HOME » BERITA » DEMI PUNYA SIM, PEMBALAP WORLD SBK JONATHAN REA BELAJAR KENDARAI SEPEDA MOTOR BIASA

Demi Punya SIM, Pembalap World SBK Jonathan Rea Belajar Kendarai Sepeda Motor Biasa

Saat jadwal balapan harus tertunda lantaran COVID-19, Jonathan Rea rupanya sedang belajar mengendarai sepeda motor biasa di jalan raya untuk mendapatkan SIM.

Jum'at, 09 Juli 2021 19:15 Editor : Dini Arining Tyas
Demi Punya SIM, Pembalap World SBK Jonathan Rea Belajar Kendarai Sepeda Motor Biasa
Jonathan Rea (Youtube/Jonathan Rea)

OTOSIA.COM - Para pembalap yang memiliki kemampuan mengendalikan sepeda motor bertenaga super, rupanya tak semua sudah memiliki lisensi berkendara di jalan raya. Sebut saja pembalap MotoGP asal Portugal, Miguel Oliveira yang belum lama ini mendapatkan lisensi atau Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kemudian, dua pembalap MotoGP lainnya, Jack Miller dan Fabio Quartararo juga pernah mengaku tak memiliki SIM. Kini pembalap World SBK, Jonathan Rea juga diketahui sedang berusaha mendapatkan SIM.

Juara Dunia World SBK 6 kali itu diketahui sedang mengambil program kursus berkendara sepeda motor biasa di jalan raya. Dilansir dari Rideapart, pembalap berkebangsaan Irlandia Utara itu mengabadikan momen dirinya belajar melalui sebuah video yang dia bagikan di kanal YouTube.

1 dari 3 Halaman

(c) YouTube/Jonathan Rea

Saat aturan lockdown mulai sedikit longgar, Rea akhirnya bisa mengikuti ujian teori tertulis. Kabar baiknya dia lulus. Sebelumnya, Rea juga menyebut pernah berusaha mendapatkan SIM sebelumnya, tapi dia gagal dalam ujian tertulis di Isle of Man.

Tampaknya, di tengah pandemi membuatnya memiliki waktu cukup senggang untuk belajar. Sehingga ujian tertulis kali ini lancar dan Rea lulus. Namun, Rea harus mengikuti tes selanjutnya.

Pada tes selanjutnya, dia harus memenuhi persyaratan pelatihan dasar wajib. Nah, tahap inilah yang dia rekam dan diunggah ke kanal YouTube miliknya. Istri Rea, Tati mengatakan, dia membayangkan bagaimana reaksi instruktur ketika 'muridnya' adalah Rea.

2 dari 3 Halaman

(c) Youtube/Jonathan Rea

 

Bayangan Tati pun benar. Instruktur tampak canggung ketika bertemu Rea. Tapi beruntungnya, Rea tampak santai saat berlatih. Rea diizinkan untuk melaju dengan kecepatan 60 mph (100 kpj) di belakang instruktur untuk sampai ke tempat pelatihan mereka.

Rea tampak bermanuver sangat hati-hati di sekitar rangkaian traffic cone. Dari hasil latihan tersebut, Rea mengakui bahwa dia dipermudah dengan penghangat ban sepanjang waktu balapan. Dia jug amengaku lebih gugup saat melaju di jalan umum ketimbang melaju di trek balap.

Setelah pelatihan ini selesai, maka Rea bisa melangkah ke tahap selanjutnya yakni melakukan ujian untuk mendapatkan SIM. Rea mengatakan akan mendokumentasikan tahapan tersebut dan membagikannya melalui YouTube juga.

3 dari 3 Halaman

BERI KOMENTAR