa tetap berkendara dengan selamat sampai tujuan.

Salah Menggunakan Lampu Sein

Diakui atau tidak, kesalahan menggunakan lampu sein masih seringkali dilakukan oleh para pengendara di Indonesia. Sekali dua kali mungkin tak masalah, namanya juga manusia, tetapi kalau nyaris setiap hari, bisa jadi kamu memang perlu belajar lagi cara berkendara di jalan raya yang benar. Kesalahan paling umum tersebut, seperti menyalakan sein kanan, tetapi beloknya malah ke kiri. Bukan saja membuat pengendara di belakangnya bingung, andai hal tersebut terjadi tiba-tiba, bukan tak mungkin bisa menyebabkan kecelakaan.

Makanya, mulailah #Cari_Aman dengan mengubah kebiasaan buruk berkendara di jalan yang kadang tanpa sadar masih dilakukan. Sebab, dengan mengawalinya dari diri sendiri, secara tak langsung kamu juga turut berkontribusi menciptakan budaya berkendara yang tertib di jalan raya Indonesia layaknya Harbatah. Pakai jaket dan helm mu, cari aman! Biar lebih seru, jangan lupa tonton video #Cari_Aman saat berkendara dari Harbatah di bawah ini.

 (adv/tmi/wr)